17 Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Darah Tinggi Wajib Konsumsi

3300

Penyakit diabetes dan darah tinggi adalah penyakit yang dapat menyerang usia muda, Dewasa bahkan orang tua cenderung berkaitan dengan  kondisi medis yang muncul akibat kebiasaan dan pola makan yang tidak sehat .

Hubungan diabetes dan darah tinggi

Inilah Alasan secara ilmiah mengapa pola makan tidak sehat selain bisa meningkatkan kadar gula ternyata memicu naiknya tekanan darah.

  • Kadar gula naik  maka tekanan darah naik – Ketika kadar gula dalam darah meningkat maka tekanan darah juga akan naik, Karena gula yang berlebih dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dimana hal tersebut berkaitan dengan tekanan darah. Semakin sempit pembuliuh darah maka aliran darah menjadi tidak ancar, Kondisi inilah yang menumbulkan tekanan darah menjadi naik, Jika  berlangsung terus menerus maka akan menyebabkan penyakit darah tinggi.
  • Penumpukan gula mengganggu pembuluh darah – Naiknya kadar gula dalam darah yang telah berlangsung lama rentan menyebabkan penumpukan gula berlebih yang dapat  melemahnya dinding pembuluh darah akibat tersumbat sehingga penyumbatan tersebut menyebabkan tekanan darah ikut melonjak.
  • Intensitas insulin yang tidak stabil –  Intensitas insulin tidak stabil dalam tubuh cenderung mempengaruhi tekanan darah karena darah yang telah mengandung zat gula terlalu banyak dapat mempersulit aliran darah untuk tetap bisa lancar  menyebar secara normal keseluruh tubuh, Akibatnya tekanan darah mudah naik, Hal ini sebagai respon alami tubuh bahwa penyempitan pembuluh darah terjadi akibat penumpukan gula dalam darah yang berlebihan.
  • Memiliki pemicu yang sama – Penyakit diabetes dan darah tinggi mempunyai penyebab yang sama misalnya akibat obesitas, Gemar makan makana  fasfood, Junkfood atau siap saji dalam jangka panjang atau akibat mengkonsumsi makanan tinggi lemak, Gula dan garam.

Rekomendasi Makanan

Tips memilih makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi yang direkomendasikan ahli gizi.

1.Makanan kaya serat

Makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi yang wajib dikonsumsi adalah makanan kaya serat yang dapat melindungi pencernaan sehingga kadar gula dan tekanan darah tetap dalam kondisi yang stabil, Misalnya oats atau gandum utuh (whole grains)

2. Makanan kaya kalium

Makanan yang kaya akan zat potassium atau kalium merupakan makanan yang direkomendasikan banyak ahli gizi karena  dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaga tekanan darah tetap pada kondisi terbaiknya, Misalnya pisang, jambu biji, Kiwi , Melon, Jeruk dan lain lain.

3. Makanan rendah lemak

makanan yang rendah lemak misalnya yogurt atau susu rendah kalori/ lemak merupakan  makanan  untuk penderita diabetes dan darah tinggi yang baik dikonsumsi setiap hari agar tubuh terhindar dari lonjakan kadar gula dalam darah  yang memicu tekanan darah semakin tinggi.

4. Kaya asam lemak omega 3

Makanan yang masuk sebagai makana super food adalah makanan yang kaya akan lemak omega 3 karena memilki keistimewaan dalam hal menurunkan kadar gula , Kadar lemak jenuh dabn kolesterol dalam darah sehingga tubuh terhindar dari tekanan darh tinggi yang memicu munculnya penyakit darah tinggi, Misalnya Telur ayam / bebek, Sarden, dan lain lain

5. Sayuran

Semua jenis sayuran tetapi tidak mengandung gas dan alkohol merupakan rekomendasi terbaik makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi karena sayuran mengandung banyak nutrisi penting yang efektif menurunkan kadar gula dalm darh dan menjaga agar tekanan darah selalu dalam keadaan normal, Misalnya brokoli, Selada, Seledri, seledri, kangkung,  Terung, Buncis, Bayam dan lain lain.

