Kamolas Forte – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

227

Kamolas forte merupakan merek obat dengan kandungan paracetamol, yang diperuntukan bagi pasien yang mengalami keluhan sakit seperti demam, nyeri, flu, salesma dan lain sebagainya. Kamolas forte ini bisa dibilang hampir sama dengan obat dengan kandungan paracetamol lainya.

Mengkonsumsi obat ini tentunya harus sesuai dengan resep dokter. Beberapa keluhan seperti demam karena penyebab demam hingga sakit kepala memang sering dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Obat merek kamolas forte ini hadir dalam bentuk kaplet, sirup dan juga oral drops. Kamolas forte diproduksi oleh pabrik farmasi Solas.

Kandungan Kamolas Forte

Obat yang tergolong jenis analgesic (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam) ini memiliki kandungan zat aktif khusus di dalamnya, yaitu paracetamol. Zat aktif ini bekerja dengan mengurangi rasa sakit serta menurunkan produksi zat prostaglandin dalam tubuh pasien. Kenapa badan panas tapi tidak sakit dengan paracetamol juga dapat menghalangi produksi prostaglandin hingga rasa sakit dan demam yang sedang melanda bisa berkurang dan segera sembuh.

Fungsi Kamolas Forte

Sebagai obat demam dan pereda sakit, obat merek kamolas forte ini tentunya memiliki fungsi utama sebagai obat untuk meredakan sakit dan demam. Disamping itu, obat ini juga direkomendasikan untuk mengatasi keluhan nyeri pada pasien yang telah di vaksinasi, inokulasi hingga tonsilektomi. Adapun jenis sakit kepala dan rasa sakit sedang hingga menengah juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat ini.

Dosis Kamolas Forte

Pemberian obat merek kamolas forte ini, sebaiknya diberikan sesuai dengan resep dokter atau anjuran pakai yang tertera dalam kemasan, juga untuk Anda yang sering sakit kepala. Adapun dosis yang tepat untuk mengkonsumsi obat merek kamolas forte, sebagai berikut:

Untuk dewasa, berikan kamolas forte kapsul sebanyak 3-4 kali per hari dengan dosis maksimal 8 kapsul per hari

  • Untuk anak-anak dibawah usia 6 – 12 tahun, berikan ½ hingga 1 kapsul, sebanyak 3-4 kali per hari.
  • Untuk anak-anak usia 6- 12 tahun, berikan 2 – 4 sendok teh
  • Untuk anak-anak usia 1-5 tahun, berikan 1- 11/2 sendok, diberikan 3-4 kali per hari.
  • Untuk anak-anak usia 12 -23 bulan berikan 1.2 ml
  • Untuk jenis sirup forte, berikan 5-10 ml bagi pasien anak-anak, diberikan 3-4 kali per hari

Cara Penggunaan Kamolas Forte

  1. Sebelum mengkonsumsi kamolas forte, sebaiknya Anda pastikan obat ini memang cocok untuk mengatasi gejala-gejala seperti kepala sering pusing yang dialami dan dianjurkan dokter (setelah pemeriksaan).
  2. Obat dengan kandungan paracetamol dapat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan.
  3. Sebaiknya, tidak mengkonsumsi paracetamol melebihi dosis yang dianjurkan.
  4. Jika dosis terlewat, maka hindari minum dua dosis sekaligus.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Jika bertanya kenapa badan panas tapi tidak sakit , sebelum mengkonsumsi obat kamolas forte, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Pasien dengan penyakit ginjal atau hati serta gangguan KV atau hematologi sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini
  2. Pasien dewasa sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 4 gram per 24 jam
  3. Untuk pasien anak-anak pastikan dosis dapat diberikan sesuai umur
  4. Jika pasien mengalami alergi atau overdosis, segera hubungi dokter

Kamolas Forte untuk Wanita Hamil

Wanita hamil yang ingin mengkonsumsi obat merek kamolas forte, sebaiknya menyesuaikan dengan dosis yang berlaku dan hindari penggunaan dosis yang berlebihan. Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, agar tetap aman saat mengkonsumsi obat kamolas forte ini.