9 Cara Menghilangkan Sendawa Akibat Asam Lambung Paling Efektif

Sering bersendawa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan eructation merupakan salah satu gejala dari penyakit asam lambung yang terjadi karena lingkaran otot melemah dan akhirnya membatasi lambung dengan kerongkongan dan asam lambung serta gas akhirnya lebih mudah naik ke kerongkongan. Selain itu, sendawa juga merupakan cara tubuh untuk membuang gas berlebihan yang ada di perut yang sering diikuti juga dengan suara khas dan terkadang berbau. Gas dalam perut ini bisa menyebabkan sakit perut dan kram yang beragam tergantung dari tingkat keparahan asam lambung dan juga durasi. Sendawa yang terjadi ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari hari. Untuk cara menghilangkan sendawa akibat asam lambung, berikut ini kami berikan beberapa solusi yang bisa anda lakukan di rumah.

  1. Jahe

Jahe memiliki sifat karminatif yang bisa mengendurkan otot gastrointestinal untuk mengurangi gas, mengatasi penyebab sering bersendawa dan juga kembung karena asam lambung. Selain itu, jahe juga akan meningkatkan sistem pencernaan, menenangkan perut dan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.

  • Campur irisan jahe dengan 1 cangkir air mendidih dan diamkan selama 10 menit.
  • Saring lalu tambahkan dengan madu dan jus lemon lalu minum sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
  • Cara lainnya bisa mengkonsumsi suplemen jahe dengan dosis yang tepat.
  1. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa digunakan untuk banyak masalah pencernaan seperti refluks asam, bersendawa, nyeri ulu hati dan juga gangguan pencernaan sekaligus menyembuhkan dinding lambung yang luka serta usus.

  1. Peppermint

Peppermint merupakan obat alami lain untuk mengatasi sendawa karena asam lambung. Sifat antispasmodik adalah bagian dalam kandungan peppermint yang bisa mengendurkan saluran pencernaan, mengurangi pembentukan gas dalam perut, meningkatkan aliran empedu, penyebab perut kembung dan juga meningkatkan kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

  • Campur 1 sendok teh daun peppermint kering dengan 1 cangkir air mendidih dan biarkan selama 10 menit kemudian saring.
  • Minum teh ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari namun sebaiknya dihindari jika anda memiliki riwayat batu empedu.
  1. Makanan Probiotik

Makanan probiotik bisa membantu memulihkan keseimbangan alami bakteri usus yang berkontribusi pada pembentukan gas dan sendawa karena asam lambung. Makanan probiotik bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari diare, sembelit, sindrom iritasi usus, kembung dan juga menyembuhkan sendawa karena asam lambung.

  • Makanan probiotik terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi sendawa diantaranya yogurt yunani, kefir, buttermilk dan acar asam.
  • Cara lainnya bisa mengkonsumsi suplemen probiotik namun harus dikonsultasikan dengan dokter.
  1. Chamomile

Sendawa karena asam lambung dan juga penyebab sering kentut juga bisa diatasi dengan chamomile yang bahkan juga bisa meredakan kram usus. Dalam sebuah studi tahun 2011 membuktikan jika chamomile bisa menenangkan perut dan mengurangi gas sehingga juga bisa dikonsumsi untuk perut kembung, kolik, kejang dan juga sakit perut.

  • Seduh 1 teh chamomile celup dengan 1 cangkir air mendidih lalu diamkan selama 10 menit.
  • Minum teh chamomile ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

  1. Kapulaga

Kapulaga bisa meningkatkan pencernaan perut sehingga pembentukan gas bisa dikurangi sebab dalam kapulaga memiliki sifat karminatif untuk mengatasi perut kembung dan membuang gas.

  • Kunyah beberapa buah kapulaga secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
  • Cara kedua, tambahkan 1 sendok teh kapulaga bubuk dengan 1 cangkir air mendidih lalu diamkan selama 10 menit.
  • Saring dan tambahkan dengan madu dan minum sesudah makan.
  1. Adas

Dalam biji adas mengandung beberapa komponen penting untuk pencernaan dan mengatasi sendawa karena asam lambung. Sifat karminatif dalam adas akan membantu mengeluarkan gas dari pencernaan, mengatasi ciri ciri maag kronis dan juga mengatasi kembung. Dalam sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam ISRN Pharmaceutics membuktikan jika banyak manfaat dari adas termasuk untuk melindungi lambung.

  • Kunyah 1/2 sendok teh adas sesudah makan yang bisa membantu mengurangi gas pada perut.
  • Cara kedua, tambahkan 1 sendok teh adas bubuk dalam 1 cangkir air mendidih dan diamkan selama 5 menit.
  • Saring dan minum air tersebut sebanyak 2 kali sehari.

  1. Kemangi

Kemangi menjadi obat alami efektif lainnya untuk menyembuhkan sendawa karena gejala asam lambung. Dalam kemangi memiliki sofat antipasmodic dan karminatif yang baik untuk mengeluarkan gas sekaligus mengurangi rasa tidak nyaman dari penyakit perut lain seperti gangguan pencernaan, sakit perut dan kembung.

  • Konsumsi beberapa lembar daun kemangi mentah setiap pagi secara teratur.
  • Cara kedua, campur 1 sendok teh daun kemangi bubuk dengan 1 cangkir air panas dan diamkan selama 5 menit.
  • Saring lalu campur dengan madu dan minum dengan teratur.
  1. Buah Nanas

Buah nanas segar yang mengandung enzim bromelain sangat baik tidak hanya untuk menyembuhkan asam lambung, namun juga mengatasi gejala yang ditimbulkan seperti bersendawa dan sakit perut. Mengkonsumsi 1 sampai 3 potong buah nanas segar sebelum makan sudah cukup ampuh untuk memperbaiki sistem pencernaan sekaligus mengatasi sendawa, mengatasi refluks asam dan nyeri ulu hati.

Beberapa cara menghilangkan sendawa akibat asam lambung yang sudah kami berikan diatas sangat mudah anda temukan di dapur sehingga bisa langsung digunakan atau dikonsumsi untuk mengatasi gejala asam lambung atau penyakit maag yakni bersendawa sekaligus juga mengurangi makanan yang mengandung gas tinggi. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar masalah pada pencernaan.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup