Asam Lambung Suka Naik, Begini 5 Cara Menurunkannya Secara Alami

Gangguan pencernaan pada lambung seperti naiknya asam lambung memang bikin tidak nyaman karena memicu rasa nyeri pada ulu hati, belum lagi mual, sakit kepala, hingga tak selera makan. Sebetulnya, tanpa obat resep apalagi antasida juga bisa kok mengatasinya. Bahkan untuk para pemilik perut atau lambung yang sensitif, begini beberapa cara yang bisa diterapkan.

1. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Bayam, arugula, kale adalah jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi dengan memasaknya atau bahkan diolah menjadi smoothie atau jus. Karena merupakan makanan paling basa, sayur-sayur ini akan menjadikan usus terlapisi dengan baik. Belum lagi sayuran hijau dikenal kaya klorofil sehingga ini menjadi musuh bagi asam dan mampu melawannya.

2. Menghindari Pemicu Kenaikan Asam Lambung

Dalam mengurangi asam lambung yang tinggi, tentu kita perlu memangkas lebih dulu faktor-faktor yang membuat asam lambung melonjak. Telur, daging, kafein, alkohol, makanan pedas, gorengan atau makanan-makanan berlemak tinggi, serta gula perlu dihindari lebih dulu agar kondisi pencernaan bisa kembali sehat. Jika gejala asam lambung telah mereda, tetap batasi makanan dan minuman tersebut agar penyakit tak gampang kambuh.

3. Mengonsumsi Lemon

Beberapa orang dengan masalah penyakit maag atau asam lambung cukup khawatir akan lemon. Lemon dengan vitamin C-nya yang tinggi dapat dikonsumsi dengan tujuan mencegah atau mengatasi inflamasi. Asam lambung yang sering naik karena gangguan kesehatan tertentu hingga stres akan menimbulkan radang, maka lemon adalah buah yang siap membantu menurunkan kadar asam lambung dan memulihkannya. Boleh juga menambahkan perasan lemon pada air putih ataupun pada sayuran panggang maupun salad.

4. Mengonsumsi Cuka Apel

Sama halnya dengan lemon, banyak yang mungkin ragu untuk mencoba mengonsumsi cuka apel karena takut memperburuk kondisi asam lambung. Dilansir dari Medical News Today, menggunakan cuka apel justru berisiko sangat minimal kok, khususnya bagi penderita asam lambung yang ringan. Tak hanya berhasil menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah, banyak orang berhasil mengurangi kadar asam lambung dengan bahan alami satu ini.

Ada sejumlah orang yang memang justru mengalami perburukan pada rasa nyeri di ulu hati atau heartburn, namun ini karena iritasi sudah cukup serius di bagian saluran pencernaan sehingga sensasi terbakar pun malah terjadi. Pada pertama kali konsumsi, cobalah mengombinasikan 1 sendok teh dulu ke dalam segelas air, tambah takarannya secara bertahap hingga 1 sendok makan, minumlah sebelum atau sesudah makan.

5. Mengonsumsi Makanan dan Minuman dengan Efek Menenangkan

Para pemilik asam lambung perlu mencoba mengonsumsi makanan dan minuman yang menawarkan efek cooling. Sebagai penenang yang alami, makanan dan minuman yang dimaksud di sini menurut NDTV Food antara lain seperti plain yogurt, susu, aprikot, kiwi, stroberi, pisang (pilih yang bukan pisang ambon ya), semangka serta cream and cheese. Selain menutrisi tubuh, ada efek tenang yang diberikan kepada pencernaan lalu memulihkannya perlahan secara alami.

Bagi para pengidap asam lambung yang sudah sangat parah, makanan dan minuman dengan rasa asam perlu dipertimbangkan lagi ya. Segera ke dokter apabila feses BAB berwarna merah atau hitam, kesulitan menelan, terjadi penurunan berat badan drastis, muntah darah, ataupun nyeri pada dada setiap kali beraktivitas.