Home Featured 8 Minuman Penghilang Mabuk Efek Minuman Keras Ampuh

8 Minuman Penghilang Mabuk Efek Minuman Keras Ampuh

by Erlita

Pernah alami kondisi mabuk karena terlalu banyak minum minuman beralkohol? Mungkin tepat selesai pekerjaan kantor, rekan kerja bersama atasan mengajak makan bersama yang disertai dengan minum minuman mengandung alkohol tapi akhirnya sulit mengendalikan? Ada minuman penghilang mabuk minuman keras yang bisa jadi penyelamat seperti berikut.

  1. Air Jahe

Kalau biasanya air jahe hangat atau yang kita kerap sebut dengan wedang jahe itu ampuh mengatasi masuk angin, sebenarnya tak jauh beda kok. Tak enak badan karena minum minuman beralkohol ditambah rasa mualnya bisa dihilangkan dengan meminum air jahe. Atau, bisa juga perasan jahe ditambahkan pada jus buah yang hendak dikonsumsi.

  1. Jus Apel

Ketika mabuk, ini tandanya tubuh sedang berproses dalam memulihkan diri, jadi tubuh memerlukan fruktosa dari minuman buah manis. Jus apel adalah salah satu minuman yang menawarkan energi dari fruktosa. Ditambah kandungan vitamin dan kadar air tingginya bakal menghindarkan tubuh dari dehidrasi akibat pengaruh alkohol.

  1. Jus Tomat

Jus tomat segar sebaiknya dikonsumsi bukan tepat setelah minum minuman alkohol. Efek mabuk akan menyebabkan hangover, rasa tak enak badan, linglung, dan sakit kepala saat bangun tidur keesokan harinya, jadi minum jus tomat bisa menyelamatkan. Jus tomat pun menurut penelitian mampu membuat proses pencernaan alkohol lebih cepat karena fungsi kerja hati meningkat, jadi minumlah jus ini agar tubuh kembali normal dan nutrisi yang sempat hilang terpenuhi lagi.

  1. Susu Beruang

Mabuk karena alkohol juga dapat diredakan setidaknya dengan mengonsumsi jenis susu tertentu, yakni susu beruang. Cukup minum sekaleng kecil saja sudah bisa mendukung pemulihan tubuh dan bahkan tubuh akan terasa jauh lebih enakan lebih cepat.

  1. Air Kelapa

Air kelapa tak hanya bisa diminum ketika sedang mengalami keracunan makanan. Sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, air kelapa juga merupakan minuman yang paling sering dikonsumsi dan nyatanya efektif ketika diandalkan. Sebagai penetralisir, minumlah air kelapa yang segar untuk menghilangkan mabuk ya.

  1. Air Putih

Cara paling sederhana meredakan mabuk dari minuman keras adalah mengonsumsi air putih. Efek bahaya minuman keras bagi kesehatan yang paling kerap dirasakan di awal biasanya adalah adalah haus berlebih, mual dan pusing, maka minumlah banyak-banyak air putih sebagai penetralisir banyaknya asupan alkohol yang sudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Teh Hijau

Ingat kan kalau teh hijau kaya antioksidan? Teh hijau adalah minuman tepat yang bisa melawan toksin efek alkohol sekaligus menjaga kesehatan organ hati sekaligus sel-sel tubuh. Bila mengalami gejala hangover seperti mual-mual, minumlah teh hijau pagi-pagi dengan dicampur lavender atau rosemary sebagai peredanya.

  1. Air Lemon

Air lemon tak hanya menyegarkan tubuh yang mabuk, tapi juga dapat membantu organ hati dalam membuang racun yang berasal dari minuman alkohol. Siapkan setengah buah lemon, masukkan ke dalam segelas penuh air putih, minumlah untuk proses detoksifikasi. Kandungan vitamin C-nya siap mendukung regenerasi jaringan tubuh sekaligus memaksimalkan kinerja hati lho.

Mabuk akibat minuman keras tidak sulit untuk diredakan kok. Beberapa minuman penghilang mabuk dan hangover tersebut bisa dijajal. Namun lain waktu, pastikan agar tidak mengonsumsi berlebihan minuman beralkohol karena minuman keras yang dikonsumsi terlalu banyak dalam jangka panjang dapat merusak tubuh khususnya kesehatan sistem saraf otak.

You may also like