11 Ciri Ciri Kekurangan Vitamin C Wajib Anda Tahu

Setiap vitamin mempunyai peran tersendiri dalam kesehatan tubuh, layaknya nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, ataupun protein. Salah satu vitamin yang sangat penting dan harus dicukupi kebutuhannya adalah vitamin C. Setiap orang sepertinya sudah mengetahui bagaimana pentingnya vitamin C ini. Zat yang terkenal dalam vitamin C dan ramai diperbincangkan adalah kandungan antioksidan. Antioksidan ini terkenal dengan kemampuannya melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain berperan dalam mempertahankan kulit agar awet muda, antioksidan ini sangat berperan dalam melawan pertumbuhan sel-sel kanker.

Vitamin C juga berperan dalam penurunan risiko stres yang dapat dialami oleh seseorang. Bahkan, asupan vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti asam urat, stroke, hingga jantung. Sistem kekebalan tubuh juga berkaitan erat dengan vitamin ini. Seseorang dengan asupan vitamin C yang cukup akan mempunyai kinerja fisik yang lebih baik daripada mereka yang kurang terpenuhi asupan vitamin C-nya.

Dari berbagai manfaat vitamin C itulah mengapa setiap orang harus mengusahakan asupan vitamin C dalam tubuhnya tercukupi dengan baik. Terlebih bagi mereka yang mempunyai risiko lebih tinggi mengalami kekurangan vitamin C, tentunya risiko akan penyakit akibat kekurangan vitamin C menjadi lebih besar pula. Beberapa orang yang mempunyai risiko lebih tinggi kekurangan vitamin C antara lain wanita hamil dan menyusui, perokok, dan mereka yang kurang makan buah dan sayur. Bagi mereka yang kekurangan vitamin C, ada beberapa ciri-ciri yang mungkin muncul. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kekurangan vitamin C yang patut Anda cermati:

1. Penyembuhan Luka Berlangsung Lama

Hati-hati bagi Anda yang mengalami luka luar dan ternyata penyembuhannya berlangsung lambat. Kondisi ini bisa mengindikasikan tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen di dalam kulit. Kolagen adalah jaringan ikat baru yang berfungsi dalam pengikatan luka. Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin C maka tubuhnya juga akan kekurangan kolagen. Akibat kekurangan kolagen ini adalah penyembuhan luka berlangsung secara lambat.

2. Gusi Berdarah

Ciri-ciri kekurangan vitamin C selanjutnya adalah risiko terkena permasalahan pada gusi, misalnya gusi berdarah atau gusi bengkak. Pada kasus ini, kandungan kolagen kembali memainkan peranannya. Kesehatan gusi berkaitan erat dengan kesehatan gusi. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin C akan lebih berisiko terkena penyakit gusi hingga terjadi kerusakan jaringan jaringan lunak utama. Permasalahan gusi ini jika dibiarkan lebih lama akan menimbulkan penyakit Scurvy. Itulah mengapa harus segera diberikan penanganan melalui obat gusi berdarah.

3. Mudah Memar

Memar pada bagian tubuh tertentu biasanya disebabkan adanya benturan terhadap benda keras, bisa terjatuh atau terkena pukulan. Biasanya luka memar ini dapat sembuh dengan menggunakan obat memar tradisional. Memar ini terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah kapiler. Namun, sering juga ditemukan kasus memar terjadi pada kulit walaupun tidak terkena benturan. Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya pembuluh darah kapiler akibat kekurangan vitamin C.

4. Kulit Kering

Apakah kulit Anda tergolong kulit yang kasar dan kering? Jika ya, bisa diindikasikan kulit Anda kurang kandungan kolagen. Dan sekali lagi, kolagen berkaitan dengan asupan vitamin C. Biasanya, orang yang melakukan diet ketat juga dapat mengalami masalah ini. Solusi mudah untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C akan melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan mencegah kulit menjadi mudah kering.

