Viral Video Anak Meniru Suara Ibunya Bercinta, Para Orang Tua Jangan Anggap Remeh

484

Viral Video Anak Meniru Suara Ibunya Bercinta, Para Orang Tua Jangan Anggap RemehAnak adalah peniru yang baik, apalagi meniru apa yang selalu dilakukan dan dikatakan oleh kedua orang tuanya. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dalam bertindak maupun bertutur kata di depan anak agar anak kecil tak mudah meniru kebiasaan buruk kita. Sayangnya, sebuah video menunjukkan anak kecil meniru suara sang ibu saat berhubungan intim menjadi viral di media sosial.

Hal ini menjadi kontroversi karena justru sang ibulah yang merekam video tersebut dan malah meminta anak tersebut mengulang-ulang suara yang dibuat seakan tampak lucu. Perlu diketahui bahwa hal ini bukan hal yang lucu apalagi pantas untuk membanggakannya. Para orang tua yang juga mengalami hal serupa (anak memergoki proses bercinta dan meniru suara) jangan sekali-kali anggap remeh.

Saat anak sudah telanjur melihat orang tuanya bercinta secara tak sengaja, tentunya apa yang dilihat akan tersimpan di dalam ingatan mereka. Berikut adalah beberapa penjelasan penting dari pakarnya agar orang tua bisa menanggapi dan merespon sang anak secara tepat.

  • Menurut seorang praktisi Multiple Intelligence & Holistic Learning, Ayah Edy, dilansir dari laman Detik Health menuturkan bahwa saat anak sudah telanjur tak sengaja mendengar atau melihat orang tua berhubungan intim, jangan lantas membohonginya. Justru jelaskan pada sang anak bahwa aktivitas tersebut hanya orang dewasa yang sudah menikah yang boleh melakukan. Atau, jelaskan pada anak bahwa aktivitas tersebut hanya boleh dilakukan kalau si anak sudah jadi seorang ayah maupun ibu.
  • Ayah Edy juga mengatakan bahwa penjelasan tentang aktivitas berciuman pun penting untuk disampaikan secara benar kepada anak. Menjelaskan kepada mereka tentang berciuman adalah bentuk kasih sayang itu benar, tapi pastikan untuk menyebutkan juga bahwa bentuk kasih sayang juga bisa dengan memeluk dan mencium pipi, jadi tak hanya sebatas berciuman bibir misalnya.
  • Menurut Hanna McDonough yang dilansir dari Today’s Parent, orang tua pun harus bisa mengatur kehidupan seks setelah anak-anak memergokinya. Manajemen kehidupan seks harus dilakukan dengan baik, tak terkecuali selalu mengunci pintu agar anak tak mudah masuk ke kamar orang tua.
  • Menurut psikoterapis McDonough, meski para orang tua akan canggung, tetap jangan sampai malah pura-pura tidak tahu di depan anak yang sudah memergoki. Jangan pula sekali-kali menganggap tak terjadi apa-apa di hadapan si kecil, justru hal ini perlu dibicarakan dan dijelaskan dengan baik. Jika seks menjadi rahasia, anak biasanya tak akan menyukainya.

Menghindari apalagi berbohong pada anak bukan solusi, apalagi menganggap anak meniru itu lucu dan membanggakan, jadi berilah penjelasan sekaligus mulailah memanajemen hubungan seks ketika anak telah mengetahuinya. Tak perlu khawatir, saat anak bertambah usia ia akan mengerti lewat instingnya.