Gotropil – Obat Apa – Fungsi – Dosis dan Efek Samping

127

Gotropil merupakan merek obat dalam kategori obat keras, yang juga termasuk obat neutropik atau neutronik untuk mengatasi keluhan saraf dan jenis jenis penyakit syaraf yang dialami sebagian pasien. Obat dengan bentuk kaplet yang mudah dikonsumsi ini, dapat menjadi reseptor di area otak untuk fungsi kognitif, sehingga dapat mengurangi keluhan penyakit karena saraf seperti pikun, gemetar tiba-tiba, gejala paska trauma hingga cegukan. Obat Kaplet Gotropil ini diproduksi oleh pabrik farmasi PT. Guardian Pharmatama di area Jakarta.

Kandungan Gotropil

Sebagai obat resep dokter untuk membantu mengatasi keluhan penyakit saraf serta jenis kelainan saraf Gotropil ini memiliki kandungan zat khusus yang disebut Piracetam. Zat ini termasuk jenis obat nootropik yang memiliki kinerja untuk menimbulkan rangsangan pada otak tanpa rasa kantuk. Zat ini juga bekerja untuk mempengaruhi otak serta system saraf yang umumnya terlindungi oleh korteks serebri agar tetap mendapatkan oksigen dengan baik dan tidak kekurangan oksigen.

Fungsi Gotropil

Obat Gotropil sebagai resep dokter yang wajib dikonsumsi oleh pasien dengan keluhan penyakit saraf ini, memiliki fungsi utama sebagai obat yang membantu memperbaiki fungsi kognitif pada pasien keluhan demensia, seperti terapi demensia serta membantu memperbaiki kemampuan motorik pada pasien mioklonus kortikal. Adapun manfaat Gotropil lainya seperti:

  1. Gejala psikoorganik
  2. Kepikunan (pada pasien lansia)
  3. Gangguan beradaptasi
  4. Keluhan kehilangan kekuatan energy
  5. Keluhan paska trauma
  6. Keluhan alkoholisme kronik serta kecanduan

Dosis Gotropil

Obat Gotropil ini sebaiknya dikonsumsi oleh pasien sesuai dengan dosis yang berlaku. Pasien yang umumnya sudah memasuki masa lansia, dan sudah mengetahui penyebab demensia sebaiknya mengkonsumsi obat ini sesuai dosis yang tepat. Adapun dosis Gotropil yang tepat sebagai berikut:

  • Untuk Dosis Awal

Berikan dosis sebanyak 2.4 gram dalam sehari selama 6 minggu dengan dosis yang terbagi 3 kali

  • Untuk Dosis Pemeliharaan

Berikan dosis sebanyak 1.2 gram sehari dengan dosis yang dibagi dalam 3 bagian.

  • Untuk Paska Trauma

Berikan dosis awal sebanyak 3 kali 800 mg sehari, kemudian dosisnya dikurangi menjadi 3 kali 400 mg. Jika ingin diberikan secara injeksi berikan IV/IM 1 gram 3 kali sehari.

Efek Samping Gotropil

Pada umumnya, obat resep dokter untuk mengatasi cara menghilangkan trauma masa lalu serta keluhan saraf seperti Gotropil memang memiliki efek samping tertentu jika dikonsumsi oleh pasienya. Efek samping yang akan dialami setiap orang akan berbeda-beda. Berikut ini efek samping yang dapat timbul secara umum:

  1. Depresi
  2. Gelisah
  3. Diare
  4. Kulit ruam
  5. Kepala pusing
  6. Berat badan bertambah

Kontraindikasi Gotropil

Selain menimbulkan efek samping tertentu, obat ini bisa dimanfaatkan  sebagai cara menghilangkan trauma kecelakaan dan dapat menimbulkan reaksi kontraindikasi pada pasien yang mengkonsumsinya. Beberapa reaksi kontraindikasi yang bisa terjadi seperti:

  • Pasien mengalami gangguan hati serta ginjal yang cukup berat
  • Pasien mengalami pendarahan otak
  • Pada pasien wanita hamil dan menyusui kontraindikasi akan sangat terasa, sebaiknya dihindari

Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat merek Gotropil, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Obat ini sebaiknya diminum sebelum makan dan dikonsumsi setiap hari dan diusahakan dalam rentang waktu yang sama setiap harinya
  • Jika Anda mengalami dosis terlewat, jangan mengkonsumsi obat ini secara ganda, namun segera minum saja saat teringat belum mengkonsumsi obat tersebut

Gotropil Untuk Wanita Hamil

Wanita yang sedang mengandung janin dan dalam masa kehamilan, sangat rentan untuk mengkonsumsi jenis obat keras. Pasalnya, dikhawatirkan obat keras ini akan merusak perkembangan janin bayi dalam kandungan. Jika memang mengalami beberapa keluhan penyakit syaraf, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan doctor terkait agar diberikan obat lain sebalin Gotropil.