5. Rambut dan Kuku Kering

Ciri-ciri kekurangan vitamin C juga bisa ditandai dengan kondisi rambut dan kuku yang kering. Vitamin C akan disalurkan ke seluruh bagian tubuh untuk menjaga kesehatan setiap organ. Orang yang mengalami kuku kering menjadi indikasi dirinya sedang mengalami kekurangan vitamin C. Selain itu, rambut yang rontok atau tumbuh dengan lambat juga mengindikasikan adanya kekurangan zat besi yang berhasil diserap oleh tubuh. Kemampuan penyerapan ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan kuku adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C.

6. Mudah Mimisan

Mimisan terjadi karena ada permasalahan tertentu dalam tubuh. Mimisan sendiri berasal dari pembuluh darah kapiler di area hidung yang mengalami kerapuhan. Kerapuhan ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Tubuh dengan asupan vitamin C yang memadai akan semakin meningkatkan kekuatan pembuluh darah kapiler sehingga penyebab mimisan dapat dihindarkan.

7. Mudah Sakit

Tubuh yang mudah sakit menunjukkan sistem kekebalannya rendah. Sedangkan sistem kekebalan dalam tubuh salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Itulah mengapa orang yang mudah sakit menunjukkan ciri-ciri kekurangan vitamin C dalam tubuh orang tersebut. Orang yang ingin meningkatkan daya tahan tubuhnya biasanya akan rajin mengkonsumsi tambahan vitamin C. Tambahan asupan vitamin C ini dapat berasal dari makanan atau dari suplemen vitamin C. Namun ada juga yang lebih memilih suntik vitamin C. Cara ini tergolong aman, akan tetapi tetap harus mempertimbangkan saran dari dokter untuk menghindari berbagai efek samping suntik vitamin C.


8. Mudah Lelah

Beberapa orang seringkali mengeluhkan bahwa dirinya mudah mengalami kelelahan walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat. Kondisi seperti ini dapat mengindikasikan tubuhnya kekurangan vitamin C. Orang yang cepat lelah akibat kurang vitamin C akan mudah juga terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya yang lemah. Solusi paling baik untuk kondisi seperti ini adalah segera mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

9. Depresi

Pernahkah terbayangkan bahwa vitamin C juga berhubungan dengan kondisi psikologis seseorang? Ternyata melalui sebuah penelitian, ditemukan bahwa seseorang dengan asupan vitamin C yang memadai akan mengalami peningkatan suasana hati yang lebih baik daripada mereka yang kekurangan vitamin C. Hal ini menunjukkan bahwa asupan vitamin C sangat berperan dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik fisik maupun mental. Dan ini pun menjadi salah satu cara mencegah depresi yang disarankan.

10. Nyeri Sendi

Orang yang sedang menjalani diet ketat mempunyai risiko mengalami inflamasi artritis. Kondisi ini juga merupakan salah satu ciri-ciri kekurangan vitamin C dalam tubuh. Seseorang yang sedang menjalani diet ketat seringkali tidak memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuhnya, termasuk vitamin C. Orang-orang inilah yang mempunyai risiko lebih besar untuk mengalami berbagai macam nyeri sendi, misalnya nyeri sendi bahu. Solusinya adalah menjalani diet dengan berbagai makanan bernutrisi lengkap dan seimbang.

11. Berat Badan Bermasalah

Bagi Anda yang ingin mengatasi permasalahan berat badan, maka cobalah untuk mengatur asupan vitamin C dalam tubuh. Peningkatan lemak dalam tubuh ternyata dipengaruhi oleh tingkat kecukupan vitamin C. Kadar vitamin C yang terlalu rendah dalam tubuh menyebabkan terjadinya peningkatan lemak. Kadar vitamin C dalam tubuh juga ikut mengontrol penggunaan lemak sebagai sumber bahan bakar. Jadi bagi Anda yang ingin mengatur berat badan, mulailah dengan mengatur asupan nutrisi dalam tubuh termasuk vitamin C.

Itulah beberapa ciri-ciri kekurangan vitamin C dalam tubuh yang patut untuk diwaspadai. Jika Anda menemukan beberapa ciri ini dalam tubuh, bisa jadi tubuh Anda sedang kekurangan asupan vitamin C. Dan solusi terbaik adalah dengan mulai makan makanan yang mengandung vitamin C tinggi dalam menu keseharian. Dan daftar 34 makanan  yang mengandung vitamin c paling tinggi ini dapat Anda pertimbangkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Vitamin