4 Cara Menetralisir Racun Gadung Paling Ampuh

Gadung atau biasa dikenal dengan umbi Gadung merupakan salah satu bahan makanan yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Terlebih umbi Gadung merupakan salah satu makanan yang telah dikonsumsi oleh bangsa Indonesia ketika Bangsa Indonesia mengalami zaman yang susah atau Ketika bangsa Indonesia dijajah oleh pemerintahan kolonial Belanda. Bangsa Indonesia mengkonsumsi umbi Gadung karena pada zaman tersebut sulit untuk mendapatkan beras ataupun nasi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi umbi Gadung diantaranya dengan direbus atau dengan dibuat keripik. Biasanya seseorang yang mengkonsumsi umbi Gadung akan mengeluhkan tentang racun yang terdapat di dalam umbi Gadung ini. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung. adapun cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan racun yang terdapat di dalam umbi jantung adalah sebagai berikut.

Cara menetralisir racun Gadung

1. Lumuri dengan Abu kayu

Cara yang pertama untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung adalah mengupas kulit umbi Gadung lalu cuci hingga bersih. Setelah mengupas kulit tahu digabung dan dicuci hingga benar-benar bersih langkah selanjutnya adalah mengiris tipis-tipis umbi Gadung tersebut untuk menghilangkan kandungan racun yang terdapat di dalam umbi Gadung. Selain diiris tipis-tipis langkah selanjutnya adalah melumuri dengan alur kayu supaya kandungan racun yang terdapat di dalam umbi Gadung hilang. Jemurlah irisan tipis tipis dari umbi Gadung yang telah dilumuri dengan Abu kayu di bawah terik matahari. Setelah umbi Gadung cukup kering Angkatlah irisan dari umbi Gadung tersebut Lalu cucilah dengan air sampai bersih. Air yang dianjurkan untuk mencuci umbi Gadung ini adalah air yang mengalir.

Anda dapat menjadikan umbi Gadung ini sebagai keripik ketika umbi Gadung ini sudah benar-benar kering. Untuk itu agar umbi Gadung benar-benar kering dan dapat dijadikan sebagai keripik maka setelah dicuci dengan air mengalir yang bersih langkah selanjutnya adalah menjemur umbi Gadung lagi Hingga umbi Gadung benar-benar kering. baca juga:  asam urat  –  pantangan asam urat –  makanan untuk menurunkan asam urat –  cara mengatasi asam urat

2. Dengan cara penggaraman

Selain dengan cara pelumuran abu ada pula cara menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung dengan penggaraman. Cara melakukan penetralisiran umbi Gadung dengan penggaraman adalah iris tipis-tipis umbi Gadung tersebut lalu rendamlah di air garam selama beberapa hari. Selanjutnya rendamlah ke dalam air selama 4 hari dan gantilah air tersebut ketika air telah berwarna putih. Gantilah air tersebut sehingga air rendaman dari ubi Gadung sudah tidak berwarna. Untuk mengurangi rasa asin yang terdapat di dalam umbi Gadung maka anda dapat merendam umbi Gadung ke dalam air gula. 


Setelah umbi Gadung dinetralisir dari racun-racun yang terdapat di dalam umbi Gadung Anda dapat dengan segera mengkonsumsinya. Cara mengkonsumsi umbi gadung ini dapat dijadikan sebagai keripik atau dijadikan sebagai umbi Gadung rebus.

baca juga:

3. Dengan cara perendaman sederhana

cara menetralisir racun dari umbi Gadung yang paling mudah adalah dengan cara perendaman sederhana. Adapun cara melakukan perendaman sederhana ini hal yang pertama Anda lakukan adalah mengiris tipis-tipis umbi Gadung tersebut. Setelah umbi Gadung diiris tipis-tipis langkah selanjutnya adalah meletakkan umbi Gadung yang telah diiris tipis-tipis ke dalam wadah berlubang dan ditutupi dengan lembaran kayu.

Setelah ditutupi dengan lembaran kayu lalu ubi Gadung tersebut ditandai dengan benda berat agar air Gadung dapat merembes keluar. Langkah selanjutnya adalah memindahkan serta merendam di dalam air yang mengalir selama 4 hari atau merendam di air yang mengalir sampai warna putih yang terdapat di dalam umbi Gadung hilang. Langkah terakhir dalam menghilangkan atau menetralisir racun dengan cara perendaman sederhana adalah dengan dijemur.

4. Dengan cara perabuan

Cara Pelabuhan ini paling banyak digunakan untuk menghilangkan racun yang terdapat di dalam umbi Gadung. Menetralisir racun yang terdapat di dalam umbi Gadung dengan cara perempuan sangatlah mudah yaitu hal yang pertama anda lakukan adalah mengiris tipis-tipis umbi Gadung lalu lumuri lah dengan abu dapur secara merata selanjutnya dijemur di bawah terik matahari sampai kering.

Setelah dijemur sampai kering cucilah hingga bersih dan rendamlah selama 4 hari. Selama melakukan perendaman umbi Gadung ini hal yang perlu Anda lakukan adalah mengganti air ketika air rendaman tersebut sudah berwarna putih. Gantilah air tersebut hingga air rendaman ubi Gadung sudah tidak berwarna lagi. Baca juga: makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat – makanan yang mengandung karbohidrat– makanan penyebab asam urat

Itulah empat cara untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam Gadung. Sebenarnya umbi Gadung bukanlah umbi yang beracun hanya saja umbi Gadung menjadi beracun karena daging di Bali kulitnya terkontaminasi dengan udara. Hal tersebut yang membuat umbi Gadung menjadi mudah beracun. Semoga dengan adanya artikel cara menetralisir umbi Gadung dapat membantu anda dalam menghindari racun yang terdapat di dalam umbi Gadung dan dapat menambah wawasan anda tentang cara menetralisir ubi Gadung.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya