Home Penyakit dan KelainanBatuk 10 Bahaya Batuk Kering Wajib Anda Ketahui

10 Bahaya Batuk Kering Wajib Anda Ketahui

by Erlita

Batuk kering mungkin tampak ringan, namun sebenarnya batuk jenis ini juga cukup berbahaya apabila tidak diatasi dengan tepat dan terjadi hingga lama tak kunjung sembuh. Batuk kering bukan hanya berhubungan dengan sakit flu dan selalu ada kemungkinan bahwa batuk kering ini membawa Anda pada penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Apa saja bahaya batuk kering yang perlu Anda ketahui?

  1. Gangguan Tidur

Batuk kering walau tampak ringan namun dapat sangat mengganggu karena batuk ini terjadi begitu intens. Batuk yang kering justru akan lebih mudah mengganggu karena rasa gatal di tenggorokan lebih parah bila dibandingkan dengan batuk berdahak.

Salah satu bahaya umum yang ditimbulkan karena batuk kering yang intens adalah gangguan tidur. Susah tidur di malam hari karena batuk kering dan juga rasa gatal di tenggorokan bisa menjadi hal menyebalkan. Justru pada banyak kasus, malam hari terutama ketika sedang tidur atau hendak tidurlah batuk kering menyerang secara lebih persisten sehingga menyebabkan kelelahan.

  1. Inkontinensia Urine

Batuk kering yang disertai dengan rasa gatal mengganggu di tenggorokan akan menyebabkan batuk terus berulang bisa dalam waktu yang lama. Rupanya, hal ini bisa menjadi pemicu dari timbulnya kondisi inkontinensia urine yang risikonya jauh lebih tinggi terjadi pada wanita.

Pada umumnya, inkontinensia urine pada wanita bisa terjadi pada wanita yang berusia lebih tua serta para wanita hamil. Karena batuk kering kerap kali sangat persisten, salah satu bahaya yang perlu diwaspadai, khususnya oleh penderita batuk kering wanita adalah kondisi satu ini. Segera ke dokter demi mendapatkan solusi pengobatan yang tepat supaya inkontinensia urine bisa dicegah atau diatasi.

  1. Muntah

Kondisi seperti muntah-muntah bisa saja menjadi salah satu bahaya dari batuk kering. Batuk kering persisten memang sangat mengganggu dan karena gatalnya tenggorokan itulah yang juga mendukung batuk tak bisa berhenti dengan mudah. Lama-kelamaan batuk yang kurang terkontrol inilah yang bisa menyebabkan penderitanya seperti ingin muntah atau bahkan muntah sungguhan.

  1. Sakit Kepala

Batuk yang terus-menerus tentu saja lama-kelamaan akan membuat tubuh menjadi lelah, dan tak hanya itu yang dirasakan oleh para penderitanya. Beberapa kasus batuk kering yang sudah parah dan sulit dikendalikan akan menyebabkan penderita mengalami sakit kepala sebagai salah satu bahayanya.

  1. Berkeringat Berlebihan

Batuk kering jangan sekali-kali dibiarkan dan disepelekan karena saat dialami secara persisten, batuk ini bisa menimbulkan kelelahan fisik dan membuat penderitanya mengalami keringat berlebih. Jenis batuk yang kering bisa cukup mengganggu karena sifatnya yang persisten sehingga tak mudah untuk dikendalikan di mana tenggorokan terasa gatal dan membuat kita terdorong untuk batuk terus-menerus.

  1. Penyakit Asma

Batuk jenis kering bisa saja berbahaya karena ini adalah tanda dari penyakit asma. Asma dialami oleh seseorang sebab tabung dengan fungsi sebagai pembawa udara ke paru-paru mengalami pengerutan. Karena hal itulah kemudian keluhan sesak nafas pun terjadi yang disertai pula dengan rasa gatal di tenggorokan disusul batuk kering.

Ketika batuk kering mengarah pada asma, maka jangan sampai terlambat dan segera periksakan ke dokter dengan menempuh lebih dulu pemeriksaan paru-paru dan pernapasan supaya mampu mendeteksi benar tidaknya batuk kering berhubungan dengan asma. Dengan menempuh beberapa metode diagnosa, akan lebih mudah pula bagi dokter untuk menentukan apakah obat asma atau cara mengatasi sakit tenggorokan saja yang perlu diberikan.

  1. Bronkitis

Tenggorokan memang dapat menjadi kering karena flu yang kemudian berubah gatal yang pada akhirnya memicu untuk sering batuk. Namun batuk kering bukan selalu berarti bahwa Anda tengah mengalami flu saja, bronkitis akut pun kerap ditandai dengan kondisi seperti batuk kering yang tak kunjung sembuh.

Meski batuk dahak juga bisa menandakan bronkitis akut terjdi, tetaplah waspada terhadap batuk kering yang lama untuk sembuh. Jika batuk tak mereda juga padahal sudah lebih dari 18 hari, secepatnya Anda perlu memastikan kondisi dengan pergi ke dokter agar cepat memperoleh penanganan yang tepat dan sesuai.

  1. Pneumonia

Kenapa batuk berdahak tidak kunjung sembuh walau sudah diobati? Kemungkinan pneumonia selalu ada untuk batuk berdahak dan rupanya pneumonia juga menjadi salah satu risiko atau bahaya komplikasi dari batuk kering. Kita tahu bahwa salah satu tanda umum dari pneumonia adalah batuk akut. Selain batuk, pneumonia juga bercirikan kondisi demam, tubuh menggigil, sesak nafas dan tubuh cepat lelah.

  1. GERD

GERD atau yang kita sebut juga dengan gastroesophageal reflux disease juga merupakan salah satu bahaya dari batuk kering. Ketika batuk kering tak kunjung sembuh dan masih saja disertai rasa gatal, penyakit GERD kemungkinan membayangi Anda. Asam lambung naik bisa berakibat buruk bagi seluruh kesehatan nantinya, jadi segera atasi dengan pertolongan dokter.

  1. Kanker Paru-paru

Batuk kering sebaiknya tak disepelekan dan ketika sudah terlalu lama tak mereda juga, segera periksakan karena risiko kanker paru-paru pun cukup besar. Ketika batuk kering disertai rasa gatal di tenggorokan terlalu lama dialami, ada kemungkinan bahayanya cukup besar, yakni kanker paru-paru di mana sebaiknya langsung ditangani.

Bahaya batuk kering paling wajib diwaspadai sudah diulas dan kondisi-kondisi tersebut sebaiknya benar-benar menjadikan Anda cepat bertindak ketika batuk kering tidak kunjung reda walau sudah diobati. Sebelum bahaya yang lebih serius datang, periksakan ke dokter dan dapatkan bantuan medis.

You may also like