Home Gizi & NutrisiPanduan Gizi Inilah 13 Sumber Zat Besi Nabati yang Wajib Dikonsumsi

Inilah 13 Sumber Zat Besi Nabati yang Wajib Dikonsumsi

by Henny Anugerah

Sumber zat besi nabati dibutuhkan tubuh karena jika kekurangan maka akan menyebabkan masalah yang berhubungan dengan menurunnya daya tahan tubuh. Sumber zat besi nabati merupakan pasokan zat besi yang melimpah pada makanan yang bukan berasal dari hewan melainkan dari buah dan sayur, Tetapi memiliki manfaat yang sama besar untuk kesehatan tubuh.

1. Tempe

Tempe terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin B, Protein dan mineral penting termasuk zat besi. Makanan yang terbuat dari tempe dapat diolah dan diproses menjadi berbagai makanan lain misalnya tumis tempe, Tempe bacem, Pepoes tempe dan lain lain tanpa harus khawatir nilai gizinya akan berkurang.

2. Tahu

Tahu merupakan makanan yang diolah dan diproses oleh ampas atau sisa dari kedelai (ampas tahu) yang sebelumnya telah digunakan untuk pembuatan tempe. Tahu mengandung vitamin, Karbohidrat dan beberapa zat mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang bakteri atau penyakit dari orang lain.

6. Kacang almond

Walaupun didalam satu buah kacang almond hanya terdapat sekitar 7 % zat besi namun didalam satu cangkir kecil maka nilai nutrisinya akan semakin meningkat bahkan lebih tinggi dari kandungan zat besi yang ada pada daging merah. Almond adalah sumber vitamin E yang tinggi terapi juga memiliki kandungan zat besi , Dimana satu cangkir kecil kacang almond sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi dalam satu hari.

7. Chia seed

Chia seed merupakan makanan yang berasal dari keluarga biji bijian yang didalamnya terdapat banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral lengkap termasuk zat besi.yang kaya gizi  Nilai gizinya akan semakin baik jika chia seed digabungkan dengan yogurt atau minuman probiotik. Tetapi chia seed tidak  dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan agar terhindar dari bahaya chia seed untuk kesehatan .

8. Daun bayam

Daun bayam hijau atau merah  sama sama memiliki kandungan zaat besi yang tinggi dimana didalam per 100 gr daun bayam atau yang dibuat menjadi  jus bayam terdapat 20% zat besi. Karena bayam memiliki zat besi paling banyak maka tidak dianjurkan untuk dimasak kembali, Hal tersebut untuk menghindari bahaya sayur bayam yang dihangatkan bagi tubuh,  Karena bayam mudah bereaksi dengan udara sehingga dapat terurai menjadi racun berbahaya bagi kesehatan.

9. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung protein tinggi bahkan kaya akan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Agar zat besinya tetap utuh disarankan untuk mengukusnya sebelum dikonsumsi langsung atau dalam bentuk jus.

10. Buah alpukat

Alpukat dapat dimakan  langsung atau dibuat menjadi jus harian guna untuk meningkatkan imun tubuh, Menstabilkan stamina tubuh dan menyehatkan jaringan otak serta kulit. Alpukat dapat digabung dengan makanan lain misalnya brokoli kukus, Susu rendah kalori, Madu asli dan lain lain sehingga meningkatkan manfaatnya. Konsumsilah alpukat secara wajar misalnya jus alpukat  1 kali sehari secara rutin, Hal ini untuk menghindari efek samping alpukat bagi kesehatan.

11. Gandum

Gandum merupakan makana rendah kalori tapi kaya akan zat besi yang dapat dijadikan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga seseorang bisa terhindar dari masalah kesehatan jaringan otak, Pencernaan dan mencegah peningkatan zat gula dalam darah.

12. Kentang

Kentang adalah salah satu makanan yang mengandung protein dan kalium yang baik bagi kesehatan  jantung dan sel sel darah. Kentang adalah salah satu makanan yang  direkomendasikan para ahli kesehatan yang terlibat pada instansi kesehatan, Pengobatan tradisional maupun ahli gizi .

13. Jamur

Jamur banyak ragamnya tetapi yang memiliki zat besi terbanyak adalah jamur tiram. Jamur dapat digabungkan dengan jenis makann lain misalnya bayam, Brokoli, Tempe dan lain lain sehingga dapat menggadakan nutrisi bagi kesehatan jaringan tubuh secara keseluruhan.

You may also like