Isoket Spray – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

66

Isoket spray merupakan obat yang masuk dalam kelas anti angina, yaitu obat-obatan untuk menghilangkan simtom nyeri dada akibat gangguan jantung. Tidak semua nyeri di bagian dada di sebabkan gangguan pada jantung Anda harus mengenali perbedaan sakit jantung dan nyeri dada biasa. Nyeri pada dada akibat gangguan jantung muncul karena aliran darah ke jantung terhambat ,biasanya nyeri ini terjadi setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau aktivitas seksual

Obat ini berlogo merah yang berarti termasuk obat keras dan harus dibeli dengan resep dokter.

Komposisi

Di beberapa negara termasuk Indonesia Isoket Spray mengandung bahan aktif Isosorbide Dinitrate. Isosorbide Dinitrate merupakan jenis nitrat yang membutuhkan waktu reaksi yang lebih lama.

Mekanisme Kerja Obat

Isoket Spray mengatasi nyeri di dada dengan melemaskan otot dan melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung menjadi lancar.

Seperti nitrat jenis lainnya , Isosorbide Dinitrate diubah oleh tubuh menjadi oksida nitrat yang akan mengaktifkan enzim tertentu. Enzim inilah yang nantinya akan menimbulkan efek domino sampai pada penyerapan ion kalsium yang berujung pada rileksasi otot polos dan pelebaran pembuluh darah.

Dosis dan Cara Penggunaan

Isoket Spray digunakan dalam dosis yang diresepkan oleh dokter.

Anda tidak disarankan menggunakan Isoket Spray lebih dari yang diresepkan dokter. Jika melewatkan satu dosis, dan Anda menyadarinya di waktu yang berdekatan dengan dosis berikutnya, lewatkan saja dosis yang terlupa, jangan mendobel dosis.

Setelah Anda membeli Isopray, obat tidak langsung dapat digunakan. Anda harus menyiapkan obat ini sebelum digunakan dalam penanganan angina pektoris atau biasa disebut angin duduk. Cara menyiapkan kemasan Isoket Spray adalah dengan membuka tutup dan menyemprotkannya sebanyak 10 kali ke udara, lalu  kembali menutupnya. Setelah proses ini Isoket Spray siap digunakan.

Anda disarankan menggunakan Isoket Spray dalam keadaan duduk. Semprotkan Isoket Spray ke dalam mulut di bawah lidah, setelah disemprotkan segera tutup mulut. Jangan hirup obat, dan jangan meludah atau berkumur sampai 10 menit setelah obat disemprotkan.

Simpan Isoket Spray pada suhu ruang dan jauhkan dari panas langsung. Jangan buang kemasan atau bekas obat ke saluran pembuangan karena dikhawatirkan akan mengkontaminasi lingkungan.

Indikasi

Obat ini digunakan untuk mengobati angina (nyeri dada) pada penderita gangguan fungsi jantung

Kontraindikasi

Pasien dengan kondisi-kondisi di bawah ini disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter :

  1. Alergi zat nitrat
  2. anemia parah
  3. kondisi meningkatkanya kadar methemoglobin dalam darah (methemoglobinemia)
  4. serangan jantung
  5. penebalan bagian jantung yang menyebabkan kerja jantung dalam memompa darah kurang efektif (hypertrophic cardiomyopathy)
  6. simtom – simtom pendarahan otak seperti sakit kepala, mati rasa sebelah, muntah, dan kejang
  7. tekanan darah rendah
  8. gangguan penyerapan nutrisi oleh tubuh (malabsorption)
  9. tekanan tinggi pada tengkorak kepala
  10. pasien lanjut usia karena akan meningkatkan resiko pusing yang berakibat jatuh

Kategori Keamanan Ibu Hamil dan Menyusui

Kandungan Isoket Spray masuk dalam kategori C, yaitu penelitian pada binatang percobaan menunjukkan adanya dampak pada janin namun belum ada eksperimen terkontrol pada Ibu hamil. Penelitian juga belum menunjukkan apakah obat ini terserap ke dalam ASI. Obat ini hanya diberikan pada ibu hamil dan menyusui jika manfaatnya diketahui lebih besar daripada resiko yang mungkin terjadi

Interaksi Obat

  • Obat penurun tekanan darah – obat-obatan jenis ini memperkuat intensitas fungsi Isoket Spray untuk merilekskan otot jantung dan memperlebar pembuluh darah.
  • Sildenafil (viagra), tadalafil, vardenafil,adalah jenis-jenis obat yang berfungsi menghambat satu atau lebih dari lima enzim phosphodiesterase (PHE). Penggunaan Isoket Spray bersamaan dengan obat-obatan jenis ini dapat berakibat fatal pada pasien.
  • Dihydroergotamine, obat- obatan yang digunakan sebagai cara mengatasi migrain.