Home Merk Obat A-ZMerk Obat K Kontrabat –  Obat Apa – Fungsi Obat – Dosis dan Cara Penggunaan

Kontrabat –  Obat Apa – Fungsi Obat – Dosis dan Cara Penggunaan

by Fitrya Nur Baity

Anda sedang mengalami batuk berdahak atau batuk karena alergi? Solusi obat yang dapat Anda konsumsi adalah merek kontrabat. Obat batuk merek kontrabat ini merupakan obat batuk yang dijual bebas, untuk membantu mengatasi berbagai keluhan batuk yang dialami, seperti batuk berdahak hijau, batuk kering hingga batuk alergi yang juga disertai flu. Keluhan batuk yang cukup mengganggu ini, tentunya harus segera diatasi. Salah satunya, dengan menggunakan obat batuk yang memiliki kandungan khusus, untuk mengatasi berbagai keluhan batuk tersebut. Obat batuk merek kontrabat ini di produksi dalam bentuk sirup oleh pabrik farmasi Bernofarm.

Kandungan Kontrabat

Sebagai salah satu obat batuk yang direkomendasikan, merek obat kontrabat tentunya telah dilengkapi dengan beberapa kandungan zat khusus seperti Dektrometorfan, Klorfeniramini maleat, Fenilpropanolamin HCL dan Paracetamol. Kandungan zat aktif yang lengkap ini, membantu menekan dorongan batuk dari otak serta mengatasi penyebab batuk dan menghambat kinerja histamine yang merupakan senyawa pemicu batuk alergi. Selain itu, dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh yang diakibatkan unsur Prostaglandin.

Fungsi Kontrabat

Sebagai merek salah satu obat batuk yang cukup populer, kontrabat memiliki fungsi utama sebagai obat sirup yang dapat membantu mengatasi pilek dengan disertai gejala-gejala demam, pilek, batuk kering, batuk berdahak dan penyebab batuk berdahak , hingga hidung tersumbat. Beberapa keluhan tersebut umumnya dapat dialami oleh pasien berbagai usia, dewasa hingga anak-anak.

Dosis Kontrabat

Umumnya, obat merek kontrabat ini juga tersedia dalam kemasan kaplet selain obat sirup, yang dianjurkan sebagai langkah awal mencegah bahaya batuk lebih dari 2 minggu. Adapun dosis yang tepat untuk mengkonsumsi obat ini, sebagai berikut:

  • Untuk dewasa, berikan dosis sebanyak 1 hingga 2 sendok teh untuk 3 sampai 4 kali sehari
  • Untuk anak-anak usia 7 – 12 tahun, diberikan dosis sebanyak 1 hingga 2 sendok teh untuk 3 kali sehari
  • Untuk anak-anak usia 1- 7 tahun, diberikan dosis sebanyak ½ hingga 1 sendok teh untuk 3 kali sehari
  • Untuk anak-anak usia 1 tahun kurang, diberikan dosis sebanyak ¼- ½ sendok teh saja, untuk 3 kali sehari

Cara Penggunaan Kontrabat

  • Obat sirup maupun obat kaplet kontrabat, sebaiknya dikonsumsi bersama makanan
  • Sebaiknya menggunakan dosis sesuai dengan aturan pakai dalam kemasan, agar bisa mempercepat proses kesembuhan
  • Jika dosis terlewat, maka dosis dapat dilanjutkan pada penggunaan berikutnya

Kontraindikasi Kontrabat

Mengkonsumsi obat merek kontrabat untuk menghindari bahaya batuk kering, dapat menimbulkan beberapa reaksi kontraindikasi seperti  hipertiroidisme, hipertensi, hingga penyakit coroner dan sakit ginjal, pada pasien dengan riwayat penyakit ginjal yang rusak.

Hal-Hal Penting yang Harus Diketahui

Sebelum mengkonsumsi obat merek kontrabat, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal penting berikut:

  • Obat ini dapat menyebabkan kantuk, oleh sebab itu sebaiknya tidak berkendara atau mengoperasikan mesin dan alat berat jika sedang mengkonsumsi obat ini
  • Pasien dengan keluhan atau riwayat penyakit glaucoma, hati, ginjal, diabetes serta asma, sebaiknya juga tidak mengkonsumsi obat kontrabat, kecuali atas resep dokter
  • Tidak boleh mencampurkan obat kontrabat, dengan obat lain yang memiliki kandungan sejenis, untuk menghindari reaksi kontraindikasi yang lebih parah
  • Jika setelah mengkonsumsi obat ini, pasien dewasa maupun pasien anak-anak belum menunjukan proses kesembuhan atau malah mengalami keluhan lain seperti alergi, sebaiknya segera hubungi dokter

Kontrabat Untuk Wanita Hamil

Sekilas, merek obat kontrabat ini merupakan obat syrup yang cukup aman dikonsumsi orang dewasa yang sakit karena penyebab batuk kering dan berdahak juga pada anak-anak yang sedang mengalami batuk. Namun, dilansir dari farmasi-id.com, wanita hamil sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi kontrabat, kecuali atas resep dokter.

You may also like