7 Bahaya Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Bahaya sayur kangkung merupakan dampak buruk yang tidak mungkin terjadi selama kita mengetahui bagaimana cara mengolah daun kangkung dengan benar. Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran favorit yang disukai oleh masyarakat karena memiliki citarasa yang nikmat, Mudah ditemukan dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Kandungan nutrisi pada sayur kangkung

• Kalium 312mg
• Natrium 113 mg
• Karbohidrat 3,1 gr
• Vitamin A 6.300 IU
• Vitamin C 56 mg
• Vitamin B6 0,1 mg
• Magnesium 71 mg
• Zat besi 1,7 mg
• Kalsium 77 mg
• Serat pangan 2,1 g
• Kalori (Kcal)18g
• Lemak tak jenuh 0,29 g

Apa yang menyebakan sayur kangkung berubah menjadi berbahaya untuk dikonsumsi?

Penyebab yang perlu anda ketahui

1. Diare
Membiasakan diri untuk mencuci sayuran dengan air mengalir dan berulang ulang agar terhindar dari bahaya sayur kangkung yang disebabkan oleh bakteri, Telur cacing atau mikrioorganisme lain yang masih melekat pada adun dan batang ketika dimasak. Ada beberapa jenis mikroorganisme yang tetap bisa bertahan hidup pada temperatur suhu panas selama 1oo derajat celsius dalam waktu 20 menit. Hendaknya masaklah kangkung hingga lebih dari 20 menit agar seseorang yang mengkonsumsi tidak terserang sakit perut. Adanya bakteri, Telur cacing atau mikkroorganisme lain dapat berkembang biak dan merusak jaringan usus dan lambung yang akhirnya menjadi penyebab diare berkepanjangan.

2. Kolesterol meningkat
Apabila sayur kankung awalnya diolah dengan menggunakan minyak jelantah atau minyak bekas yang telah dipakai berulang kali untuk menggoreng bahan lain maka bahaya sayur kangkung dapat menjadi dua kali lipat , Karena telah tercemar dengan lemak trans yang dapat melukai dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan arteri yang ujung ujungnya memicu munculnya peningkatan kolesterol yang jika dalam jangka panajang mampu menimbulkan resiko serangan stroke.

3. Penggunaan Vetsin
Ketika memasak sayur kangkung sebaiknya gunakan Vetsin atau penyedap rasa lain dengan kadar yang tidak berlebihan. Penggunaan penyedap rasa yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kualitas nutrisi kangkung menjadi berkurang sehingga rentan menyebabkan munculnya bahaya sayur kangkung berupa munculnya sakit kepala, Kejang kejang dan penurunan kesadaran. (Baca juga: Bahaya vetsin)


4. Peningkatan asam urat
Mengkonsumsi sayur kangkung secara berlebihan pada seseorang yang memiliki riwayat penyakit asam urat maka akan lebih cepat mengalami peningkatan asam urat 5 kali lipat dibandingkan orang orang yang belum memiliki penyakit tersebut. Daun kangkung memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi sehingga rentan menyebabkan penumpukan asam urat di area atau sela sela sendi. Namun bagi yang belum terkena asam urat lebih bijak jika mengkonsumsi kangkung seperlunya saja agar terhindar dari bahaya sayur kangkung berupa peningkatan asam urat yang dapat menyebabkan nyeri pada persendian dan muncul pembengkakan. (Baca juga : Pengobatan asam urat)

5. Mudah mengantuk
Mengkonsumsi sayur kangkung secara berlebihan juga bisa memicu rasa kantuk dan berkurangnya konsentrasi .Kondisi tersebut disebabkan karena bahaya sayur kangkung terletak pada kandungan zat kaliumnya yang tinggi sehingga dapat mengendalikan kinerja saraf saraf bagian keplaa menjadi lebih rileks dan santai .Inilah yang menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah menguap dan mengantuk. Keadaan ini tidak baik bagi orang orang yang sedang berinteraksi dengan kerja rutin atau aktivitas kerja sehari hari.


6. Menimbulkan alergi
Pada sebagian orang sayur kangkung dapat menyebabkan munculnya alergi berupa ruam ruam kemerahan dan gatal gatal. Kondisi alergi hanya akan terjadi pada orang orang yang memiliki sensitifitas terhadap zat natrium atau kalium. (Baca juga : Obat alergi makanan)

7. Keracunan
Tanaman kangkung mempunyai dua jenis yaitu kangkung darat dan air. Jika anda menyukai kangkung air berhati hatilah karena berpotensi mengandung bahan kimia logam hasil dari limbah rumah tangga atau industri yang biasanya terdapat pada tanah berair, Sungai atau kali , tanah lembab berlumpur dan pada bebatuan dimana kangkung air biasa tumbuh. jika terserap oleh tanaman kangkung maka besar kemungkinan bahaya sayur kangkung diakibatkan karena kangkung telah terkontiminasi logam logam berbahaya jenis mercury (Hg), Arsen (As), Tembaga (Cu), Seng (Zn) dan nikel (Ni). Sisa limbah tersebut berpotensi menyebabkan keracunan jika masuk dalam aliran darah dan organ tubuh lain dengan kadar yang tinggi. Keracunan dapat diawali dengan mual , Muntah, Kepala pusing dan sakit perut.
(Baca juga : Cara mengatasi keracunan makanan)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, November 2016 / 09:13 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya