Kenapa Badan Panas Tapi Tidak Sakit? Ini 7 Alasannya dan Cara Mengatasi

2080

Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana badan panas alias demam tapi tak terasa sakit sama sekali di bagian tubuh manapun? Kenapa badan panas tapi tidak sakit seperti itu? Ada berbagai kemungkinan penyebab dari keluhan semacam ini dan Anda perlu menyimak beberapa alasan berikut ini untuk mengetahui faktor pemicu apa saja yang harus diwaspadai.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menjadi penyebab badan hangat terus atau bahkan terasa panas walaupun tak merasakan sakit. Jika tubuh seharusnya terdiri dari 60-70 persen air, maka asupan cairan yang kurang dari itu bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat disertai dengan nafas lebih cepat, penurunan kesadaran, sakit kepala, kelelahan, kejang, dan kondisi tak buang air kecil hingga 8 jam.

  1. Kelelahan

Lelah secara fisik dan pikiran dapat mengakibatkan badan panas tapi tak sakit sama sekali. Cobalah tengok kembali bagaimana jadwal kegiatan Anda sehari-hari dan apakah Anda sudah mendapatkan cukup istirahat. Bila kelelahan ekstrem, tak heran kalau hal ini berpengaruh pada suhu badan yang naik tapi tak menimbulkan rasa sakit.

  1. Paparan Panas Sangat Lama

Jika badan panas tapi tak merasakan sakit, coba ingat-ingat kembali apakah Anda sehabis terkena paparan panas yang cukup lama. Badan yang terpapar panas sangat lama bisa menjadi alasan mengapa kemudian badan panas dan tidak disertai rasa sakit.

  1. Masa Ovulasi

Pada wanita, kasus badan panas tapi tak merasakan sakit biasanya bisa dianggap sebagai kondisi wajar karena tengah memasuki masa ovulasi atau berada di sekitar masa tersebut. Jangan khawatir jika hal inilah yang terjadi pada Anda, namun tak perlu ragu untuk memeriksakan ke dokter kalau ada keluhan lain menyertai.

  1. Berjemur

Efek dari berjemur adalah suhu badan meningkat karena paparan sinar matahari. Jadi jika Anda gemar berjemur, tak perlu heran kalau badan panas tapi tak diikuti dengan rasa sakit sama sekali. Mengasup cairan berupa air putih sambil menjauhi bahaya sinar matahari di siang hari akan sangat menolong dalam menurunkan suhu tubuh dan menormalkannya kembali.

  1. Proses Perlawanan Terhadap Senyawa Asing Oleh Tubuh

Saat badan panas tapi pengukuran suhu menunjukkan bahwa angka masih normal dan tak disertai rasa sakit, bisa jadi ini adalah bentuk dari perlawanan tubuh terhadap senyawa asing yang menyerang tubuh, seperti misalnya infeksi. Tak salah untuk ke dokter segera bila Anda khawatir kondisi badan panas ini bisa berbahaya.

  1. Efek Samping Obat

Alasan lainnya mengapa badan dapat panas tapi tak ada rasa sakit sama sekali adalah karena hal tersebut adalah dampak dari penggunaan obat tertentu. Jika Anda sedang mengonsumsi obat resep dokter dan mengalami badan panas tanpa rasa sakit, bicarakanlah dengan dokter Anda secara langsung.

Cara Mengatasi Badan yang Panas Tapi Tak Sakit

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika badan panas tapi tak merasa sakit sesuai dengan kemungkinan penyebabnya juga.

  • Minum banyak air putih. Jika Anda jarang minum, bahaya dehidrasi bisa terjadi, sehingga dianjurkan untuk minum 8-10 gelas dalam sehari untuk menghindari tubuh kekurangan cairan.
  • Cukup istirahat. Karena tubuh yang cepat lelah apalagi kelelahan ekstrem terjadi pada Anda bisa menyebabkan badan bersuhu tinggi alias panas, namun tak sakit.
  • Ukur suhu tubuh. Bila hasil pengukuran berada di atas 37 derajat Celsius dan dalam waktu yang cukup lama, Anda perlu mencoba menggunakan obat penurun panas yang dosisnya sehari 3 kali.
  • Periksakan diri ke dokter. Apabila badan masih terus panas selama berhari-hari dan tak ada hubungannya dengan paparan sinar matahari, cobalah untuk menemui dokter. Kemungkinan pemeriksaan fisik dan tes-tes pendukung lain amat dibutuhkan. Jika obat yang Anda gunakanlah sumber penyebab badan panas, konsultasikan solusi yang tepat dengan dokter pemberi resep tersebut.

Demikianlah alasan-alasan kenapa badan panas tapi tidak sakit berikut cara mengatasi yang perlu Anda ketahui sekaligus lakukan bila perlu. Jangan ragu untuk ke dokter kalau badan tetap panas walau sudah lewat beberapa hari dan tak merasakan sakit apapun supaya segala bentuk gangguan kesehatan dapat terdeteksi sedari dini.