13 Cara Menghilangkan Mual Karena Asam Lambung Naik Wajib Dicoba

Salah satu gejala utama asam lambung naik adalah mual dan karena rasa mual tersebutlah, tak jarang beberapa penderitanya akan mengalami keringat berlebih, pusing dan bahkan juga bisa saja disusul muntah-muntah. Jika Anda merasa mual yang disebabkan asam lambung, inilah berbagai cara menghilangkan mual karena asam lambung jitu yang dijamin aman.

  1. Makan Anggur

Makan buah, khususnya anggur sebanyak 10-20 buah dapat menjadi pereda rasa mual karena asam lambung. Tak hanya itu, berbagai masalah atau gangguan pencernaan juga kiranya dapat terbantu dengan mengonsumsinya, termasuk juga sakit perut yang melanda secara tiba-tiba.

  1. Makan Apel

Apel adalah buah ajaib karena bahkan seiris saja bisa menjadi penenang ampuh bagi perut yang bergejolak dan merasakan mual sekaligus terbakar karena asam lambung naik. Makanlah buah apel 1-2 buah per hari yang akan membantu juga meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

  1. Menggunakan Jahe

Seperti kita tahu, masalah-masalah kesehatan seperti diare, sakit perut dan mual bisa diatasi dengan jahe. Walau efek samping jahe perlu untuk tetap diwaspadai, Anda bisa memanfaatkan kandungan gingerol di dalam jahe. Anda bisa menggunakannya sebagai campuran pada makanan (pastikan gunakan jahe mentah), mengolahnya menjadi teh jahe, atau mengonsumsinya langsung seperti permen mint yang akan menenangkan lambung secara efektif.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Untuk mual-mual yang disebabkan oleh asam lambung, cuka apel bisa menjadi solusi, bahkan juga untuk mual karena migrain ataupun keracunan makanan. Bukan hanya menjadi bahan yang bisa membantu menurunkan berat badan, cuka apel bisa mengatasi segala masalah pada perut dan pencernaan. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel 1 sendok makan dan madu ½ sendok teh ke dalam secangkir air putih; minumlah sampai mual hilang.

  1. Menggunakan Daun Peppermint

Daun peppermint kita kenal sebagai daun yang menawarkan kesegaran dan mampu mengatasi masalah mual. Antispasmodik adalah sifat yang dibawa oleh peppermint dan memberikan efek penenang yang sangat baik bagi perut.

Supaya lebih mudah, buatlah teh peppermint yang merupakan teh herbal ampuh penolong mual akibat asam lambung naik. Siapkan saja daun peppermint kering sebanyak 1 sendok teh atau daun peppermint segar 8-10 lembar yang diseduh di secangkir air panas. Ketika sudah lebih hangat, Anda bisa meminumnya dan rutinlah melakukan perawatan hingga mual mereda.

  1. Memakai Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah alternatif dari daun peppermint yang juga bisa digunakan sebagai pereda mual. Dengan menuangkan 1-2 tetes minyak peppermint pada bola kapas bersih, Anda bisa mencolekkannya ke bagian bagian gusi. Hal ini bisa menjadi penghilang mual secara berangsur apalagi kalau rutin menggunakannya.


  1. Menggunakan Lemon

Lemon merupakan buah ajaib lainnya yang bisa Anda andalkan. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini menawarkan aroma sitrus segar yang akan menghilangkan mual bahkan karena asam lambung sekalipun. Yang Anda perlu lakukan hanyalah mengisap setengah bagian lemon segar saja. Atau, sebagai alternatif Anda juga bisa mencampurkan jus lemon serta madu secukupnya untuk dikonsumsi sampai mual hilang.

  1. Adas

Herbal lainnya yang patut dicoba sebagai penghilang mual yang diakibatkan kenaikan asam lambung adalah adas. Biji adas sebanyak 1 sendok teh bisa Anda kunyah-kunyah secara perlahan atau seduhlah dalam secangkir air panas untuk membuat teh adas. Tutuplah selama 10 menit dan nantinya bisa dikonsumsi hangat-hangat; boleh menambahkan jus lemon 1 sendok teh bila ingin.

  1. Aromaterapi

Sebagai cara menyembuhkan mual, khususnya karena asam lambung, sebenarnya aromaterapi pun dapat diandalkan di mana hal ini juga menjadi salah satu cara mengatasi stres ampuh. Beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai aromaterapi untuk mual adalah:


  • Minyak esensial jahe.
  • Minyak peppermint.
  • Minyak esensial kapulaga.
  1. Akupresur dan Akupuntur

Kedua pengobatan yang berasal dari Tiongkok ini merupakan metode tradisional yang patut dicoba ketika kesehatan pencernaan sedang terganggu. Jika konsep akupresur adalah melalui tekanan oleh posisi jari tepat pada titik-titik tertentu di bagian tubuh pasien secara spesifik, akupuntur pada dasarnya sama namun lebih kepada proses penusukan.

Keduanya telah terbukti mampu menjadi solusi pengobatan alternatif bagi banyak orang mulai dari yang menderita penyakit ringan hingga yang kronis. Bahkan mual yang bisa diatasi oleh kedua pengobatan asal Tiongkok ini bisa mual karena gangguan pencernaan pada lambung, kanker, atau penyakit lainnya.

Demikianlah cara menghilangkan mual karena asam lambung naik wajib dicoba karena alami, aman dan ampuh. Beberapa rekomendasi cara tersebut kiranya bisa menjadi solusi seketika gejala asam lambung dialami. Namun selain dari cara mengatasi mual tersebut, pastikan untuk memahami apa saja pantangan asam lambung supaya gejala tak makin buruk.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup