Echinox – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Echinox merupakan vitamin dan mineral dalam bentuk obat tablet dan obat syrup yang mengandung bahan alami. Vitamin Echinox ini dikonsumsi untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat berperan sebagai antioksidan untuk tubuh kita. vitamin dan mineral ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa sesuai dengan dosis yang tertera. Echinox termasuk kategori obat bebas yang diproduksi oleh pabrik Armoxindo Farma.

Kandungan Echinox

Sebagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Echinox memiliki kandungan beberapa bahan alami yang berfungsi dalam tubuh, seperti fungsi mineral makro  dalam tubuh. Kandungan echinox terdiri dari  Echinacea 250 mg, Vit E 10 mg, Vit C 100 mg, Zn picolinate 5 mg serta selenium 10 mcg. Kandungan alami  tersebut merupakan kumpulan vitamin serta mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh kita, agar lebih sehat.

Fungsi Echinox

Vitamin dan mineral Echinox yang tersedia dalam bentuk syrup maupun kaplet memiliki fungsi utama untuk antioksidan tubuh terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tentang macam macam mineral dan fungsinya bagi tubuh dan kesehatan tubuh. Mineral echinox mampu memperbaiki sistem imun tubuh untuk menangkal serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Dosis Echinox

Seperti hal nya obat atau suplemen lainya yang memiliki dosis tertentu, Echinox juga harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang berlaku, agar mendapatkan manfaat maksimal bagi tubuh. Vitamin dan mineral Echinox sebaiknya dikonsumsi setelah makan untuk menghindari akibat kekurangan mineral  bagi tubuh. Adapun dosis Echinox yang tepat sebagai berikut :

  • Echinox Sirup Untuk Dewasa dan anak-anak

Berikan sebanyak 1 kaplet per 1 kali per hari untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak berikan dosis ½ kaplet 1 kali per hari.

  • Echinox Syrup  Untuk Dewasa dan Anak-anak

Untuk jenis syrup, berikan 1 sendok teh ( 5 ml) 1 kali sehari, sementara anak-anak berikan dosis ½ sendok teh (2.5 ml) sebanyak 1 kali sehari.

Efek Samping Echinox

Konsumsi vitamin dan mineral echinox secara berlebihan atau tidak sesuai dengan dosis yang berlaku, dapat menimbulkan efek samping. Namun, kandungan bahan alami dalam echinox tidak berbahaya. Adapun akibat kekurangan dan kelebihan mineral berupa reaksi efek samping yang umumnya dialami sebagian orang seperti reaksi alergi.

Kontraindikasi Echinox

Obat vitamin dan mineral echinox dapat menimbulkan kontraindikasi bagi pasien yang mengkonsumsinya, terlebih pasien yang memiliki riwayat penyakit sebagai berikut :

  • Penyakit kolagen
  • Leukosis
  • AIDS
  • Sklerosis

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh pasien seperti  mengetahui fungsi vitamin, sebelum mengkonsumsi Echinox ini, diantaranya:

  • Jika echinox bentuk syrup maupun kaplet diberikan pada pasien anak-anak, sebaiknya pemakaian tidak melebihi 8 minggu
  • Jika setelah mengkonsumsi vitamin dan mineral echinox, Anda mengalami gejala alergi yang cukup mengganggu, sebaiknya segera hubungi dokter
  • Sebaiknya, echinox (kaplet dan syrup) diminum setelah makan

Echinox Untuk Wanita Hamil

Meskipun echinox merupakan vitamin dan mineral yang kandunganya alami, namun dapat menimbulkan kontraindikasi seperti  bahaya kelebihan vitamin c pada penderita leukosis dan AIDS. Diketahui, kontraindikasi juga dapat muncul pada kondisi wanita yang sedang hamil. Jika ingin mengkonsumsi echinox bagi ibu hamil, sebaiknya atas persetujuan dokter.