Kranos – Obat Apa – Fungsi – Dosis dan Cara Penggunaan

53

Merek obat Kranos merupakan jenis obat anti jamur, yang banyak direkomendasikan untuk membantu mengobati infeksi karena jamur pada area kulit. Seperti kita ketahui, beberapa jenis jamur yang menyebabkan penyakit jamur dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi pada bagian kulit kita adalah jenis Kandidiasis dan Pitiriasis versicolor. Kulit kita tentunya perlu dirawat agar tetap sehat. Namun, saat jamur penyebab infeksi mulai masuk ke dalam kulit kita dan menyebabkan infeksi yang serius, maka harus segera di obati oleh anti jamur, seperti merek kranos ini. Kranos diproduksi dalam bentuk krim, tablet dan larutan. Kranos ini diproduksi oleh pabrik farmasi Nufarindo.

Kandungan Kranos

Sebagai krim anti jamur (merek kranos), obat ini memiliki kandungan zat aktif khusus yang disebut Clotrimazole, yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan jamur penyebab infeksi. Kranos merupakan salah satu merek obat krim untuk mengatasi infeksi jamur dan sebagian penyebab jamur kulit yang juga sering dialami.

Fungsi Kranos

Obat merek kranos yang merupakan golongan Antifungal ini, merupakan kategori obat bebas, namun ada juga yang diberikan sesuai dengan resep dokter. Fungsi utamanya yaitu mengobati infeksi jamur yang umumnya terjadi dan muncul pada kulit, liang telinga serta vagina. Selain itu, juga dapat mengobati infeksi kutu air dan kurap. Obat merek kranos dengan kandungan Clotrimazole, yang mengatasi penyebab kurap , hanya digunakan oleh pasien dewasa diatas usia 16 tahun dan di bawah usia 60 tahun.

Dosis Kranos

Penggunaan obat krim atau bentuk lainya dari obat kranos ini, sebaiknya disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan maupun dosis oleh dokter. Dosis yang tepat untuk menggunakan kranos, yang bukan merupakan krim untuk infeksi kulit karena bakteri namun hanya mengobati yang disebabkan oleh jamur. Berikut ulasanya:

  • Untuk infeksi jamur pada kulit, oleskan krim sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, selama 2- 4 minggu.
  • Anda dapat mengkombinasikan krim kranos dengan bedak, untuk mencegah infeksi berulang
  • Untuk Otitis eksterna, diberikan kranos dengan dosis yang dianjurkan dokter

Cara Penggunaan Kranos

  • Kranos yang diproduksi dalam bentuk krim ini, sangat mudah digunakan.
  • Anda cukup mengoleskan kranos sesuai dosis yang tertera pada kemasan, pada bagian kulit, tubuh, lipatan paha, kulit kepala hingga jari kaki.
  • Umumnya, perkembangan positif akan terjadi jika rasa gatal di area kulit mulai berkurang di minggu pertama.

Kontraindikasi Kranos

Khusus obat merek kranos, sebaiknya jangan menggunakan obat krim ini pada pasien yang terkena penyebab kutu air, serta penyakit karena jamur lainya, yang memiliki hipersensitifitas pada kandungan Clotrimazole dalam kranos. Hal tersebut dilakukan, agar pasien tidak mengalami reaksi kontraindikasi yang bisa membahayakan kesehatanya.

Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Sebelum menggunakan krim merek kranos sebagai obat infeksi jamur pada kulit Anda, terlebih seperti impetigo yang merupakan penyakit kulit menular, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan pemakaian krim kranos ini harus dihentikan, jika setelah pemakaian muncul ruam kulit serta tanda lain karena alergi
  • Penggunaan krim ini hanya untuk pasien dewasa.  Anak-anak di bawah usia 3 tahun, sebaiknya tidak diberikan krim ini (tidak dianjurkan)

Kranos untuk Wanita Hamil

Krim kranos dengan kandungan zat aktif Clotrimazole ini, bisa dibilang tidak berbahaya untuk wanita hamil yang menggunakannya. Namun, agar terhindar dari hal-hal yang dapat mengancam kesehatan janin dalam kandungan, sebaiknya wanita hamil berkonsultasi terlebih dulu mengenai penggunaan krim kranos ini sebagai obat infeksi jamur.