Kogenate FS – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

89

Kogenate FS

Kogenate FS adalah obat yang dibuat untuk mengobati masalah hemofilia. Namun sebelumnya apakah anda tahu apa itu hemofilia atau haemophilia? Hemofilia merupakan sebuah kondisi dimana terjadi pembekuan darah yang kemudian mengakibatkan terjadinya pendarahan. Dampaknya, pendarahan tersebut berlangsung dalam waktu yang lebih lama ketik tubuh mengalami luka.

Dalam kondisi biasa, protein yang berperan di dalam membentuk pembeku membentuk menjadi sebuah jaringan penahan yang berada di sekitar platelet. Kondisi ini kemudian mengakibatkan terjadinya pembekuan darah yang kemudian terjadi pendarahan. Bagi seseorang yang menderita hemofilia, kekurangan kadar protein menjadi salah satu faktor terciptanya pembekuan darah yang mana kondisi ini mengakibatkan pendarahan yang berlangung berkepanjangan.

Penyakit hemofilia ini ada yang mengatakan bahwa sebagai penyakit bawaan. Ia umumnya diderita oleh pria. Hemofilia bisa diturunkan dengan mutasi gen yang nantinya berpengaruh terhadap untaian DNA atau kromosom. Maka dari itu, kondisi tersebut tidak bisa didiamkan begitu saja dan harus segera diobati. Salah satu cara adalah dengan menggunakan obat Kogenate FS.

Untuk bisa mendapatkan Kogenate FS, maka anda harus pergi ke dokter terlebih dahulu. Anda harus meminta resep tentang obat ini sehingga nanti anda bisa menggunakannya. Obat ini dijual dalam kemasan botol, yakni berisi 2.5 mL dan juga 5.0 mL.

Fungsi Kogenate FS

  • Kogenate FS merupakan obat yang digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan hemofilia atau pembekuan darah.
  • Kogenate FS juga digunakan untuk memelihara hemostatis bagi seseorang yang menderita hemofilia A.
  • Selain itu, Kogenate FS juga bisa digunakan untuk mengobati pendarahan yang bersifat akut.
  • Indikasi lain yang terdapat pada Kogenate FS adalah untuk mengobati pendarahan pra maupun juga pasca menjalani operasi bagi seseorang yang diketahui mengalami gangguan penurunan factor VIII.

Kontraindikasi Kogenate FS

  • Kogenate FS tidak disarankan diberikan kepada seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas.
  • Seseorang yang juga diketahui pernah mengalami alergi terhadap kandungan di dalam Kogenate FS juga tidak dianjurkan untuk menggunakannya.
  • Pasien yang diketahui mempunyai respon sistemik yang berat pada Ig juga tidak dianjurkan menggunakan Kogenate FS.
  • Kogenate FS juga akan menyebabkan terjadinya kontraindikasi jika digunakan oleh seseorang dengan kekurangan IgA selektif.

Dosis Kogenate FS

Lalu seperti apa dosis yang harus diberikan oleh seseorang yang menggunakan Kogenate FS? Berikut ini jawabannya.

  • Dosis yang digunakan untuk mengobati pendarahan bersifat ringan sampai sedang adalah memberikan peningkatan sebesar 20% sampai dengan 30% dari kondisi normal. Biasanya akan diberikan dosis tunggal dengan 10 sampai 15 unit per kg/BB.
  • Dosis untuk pasien yang mengalami pendarahan lebih serius atau juga operasi kecil yaitu peningkatan antara 30% sampai 50%. Untuk dosi awal yang diberikan 15 sampai dengan 15 unit per kg/BB. Kemudian diikuti 10 sampai 15 unit untuk setiap kg/BB pada setiap 8 sampai dengan 12 jam jika memang diperlukan.
  • Bagi seseorang yang menderita pendarahan berat atau yang menjalani operasi besar, maka dosisnya 80% sampai dengan 100% dari kondisi normal. Dosis awal yang diberikan adalah 40 sampai 50 unit per kg/BB. Kemudian diikuti 20 sampai 35 unit per kg/BB pada setiap 8 sampai dengan 12 jam.

Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang dosis Kogenate FS, maka silahkan anda hubungi dokter. Hal ini karean informasi dosis diatas hanya untuk profilaksis untuk episode pendarahan terhadap pasien yang menderita hemofilia A.

Cara Penggunaan Kogenate FS

  • Kogenate FS harus digunakan sebagaimana ketentuan yang diberikan dokter.
  • Jangan pernah mengurangi maupun menambah takaran dosisnya jika tidak mendapatkan persetujuan dokter.
  • Jika selama menggunakan Kogenate FS mengalami ruam kulit atau gatal, silahka hubungi dokter.