Isofem – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

80

Masa menopause membawa perubahan fisik dan psikologis pada wanita. Pada kondisi tertentu, wanita memerlukan suplemen nutrisi untuk melewati perubahan yang terjadi. Isofem merupakan suplemen kalsium dan multivitamin untuk meredakan gejala-gejala menopause dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Komposisi

Dalam satu kaplet isofem mengandung komposisi :

  • isoflavone                   50 mg
  • vitamin C                   100 mg
  • vitamin D                   400 IU
  • natural vitamin E        10 mg
  • kalsium (sitrat)           200 mg
  • zinc                           15 mg

Mekanisme Kerja Obat

Kandungan zat aktif dalam isofem memiliki manfaat bagi tubuh untuk mengatasi simtom-simtom yang muncul di seputar masa menopause.

isoflavone

Senyawa alami yang terdapat pada kedelai, isoflavone merupakan senyawa estrogonik yaitu bersifat dan bekerja seperti estrogen. Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi isoflavon dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Suplemen yang mengandung isoflavon terbukti efektif utuk mengurangi gejala hot flashes pada wanita menopause.

vitamin C

vitamin c berperan dalam membantu proses regenerasi jaringan tubuh. Selama masa menopause dimana perubahan fisik banyak terjadi tentunya tubuh sangat memerlukan peranan vitamin c lebih banyak dari biasanya. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen, nantinya kolagen akan dibutuhkan pada pembentukan jaringan ikat. Dengan terbentuknya jaringan ikat yang stabil, persendian otot akan lebih kuat, hal ini tentunya akan membantu mengatasi nyeri sendi yang dialami wanita menopause.

vitamin D

vitamin D membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang juga terdapat pada isofem. Kalsium yang terserap sempurna sangat baik bagi kondisi tulang dan membantu wanita terhindar dari osteoporosis.

natural vitamin E

ketidakseimbangan hormon sebelum atau selama masa menopause dapat menyebabkan stress oksidasi. Stres oksidasi dapat terjadi disebabkan karena menurunnya kadar antioksidan dalam tubuh. Vitamin E dengan antioksidan alaminya mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Calcium (citrate)

jenis calsium yang bersifat asam, sehingga tidak mememerlukan asam lambung untuk dapat diserap tubuh. Calsium citrate vitamin D3 berfungsi mencegah kerapuhan tulang dan gigi.

Zinc

zinc adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil. Zinc bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dosis dan Cara Penggunaan

Isofem bisa diminum 1-2 kaplet sehari dan dapat konsumsi bersamaan dengan makanan. Untuk penyimpanan, isofem harus disimpan pada suhu di bawah 30° C dan tidak terkena panas langsung.

Kontraindikasi

Pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan isofem tidak disarankan mengonsumsi obat ini.

Kategori Keamanan Ibu Hamil dan Menyusui

Isofem mengandung vitamin D dan E yang berfungsi untuk regenerasi sel. Fungsi ini dapat menyebabkan kelebihan organ pada janin jika dikonsumsi ibu hamil, oleh karena itu Isofem tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil.

Kandungan isoflavon pada isofem dikahawatirkan dapat mengganggu sistem hormon bayi, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumssi ibu menyusui.

Interaksi Obat

Sebelum mengonsumsi isofem pasien perlu memperhatikan interaksi antara komposisi isofem dengan obat-obatan lain yang digunakan pada terapi penyakit tertentu.

Vitamin E

Vitamin E dapat menurunkan efektivitas obat-obatan tertentu seperti obat-obat yang dimetabolisme di hati . Selain itu , vitamin E juga tidak disarankan digunakan bersamaan dengan kemoterapi dikarenakan sifat antioksidan vitamin E dikhawatirkan dapat menurunkan keefektifan kemoterapi.

Vitamin D

Vitamin D tidak disarankan untuk diminum bersamaan dengan obat penurun kolesterol jenis Lipitor.

Kalsium

Kalsium dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap obat-obatan jenis tertentu termasuk obat pencegah osteoporosis. Obat-obatan yang berinteraksi dengan kalssium diantaranya adalah bifosfonat, antibiotik tetrasiklin, golongan quinolone serta levothyroxine yang digunakan untuk hipotiroid.