Bufect/Bufect Forte – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Efek Samping

Bufect/Bufect Forte adalah sebuah obat yang banyak digunakan untuk membantu mengobati beberapa kondisi seperti misalnya sakit kepala, demam, sakit gigi, sakit pada bagian telinga yang tentunya bisa menyebabkan anda kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari – hari anda sehingga kemungkinan besar anda hanya akan beristirahat di rumah.

Selain itu, Bufect/Bufect Forte juga bisa digunakan untuk membantu mengobati beberapa gangguan yang menyebabkan atau menimbulkan rasa nyeri seperti misalnya nyeri haid atau dismenore maupun juga nyeri yang tergolong nyeri ringan. Mengapa? Karena memang pada dasarnya obat Bufect/Bufect Forte merupakan golongan obat NSAID yang merupakan obat pereda nyeri.

Perlu anda tahu bahwa di dalam obat Bufect/Bufect Forte terkandung suatu zat aktif yang disebut dengan ibuprofen yang akan kita jelaskan pada kesempatan kali ini yang mana ibuprofen merupakan zat yang umum terkandung di dalam obat – obatan yang berfungsi untuk membantu mengatasi demam maupun juga sakit kepala,

Di bawah in akan kami ulas mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan obat Bufect/Bufect Forte, termasuk penjelasan tentang zat aktif yang ada di dalam obat Bufect/Bufect Forte dan juga efek samping yang bisa anda alami ketika menggunakan obat Bufect/Bufect Forte.

  • Kandungan: Di dalam obat Bufect/Bufect Forte mengandung suatu zat aktif, yaitu ibuprofen dengan takaran sebanyak 200 mg mg per 5 ml syrup
  • Golongan: Obat Bufect/Bufect Forte termasuk golongan obat yang dijual secara bebas. Dengan kata lain anda tidak harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu jika anda ingin mendapatkan obat Bufect/Bufect Forte maupun obat yang di dalamnya terkandung ibuprofen.
  • Kemasan: Obat Bufect/Bufect Forte dikemas dalam bentuk Botol 50 mL Oral Suspension
  • Pabrik: Sanbe Farma

Sekilas tentang zat aktif (Ibuprofen)

Ibuprofen, merupakan suatu zat atau obat yang termasuk ke dalam golongan obat NSAID atau yang disebut dengan nonsteroidal anti-inflammatory drug. Jika misalnya dibandingkan dengan golongan NSAID lainnya, Ibuprofen merupakan obat yang memiliki efek anti – inflamasi yang lebih lemah yang tentunya juga akan menyebabkan efek samping yang bisa dikatakan relatif ringan.

Sama halnya golongan obat NSAID lainnya, Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat enzim COX atau yang disebut dengan enzim siklooksigenase. Enzim inilah yang nantinya akan bekerja sebagai pembentuk prostaglandin ketika seseorang mengalami luka sehingga kemudian akan menyebabkan rasa sakit atau bahkan menyebabkan ia mengalami peradangan atau inflamasi.

Dengan cara menghalangi sistem kerja enzim COX, maka kemudian prostaglandin akan diproduksi lebih sedikit sehingga nantinya rasa sakit atau peradangan yang dialami juga akan berkurang atau bahkan tidak terasa sama seiali.

Indikasi Bufect/Bufect Forte

Berikut ini beberapa indikasi seputar obat Bufect/Bufect Forte yang wajib anda tahu:


  1. Bufect/Bufect Forte digunakan untuk membantu mengobati sakit gigi atau juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri setelah proses pencabutan gigi.
  2. Bufect/Bufect Forte juga digunakan untuk membantu mengatasi sakit kepala, termasuk juga mengobati penyakit migrain, baik migrain akut atau migrain biasa.
  3. Bufect/Bufect Forte digunakan untuk membantu mengobati sakit pada bagian telinga.
  4. Bufect/Bufect Forte bisa diindikasikan untuk mengobati nyeri otot dan juga nyeri sendi yang biasanya dialami oleh pasien yang boleh dikatakan sudah tua.
  5. Selain itu, Bufect/Bufect Forte digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada seseorang yang mengalami penyakit ginjal.
  6. Dismenore atau nyeri selama proses menstruasi juga termasuk ke dalam indikasi dari obat Bufect/Bufect Forte.
  7. Selain itu, karena di dalamnya mengandung ibuprofen maka obat Bufect/Bufect Forte bisa digunakan untuk membantu mengatasi demam, termasuk juga demam setelah seseorang menjalani imunisasi.
  8. Asam urat juga bisa disembuhkan dengan menggunakan obat Bufect/Bufect Forte. 

