Ipibiofen – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

83

Ipibiofen merupakan merek obat yang termasuk golongan antibiotic yang diperuntukan dalam menangani beberapa penyakit karena infeksi bakteri. Umumnya, salah satu penyakit yang disebabkan karena bakteri ini adalah penyakit tifus. Bakteri-bakteri ini menyebabkan infeksi sehingga orang mudah terkena penyakit seperti tifus, influenza, hingga gonore.

Obat merek  ipibiofen ini merupakan obat resep dokter yang diberikan pada pasien dengan keluhan penyakit karena bakteri. Jadi, Anda tidak bisa mengkonsumsinya tanpa resep dokter. Obat Ipibiofen ini diproduksi dalam bentuk kapsul dan sirop kering. Obat ini juga diproduksi oleh pabrik farmasi Ipi.

Kandungan Ipibiofen

Obat merek ipibiofen ini tentunya memiliki komposisi zat aktif khusus yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab infeksi. Zat aktif ini disebut Thiamphenicol, yang memiliki spectrum luas dengan aktifitas yang mirip seperti chloramphenicol. Golongan antibiotic ini dapat bekerja dengan cara membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada penyakit tertentu. Selain membunuh bakteri tersebut, Ipibiofen ini dapat meredakan infeksi bakteri.

Fungsi Ipibiofen

Merek obat ipibiofen ini memiliki fungsi utama untuk meredakan infeksi bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit seperti tifus. Dilansir dari farmasi.id, obat ini dapat digunakan sesuai resep dokter untuk beberapa keluhan penyakit seperti demam saat tifus dan penyebab tifus , infeksi karena bakteri salmonella, influenza, psitakosis limfogranuloma, dan rickettsia. Selain itu, bakteri yang beredar dalam darah, penyakit meningitis hingga infeksi saluran kemih dan kelamin.

Cara Penggunaan Ipibiofen

  1. Satu hal yang harus digaris bawahi dan diingat oleh pasien, sebelum mengkonsumsi obat merek ipibiofen ini adalah harus dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong.
  2. Lebih tepatnya, obat berbentuk kapsul ini dapat dikonsumsi saat 2 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.
  3. Agar mendapatkan manfaat obat ipibiofen yang maksimal, sebaiknya ikuti anjuran minum obat tersebut.
  4. Pasien yang khawatir akan bahaya tipes wanita , namun sudah mengkonsumsi obat ipibiofen lalu kemudian lupa untuk mengkonsumsinya, maka disarankan untuk segera meminumnya saat ingat

Dosis Ipibiofen

Setiap kali meminum obat saat sakit, sebaiknya kita harus memperhatikan dosis yang tepat terkait dengan obat tersebut. Begitu juga dengan obat kapsul merek ipibiofen ini, yang harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Adapun dosis yang tepat untuk mengkonsumsi ipibiofen untuk dewasa dan anak-anak adalah sebanyak 50 mg/kg berat badan per hari, dengan dibagi dalam 3 hingga 4 kali pemberian. Selain itu, pastikan diberikan pada pasien meningitis serta keluhan infeksi bakteri lainya, dalam kondisi perut yang kosong.

Kontraindikasi Ipibiofen

Mengkonsumsi obat dengan merek ipibiofen ini, dapat menimbulkan reaksi kontraindikasi tertentu, jika pasien :

  • Menggunakan ipibiofen secara bersamaan dengan obat chloramphenicol, untuk bantu menyembuhkan penyebab radang selaput otak , sehingga menyebabkan kedua obat ini tidak dapat bekerja secara maksimal dalam tubuh
  • Penggunaan bersamaan dengan obat dimetabolisme serta enzim mikrosom hati seperti phenobarbital dan phenytoin juga harus berhati-hati agar tidak menimbulkan reaksi kontraindikasi tertentu
  • Pasien yang mengkonsumsi merek obat dengan kandungan Thiamphenicol dalam penggunaan jangka panjang karena kondisi tertentu, sebaiknya menjalani tes darah secara berkala, untuk terus memantau kesehatan dan keefektifan antibiotic pada tubuhnya

Ipibiofen Untuk Wanita Hamil

Merek obat ipibiofen dengan kandungan Thiamphenicol, ini aman dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa dengan dosis tertentu misalnya pada gejala meningitis awal. Obat yang termasuk antibiotic ini mungkin bisa juga dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, asalkan berdasarkan petunjuk dokter. Mengkonsumsi ipibiofen atas anjuran dokter akan lebih baik dan mendatangkan manfaat kesembuhan yang lebih cepat.