Kalpanax Tincture – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

62

Kalpanax Tincture merupakan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur. Kalpanax Tincture dijual dalam bentuk cair dan juga krim. Meskipun kedua jenis obat tersebut memiliki kandungan yang berbeda, akan tetapi memiliki cara kerja yang sama yaitu membunuh jamur agar tidak bisa berkembang dan mati.

Kalpanax Tincture diproduks oleh PT. Kalbe Farma yang mana ia sebenarnya merupakan obat bebas. Artinya, anda bisa mendapatkan obat tersebut meskipun tanpa menyertakan resep dokter. Meskipun begitu, bagi anda yang ingin menggunakan Kalpanax Tincture, maka kami sarankan anda untuk menyimak informasi yang sudah ada pada kemasan obat ini.

Kalpanax Tincture mengandung beberapa zat seperti di bawah ini:

  • Miconazole nitrat, ia merupakan senyawa imidazole dan masuk jenis antijamur yang berfungsi sebagai pengobatan topikal. Cara kerja dari senyawa ini adalah menghambat terhadap pembekuan substansi penting di dalam pertumbuhan jamur. Namun anda harus tahu bahwa senyawa ini tidak efektif jika digunakan untuk mengobati infeksi virus maupun bakteri.
  • Salicylid acid, ia merupakan jenis senyawa yang memiliki sifat anti peradangan atau anti inflamasi dan juga sebagai analgesik.
  • Povidone iodine, adalah jenis antiseptik yang memiliki spektrum luas yang mana ia sering digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi yang terjadi pada luka yang ada di kulit.
  • Benzoic acid, adalah jenis senyawa yang memiliki kemampuan sebagai fungistatik, yakni berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur.

Fungsi Kalpanax Tincture

  1. Kalpanax Tincture merupakan obat yang digunakan untuk mengobati panu.
  2. Obat ini juga digunakan sebagai solusi bagi seseorang yang menderita kutu air dan juga kurap, baik yang ada di leher maupun juga badan.
  3. Ingat, penggunaan Kalpanax Tincture tidak untuk mengobati infeksi yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri.
  4. Jika anda ingin tahu lebih lengkap seputar indikasi Kalpanax Tincture, maka kami sarankan anda menghubungi dokter.

Kontraindikasi Kalpanax Tincture

  • Untuk seseorang yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan yang ada pada Kalpanax Tincture, dianjurkan untuk tidak sembarangan ketika menggunakannya.
  • Seseorang yang juga pernah mengalami alergi terhadap obat krim dianjurkan untuk menggunakannya secara hati-hati.
  • Adapun mengenai penggunaan Kalpanax Tincture bagi ibu hamil, disarankan untuk bertanya kepada dokter terlebih dahulu agar supaya penggunaannya bisa memberikan hasil yang maksimal atau malah dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat yang lainnya.

Dosis Kalpanax Tincture

  • Untuk dosis yang diberikan secara umum adalah cukup oleskan sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sehari.
  • Anda hanya perlu mengoleskan obat ini pada bagian yang mengalami infeksi.
  • Dilarang mengoleskan Kalpanax Tincture dengan dosis yang terlalu banyak untuk tujuan agar proses penyembuhan lebih cepat.

Cara Penggunaan Kalpanax Tincture

  1. Kalpanax Tincture harus selalu anda gunakan sebagaimana keterangan yang sudah diberikan pada obat tersebut.
  2. Anda dilarang menambah maupun mengurangi takaran dosis jika anda tidak mendapatkan persetujuan dari dokter.
  3. Anda tidak boleh menggunakan Kalpanax Tincture di tempat yang dekat dengan mata maupun dekat dengan luka yang belum kering.
  4. Untuk penggunaan Kalpanax Tincture dalam waktu yang lama, maka kami menganjurkan agar anda bertanya kepada dokter terlebih dahulu.
  5. Jika penggunaan Kalpanax Tincture malah mengakibatkan anda mengalami ruam kulit atau gatal, maka anda harus segera menghubungi dokter.

Cara Penyimpanan Kalpanax Tincture

  1. Selalu simpan Kalpanax Tincture di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  2. Jangan menyimpan obat ini di tempat yang lembab.
  3. Jangan membekukan atau menyimpan di tempat yang dekat dengan benda berbau menyengat.