Mungkin masih ada indikasi lainnya dari obat Bufect/Bufect Forte yang belum kami sebutkan. Oleh karena itu, anda bisa bertanya kepada dokter anda guna mendapatkan informasi yang lebih lengkap atau detail mengenai apa saja indikasi lainnya dari obat Bufect/Bufect Forte yang harus anda ketahui.

Kontraindikasi Bufect/Bufect Forte

  • Anda tidak direkomendasikan untuk memberikan obat Bufect/Bufect Forte kepada pasien yang mana ia menderita alergi terhadap ibuprofen ataupun mengalami alergi terhadap jenis obat NSAID lainnya karena hal ini hanya akan memperburuk kondisi orang tersebut.
  • Selain itu, Bufect/Bufect Forte juga tidak dibolehkan untuk diberikan kepada pasien yang mana ia akan atau telah menjalani operasi by pass jantung.
  • Kontraindikasi lainnya yang harus anda perhatikan adalah obat Bufect/Bufect Forte tidak dianjurkan untuk diberikan kepada pasien yang mengalami masalah penyakit ginjal, penyakit hati ataupun liver, maupun yang menderita gangguan organ dalam lainnya.
  • Perlu anda tahu bahwa baik obat yang mengandung ibuprofen maupun jenis obat NSAID lainnya, sangat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada pasien yang mengalami penyakit demam berdarah karena dikhawatirkan nantinya bisa menginduksi kebocorak kapiler serta menyebabkan ia mengalami gagal ginjal.

Efek samping Bufect/Bufect Forte

  1. Efek samping yang masih dikatakan efek samping ringan yang biasanya akan anda alami adalah seperti misalnya mengalami mual, muntah, sakit kepala, dan bisa memberikan efek gugup kepada anda.
  2. Untuk efek samping yang boleh dikatakan lebih serius adalah anda kemungkinan akan mengalami sembelit atau konstipasi dan juga kemungkinan bisa menyebabkan anda mengalami penyakit diare, muntah darah, darah dalam urin, atau kondisi – kondisi lainnya yang tentunya membuat kesehatan anda tambah buruk yang harus segera dilakukan penanganan.
  3. Efek samping lainnya yang bisa anda alami ketika anda mengkonsumsi obat Bufect/Bufect Forte adalah kemungkinan anda akan mengalami resiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, serangan jantung, maupun juga anda bisa mengalami stroke terutama jika misalnya obat Bufect/Bufect Forte digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Selain itu, seperti halnya obat NSAID lainnya, penggunaan Bufect/Bufect Forte juga bisa menyebabkan anda mengalami berbagai macam masalah atau gangguan pencernaan seperti misalnya mengalami sakit perut, perut kembung, perdarahan, ulserasi, maupun juga gangguan pencernaan lainnya yang mana kondisi ini tentunya harus segera dilakukan penanganan secepatnya untuk menghindarkan anda dari terkena resiko atau efek samping yang lebih parah.
  5. Untuk efek samping yang bisa anda alami seperti misalnya hepatitis atau penyakit kuning juga bisa anda alami, terutama ketika anda menggunakan obat Bufect/Bufect Forte dalam takaran dosis yang tinggi serta juga jangka waktu yang lama.

Dosis obat Bufect/Bufect Forte

Untuk dosis yang diberikan kepada orang dewasa adalah diberikan sebanyak 1 sendok teh dan dikonsumsi sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari. Adapun untuk dosis lazim ibuprofen yang harus anda tahu adalah sebagai berikut:

  • Dosis lazim yang diberikan bagi penderita dismenore adalah sebanyak 200 sampai dengan 400 mg, diberikan secara oral untuk setiap 4 sampai dengan 6 jam jika misalnya diperlukan.
  • Untuk dosis lazim orang dewasa yang menderita penyakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis atau rematik, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak 400 – 800 mg secara oral diberikan untuk setiap 6 sampai 8 jam. Dosis masih bisa dinaikkan namun tidak boleh melebihi 3,2 gram per harinya.
  • Dosis lazim orang dewasa bagi penderita nyeri dan atau demam adalah 200 – 400 mg secara oral  dan diberikan setiap 4 sampai 6 jam jika diperlukan.
  • Dosis lazim orang pediatric bagi penderita demam dan atau nyeri maka diberikan sebanyak 7,5 mg perkilogram bagi yang berusia 6 – 11 bulan dan diberikan secara oral untuk setiap 6 sampai dengan 8 jam. Sementara untuk dosis maksimalnya sebanyak 30 mg per kg BB.

Jadi itulah penjelasan obat Bufect/Bufect Forte mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi, Dosis pemakaian dan juga Efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat ini.

, , , , , , , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat B