9 Fungsi Asam Nukleat yang Sering Diremehkan, Ternyata

861

Asam nukleat merupakan salah satu molekul biokimia yang sejajar dengan karbohidrat, protein, dan lemak. Asam nukleat sendiri adalah bagian dari RNA (Asan Ribonukleat), dan DNA (Asam Deokridibonukleat). Kedua jenis asam itu terkandung karbon, oksigen, nitrogen, hydrogen, bahkan fosfor di dalamnya. Dan ternyata mesikpun semua jenis senyawa biokimia mengandung unsure karbon, oksigen, hydrogen, dan protein, namun hanya asam nukleat satu-satunya senyawa yang mengandung unsure fosfor. Asam nukleat sendiri terdiri dari rantai molekul yang memiliki ukuran sangat kecil, dan biasanya disebut nukleotida. Selain itu ada juga yang perlu anda ketahui tentang efek samping antibiotik.

Artikel berikut akan membahas 9 fungsi asam nukleat yang sering diremehkan, ternyata sangat berperan penting untuk membantu sel dalam hal membentuk protein. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam nukleat agar asupan fosfor  dan mineral lainnya dapat dipenuhi dalam tubuh anda. sehingga kesehatan anda dapat terjaga dan juga akan menghindarkan anda dari resiko terserang berbagai penyakit dan menyesuaikan dengan jenis antibiotik. Berikut adalah ulasannya.

  1. Menyimpan Informasi Genetik

Fungsi asam nukleat yang pertama adalah menyimpan informasi genetic. Selain itu, asam nukleat juga akan mentransfer kepada keturunanya. Sehingga kandungan mineral, fosfor yang ada dalam asa nukleat akan membantu anda dalam menjaga genetic dalam sel-sel tubuh. Dengan demikian, tubuh anda akan terhindar dari segala serangan macam penyakit. Seperti kita ketahui bahwa fosfor merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam hal perkembangan gigi dan tulang. Selain itu, juga untuk meningkatkan kognitif dalam hal perkembangan otak. Oleh karena itu, disarankan untuk anda agar mencukupi asupan makanan yang mengandung asam nucleat ini. Waspadai juga tentang penyebab mata merah.

  1. Menggunakan Informasi Genetik

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk menggunakan informasi genetic dalam proses pembentukan protein baru. Seperti kita ketahui bahwa protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita. Tubuh memerlukan protein untuk mendukung semua organ bekerja dengan baik. Selain itu, protein juga baik untuk perkembangan otak terutama untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam nukleat untuk mencukupi protein yang sangat dibutuhkan untuk tubuh anda. Dengan demikian, anda akan terhindari dari segala bentuk serangan penyakit yang mengancam kesehatan anda dan juga mengetahui tentang ciri-ciri alergi.

  1. Tempat untuk Informasi Genetik dalam Sel

Fungsi asam nukleat selanjutnya adalah untuk meyimpan informasi genetic dalam sel. Dengan adanya penyimpanan genetic yang baik hal itu akan mendukungdalam pembentukan sel-sel baru di dalam tubuh dan akan menggantikannya dengan sel baru. Dalam tubuh tertimbun sel telah mati, jika sel mati tersebut tidak segera diperbaruhi dengan mengganti sel baru, maka akan menumpuk menjadi racun. Hal itu akan meningkatkan resiko tumbuhnya virus yang akan menjadi penyakit. Anda disarankan untuk mencukupi asupan makanan yang mengandung asam nukleat yang cukup agar tubuh dapat menyimpan genetic dalam sel. Disarankan anda juga mengetahui tentang lensa kontak untuk mata.

  1. Mengontrol Sintesis RNA dalam Sel

Fungsi asam nukleat selanjutnya adalah untuk mengontrol sintesis RNA dalam sel. Asam nukleat mengandung unsure DNA yang akan mengontrol fungsi tersebut. Hal ini memungkinkan untuk membantu dalam proses pembentukan sel baru dalam tubuh. Sehingga sel mati akan diperbaruhi degan adanya sel baru. Jadi tidak akan sampai mengendap menjadi racun yang berpotensi untuk menjadi virus penyakit dalam tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam nukleat yang cukup tinggi agar fungsi ini dapat bekerja.

  1. Pembentukan Protein dalam Sel

Fungsi asam nukleat selanjutnya adalah untuk pembentukan protein dalam sel. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu organ dalam tubuh bekerja dengan baik. Sehingga dengan protein dalam sel itu memungkinkan untuk tubuh dapat tercukupi asupan protein yang dibutuhkan. Anda disarankan untuk mencukupi protein dengan mengonsumsi makanan yang mengandungan asupan asam nukleat yang tinggi. Dengan demikian organ dapat bekerja dengan baik dan akan menghindarkan anda dari gangguan segala penyakit.

  1. Menentukan Protein yang Sintesis

Fungsi asam nukleat selanjutnya adalah untuk menentukan protein yang sintesis. Proses tersebut dapat berjalan dengan urutun basa nitrogen yang ada dalam tulang punggung DNA inilah yang akan berperan untuk menentukan protein yang sintesis. Sehingga asupan protein sintesis dapat tercukupi dengan baik di dalam tubuh. Anda disarankan untuk memenuhi makanan yang mengandung asam nukleat yang baik sehingga asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Anda juga disarankan mewaspadai tentang blefaritis. 

  1. Mengarahkan Proses Sintesis Protein

Fungsi asam nukleat selanjutnya adalah untuk mengarahkan prosesn sintesis protein. Fungsi ini akan dimainkan oleh RNA yang terkandung dalam asam nukleat. Setelah asam nukleat menentukan protein sintesis, asam nukleat juga akan mengarahkan asam nukleat sampai pada organ yang membutuhkan protein sintesis. Kondisi ini akan membantu asupan protein sintesis yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung proses sintesis agar proses sintesis dapat sampai pada organ yang membutuhkan protein tersebut.

  1. Mengambil Pesan Genetik dari RNA

Fungsi asam nukleat selanjutnya adalah untuk mengambil pesan genetika dari RNA. Asam nukleat adalah senyawa yang mengandung RNA yang akan menyampaikan pesan gentik yang sangat dibutuhkan oleh sel tubuh untuk dapat bekerja. Sehingga kondisi ini akan memungkinkan sel tubuh dapat bekerja dengan baik.

  1. Mengaktifkan Asam Amino

Fungsi asam nukleat selanjutnya adalah untuk mengaktifkan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti kita ketahui bahwa tubuh memerlukan asupan asam amino yang baik untuk organ dapat bekerja dengan baik.