Home MakananMakanan Sehat Ulas Lengkap, Ini Manfaat Kuning Telur yang Perlu Kamu Ketahui !

Ulas Lengkap, Ini Manfaat Kuning Telur yang Perlu Kamu Ketahui !

by Lia Yuliana

Telur adalah salah satu bahan makanan yang pasti ada di dapur atau kulkas kita. Selain untuk lauk makan, telur juga bisa digunakan untuk membuat kue atau penggunaan dengan tujuan lain. Tapi siapa sangka putih telur dan kuning telur mempunyai manfaat dan kandungan yang berbeda, walaupun secara keseluruhan telur disebut sebagai sumber utama protein alami. Mau tau apa saja manfaat pada bagian – bagian telur tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat kuning telur

1. Vitamin berlimpah

Kandungan vitamin pada masing – masing bagian telur pastilah berbeda. Salah satu kandungan penting pada kuning telur adalah vitamin D. Dikatakan penting karena makanan yang mengandung vitamin D alami tidaklah banyak. Salah satu sumber vitamin D yang mudah ditemukan adalah kuning telur. Selain vitamin D, pada kuning telur terkandung 6 jenis vitamin lain, yaitu vitamin A, E, K, serta beberapa jenis vitamin B mulai B6 (pyridoxine), B9 (folat) dan B12 (kobalamin). Vitamin – vitamin tersebut hanya ada pada bagian kuning telur dan tidak di bagian putihnya.

2. Kaya akan mineral

Beberapa fungsi mineral dalam tubuh adalah untuk  mengaktifkan enzim, mencegah terjadinya gangguan otot dan membangun pertahanan nutrisi dengan menyeimbangkan elektrolit. Pada kuning dan putih telur terdapat masing – masing 13 jenis mineral, antara lain Ca (Kalsium), Mg (Magnesium), Fe (zat besi), K (Kalium), Na (Natrium) dan Se (Selenium). Yang berbeda adalah kadar mineral dalam bagian telur tersebut. Kuning telur memiliki kandungan mineral lebih banyak dibanding putih telur. Misalnya pada kuning telur terdapat kalsium sebanyak 90 % dari total kalsium pada telur dan zat besi sebanyak 93 % dari totalnya pada telur.

3. Baik untuk kesehatan mata

Mata adalah bagian penting pada tubuh. Kesehatan mata pun wajib dijaga. Warna kuning pada kuning telur menunjukkan adanya kandungan pigmen warna yaitu karotenoid. Salah satu manfaat adanya karotenoid adalah meningkatkan kesehatan mata. Dalam hal ini yang paling berperan adalah karotenoid lutein dan zeaxanthin. Pigmen ini juga dapat menurunkan resiko yang berhungan dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Dengan adanya karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan, maka mata akan terlindung dari radikal bebas yang dapat merusak bagian penting mata yaitu retina. Rusaknya retina dapat mengganggu kemampuan mata untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya adalah penglihatan akan terganggu.

4. Baik untuk jantung

Kuning telur mempunyai kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan saluran kardiovaskular. Kandungan utama yang membantu mengatur fungsi kardiovaskular dan detak jantung adalah zat gizi bernama kolin. Selain itu, kolin juga bermanfaat untuk mengatur kerja sel syaraf, mengangkut kolesterol dari hati, proses sintesis DNA. Sebuah penelitian yang dilaksanakan di University of North Carolina di Chapel Hill mendapatkan hasil bahwa wanita dengan asupan kolin yang lebih tinggi 24 % dibandingkan dengan wanita lain memiliki resiko yang lebih kecil terserang penyakit kanker payudara.

Itulah beberapa perbedaan manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi bagian putih atau kuning telur. Tetapi sebanyak apapun manfaat yang bisa didapat pasti akan tidak maksimal jika mengkonsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan. Batas kosumsi telur pun tidak sama tiap orangnya. Tergantung pada jenis kelamin, usia dan juga berat tidaknya kegiatan yang dikerjakan tiap harinya. Selamat menjaga kesehatan dengan barang-barang yang mudah ditemukan ya, jangan sampai salah mengembil langkah dalam memilih makanan sehat.

You may also like