6. Buah buahan

buah buahn yang tidak mengandung gas dan alkohol juga masuk sebagai rekomendasi terbaik para ahli gizi sebagai makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi, Misalnya belimbung, Melon, Jeruk, Pisang, Alpukat, Apel, kiwi dan lain lain

7. Jus kombinasi

Memanfaatkan gabungan antar buah dan sayuran yang dijadikan jus sehat harian dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan darah tinggi pada usia muda dan dewasa, Mislnya bayam, Tomat dan wortel atau buah naga dengan brokoli kukus. Jus kombinasi ini cocok untuk dijadikan makanan ubtuk penderita diabetes dan darah tinggi karena mengandung vitamin, Mineral dan kaya serat.

8. Jenis kacang kacangan

Memilih makanan dari jenis kacang kacangan adalah pilihan terbaik karena kacang kacangan rendah kalori, Kaya serat dan mineral sehingga cocok dijadikan makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi, Misalnya kacang kedelai, kacang polong, Kacang almond, Kacang ijo , Kacang paprika daan lain lain.

9. Jenis biji bijian

Salah satu makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi yang kaya nutisi tinggi yang dibutuhkan kesehatan tubuh adalah makanan dari  jenis biji bijian, Misalnya biji bunga matahari, Biji buah semangka, Falx seed yang kaya akan omega 3 dan serat atau chia seed yang kaya akan mineral zat besim Kalsium dan omega 3.

10.Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang mengandung zat anti inflamasi tinggi dan bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat menetralkan kadar gula dalam darah agar tertap stabil dan tekanan darah mudah diturunkan. Bawang putih wajib diterapkan pada setiap menu masakan setiap hari tetapi hindari bawang putih mentah karena bahaya bawang putih mentah adalah dapat mengganggu lambung.

11.Karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks meruokan makanan untuk penderita diabetes da darah tinghi yang disarnkaan ahli gizi karena mampu menekan lapar sehingga melindungi lambung dari rasa lapar dalam waktu yang cukup lama tanpa mengusik asam lambung. Pencernaan yang sehat dapat menstabilkan kondisi tekanan darah dan kadaar gula dalaam darah.

12.Jenis daging

Daging tanpa kulit atau lemak dapaat dipilih menjadi makan sehat untuk penderita diabetes dan darag tinggi karena aman dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula. Jenis daging yang disarankan adalah daging sapi tanpa lemak, Ayam tanpa kulit, Daging angsa, Itik, Burung , Rusa , Kelinci dan lain lain.

13. Jenis ikan

Ikan  merupakan sumber protein tinggi, Memiliki kandungan omega 3  dan tidak mengandung kolesterol jahat sehingga aman dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi yang menginginkan asupan protein tetap memdai didaalm tubuh agar kesehatan jaringan lunak tetap sehat, Termasuk otot, Saraf dan pembuluh darah yang berkaitan dengan tekanan darah.

14.Hindari makanan mengandung zat purin

Hindari makanan yang mengandung zat purin tinggi hasil dari laut yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka  berbahaya bagi kesehatan tubuh, Termasuk memicu munculnya gangguan kardiovaskular.

Makanan yang mengandung logan dapat meningkatkan asam urat, Mengaggalkan perpecahan lemak dan memperlambat gula untuk diolah tubuh menjadi energi serta memicu peningkatan tekanan darah, Misalnya kepiting, Udang lobster, Tiram, Kerang, Teripang  dan lain lain.

15.Hindari makanan berkolesterol

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi cenderung memiliki citarasa yang gurih dan nikmat tetapi rendah gizi, Tinggi lemak, Tinggi kolesterol dan kandungan garam yang cukup bisa menyumbat pembuluh darah dan mempercepat lonjakan kadar gula dalam darah. Kolesterol yang menumpuk di tubuh dapat menahan gula dala darah sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan pada pembuluh darah, P.

16.Hindari mie instan

Mie instan adalah bukan termasuk makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi, Karena mie instan mengandung garam yang tinggi. Lemak dan bahan pengawet yang dapat mencederai dinding lambung dan mempersempit pembuluh darah. Mie instan adalah jenis makana yang sulit dicerna oleh pencernaan sehingga tidak baik untuk penderita penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.  Salah satu bahaya makanan instan  bagi kesehatan tubuh adalah mudahnya kadar gula dalam darah meningkat.

17.Hindari makanan diawetkan

Makanan yang diawetkan adalah makanan yang tidak masuk sebagai makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi karena mengandung zat garam, Gula dan bahan pengawet yang dapat mencederai arteri di pembuluh darah sehingga memicu munculnya gejala penyakit hipertensi dan peningkatan kadar gula yang signifikan.