8 Ciri Ciri Kelebihan Zat Besi Paling Berbahaya

Ciri ciri kelebihan zat besi bisa diketahui apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi suplemen atau makanan yang banyak mengandung zat besi. Secara medis tubuh memang memerlukan zat besi pada makanan dalam jumlah yang cukup. Apabila zat besi dalam tubuh kurang maka akan menyebabkan pembentukan sel darah merah menjadi menurun sehingga terjadi anemia. Sedangkan apabila berlebih juga akan mengakibatkan masalah pada tubuh.

Zat besi merupakan senyawa yang terdapat pada sayur dan buah-buahan. Bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi di antarannya adalah asparagus, bayam, edamame, tomat, kedelai, dan kacang merah. Selain itu zat besi juga bisa didapatkan dari daging gurita, kepiting, dan juga hati sapi.

Dalam jumlah yang cukup, zat besi memang sangat bagus untuk tubuh. Namun apabila berlebihan, maka bisa menimbulkan masalah pada tubuh. Berikut ini adalah ciri-ciri kelebihan zat besi yang berbahaya:

  1. Kecemasan yang Berlebihan

Anda yang kelebihan zat besi akan mengalami kecemasan yang berlebihan. Rasa cemas ini timbul karena zat besi dalam tubuh akan mengganggu fungsi organ secara normal. Akibat abnormalitas pada organ, anda akan merasa resah dan cemas. Selain itu anda akan kehilangan konsentrasi serta tidak bisa tidur nyenyak.

Kecemasan ini terjadi ketika zat besi ditimbun secara berlebihan karena terlalu banyak mengkonsumsi suplemen zat besi. Kalau hanya dari makanan biasanya tidak sampai membuat cemas yang berlebihan. Untuk itu anda yang seringkali mengkonsumsi suplemen zat besi harus menggunakan dosis yang tepat.

  1. Penyakit Diabetes

Salah satu masalah besar yang diakibatkan oleh penimbunan zat besi adalah diabetes. Diabetes ini terjadi karena zat besi yang berlebih tersebut disimpan di dalam pancreas sehingga akan mengganggu kerja pancreas untuk memproduksi insulin.

Produksi insulin yang terganggu ini bisa membuat perubahan glukosa menjadi glikogen akan menjadi terganggu. Akibatnya lama kelamaan orang tersebut akan menderita diabetes karena kadar gula dalam darh terlampau tinggi.

  1. Cardiomyopathy atau Lemah Jantung

Selain mengganggu kinerja pancreas, zat besi yang berlebihan akan diakumulasikan pada otot jantung sehingga otot jantung tidak bisa bekerja secara optimal. Otot jantung tersebut akan melemah hingga terjadi cardiomyopathy yang bisa mengakibatkan lemah jantung dan juga penyakit jantung lainnya.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, diketahui bahwa mayoritas penderita penyakit jantung adalah orang dengan kadar zat besi tinggi. Untuk itu perlu dijaga kadar zat besi agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi karena keduanya memberikan efek bahaya untuk jantung.

  1. Jaundice atau Penyakit Kuning

Zat besi yang berlebihan ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan hati atau liver. Dengan zat besi yang berlebihan maka hati akan bekerja ekstra keras. Sehingga apabila terjadi secara terus menerus, lama kelamaan hati akan menjadi rusak sehingga bilirubin dalam empedu akan keluar dan mengalir dalam pembuluh darah.

Kadar bilirubin dalam darah yang meningkat inilah yang mengakibatkan terjadinya jaundice atau biasa dikenal dengan penyakit kuning pada penderita hepatitis. Jadi karena zat besi memang merupakan zat penting tapi juga bisa menjadi toksik untuk tubuh, maka kita harus menjaganya agar tetap dalam jumlah yang optimal.

  1. Impotensi

Bagi pria, kelebihan zat besi dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan terjadinya impotensi dan juga disfungsi seksual. Hal ini dikarenakan zat besi yang berlebih akan mempengaruhi otot testikel sehingga terjadi penyusutan testikel. Testikel yang menyusut ini sangat berdampak kepada alat vital pria sehingga bisa mengakibatkan impotensi.

  1. Nyeri Pada Perut

Selain beberapa masalah di atas, ternyata kelebihan zat besi juga menyebabkan perut terasa nyeri. Hal ini terjadi karena perut mengalami pembesaran atau pembengkakan. Nyeri pada perut ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama bukan hanya sebentar. Jadi jika anda mendapati ciri tersebut, bisa jadi itu adalah ciri ciri kelebihan zat besi.


  1. Kulit Keabuan

Pada seseorang yang memiliki zat besi tinggi, kulit akan seperti berwarna keabuan atau mirip dengan warna perunggu. Hal ini dikarenakan zat besi yang ada di dalam pembuluh vena akan kelihatan pada seluruh bagian tubuh. Zat besi yang berlebih itu akan anampak seperti logam di dalam darah sehingga akan berkilau seperti warna abu abu.

  1. Artritis

Ciri yang terakhir pada seseorang yang kelebihan zat besi adalah menderita artritis. Artritis merupakan suatu penyakit dengan gejala nyeri pada semua persendian. Selain nyeri, sendi juga akan membengkak dan radang sehingga dalam pengobatan diperlukan antiinflamasi dan juga analgesic.

Demikian informasi dari kami mengenai ciri ciri kelebihan zat besi yang berbahaya untuk tubuh. Jadi untuk anda yang saat ini seringkali mengkonsumsi suplemen zat besi secara berlebihan, anda harus mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Gunakan suplemen secukupnya sesuai dengan dosis aman untuk tubuh, karena zat besi yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama justru akan membahayakan tubuh kita.

, , ,