5 Cara Pencegahan Jantung Lemah

Tubuh manusia memiliki banyak subtansi, seperti organ dan sistem organ. Salah satu organ yang penting dalam tubuh adalah jantung. Berdasarkan sistem organnya, kegunaan jantung berguna untuk pengendali sistem peredaran darah. Bagi tubuh, darah bukan hanya cairan biasa. Darah menjadi sumber makanan bagi beberapa organ tubuh lain. Di dalam darah juga membawa oksigen yang berguna untuk aktivitas atau kerja tubuh lain.

Ada banyak sekali contoh contoh penyakit jantung yang ada di dalam tubuh manusia. Misalnya komplikasi serangan jantung, gejala awal penyakit jantung, gejala jantung bermasalah, jantung koroner, jantung bengkak, jantung lemah, infeksi jantung, dan lain sebagainya. Jantung adalah salah satu alat vital yang kerjanya  memompa darah ke seluruh tubuh.

Di dalam jantung di lengkapi oleh berbagai otot dan saraf. Otot ini bertugas untuk mengatur kontraksi dan relaksasi saat melakukan pemompaan darah. Jadi ketika pada bagian rongga atas berkontraksi, maka bagian rongga bawah berelaksasi. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Ketika rongga atas berkontraksi, maka darah akan mengalir dari jantung ke seluruh tubuh. Kemudian saat rongga bawah berelaksasi, maka darah akan kembali masuk ke dalam jantung untuk di olah.

Namun ada beberapa kondisi dimana jantung tidak bisa bekerja secara mestinya. Salah satunya adalah pasien yang mengalami gangguan lemah jantung. Cara kerja jantung tidak lagi bekerja secara mestinya. Kemampuannya sudah menurun. Tandanya adalah aliran darah yang terjadi berlajan lambat, sampai tidak lancar.

Lantas, apakah seseorang yang terkena penyakit lemah jantung tidak bisa di cegah ? Tentu saja tetap bisa. Bagaimana caranya ? Simak ulasan berikut ini :

1. Hindari makan sate kambing

Salah satu cara untuk mengatasi masalah jantung lemah adalah dengan menghindari makanan sate kambing. Sebab dalam sate kambing ini menyebabkan seseorang terpicu kena darah tinggi atau hipertensi. Seseorang yang mengalami darah tinggi atau hipertensi akan memasok darah ke dalam jantung dan seluruh tubuh dengan cepat. Hal ini menyebabkan jantung bekerja lebih berat dari biasanya.

2. Jangan banyak makan ‘makanan asin’

Makanan yang asin juga menyebabkan seseorang terkena darah tinggi. Inilah mengapa anda juga di larang untuk konsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tingg. Makanan yang memiliki rasa asin ini cukup berbahaya pada paisen yang mengalami kondisi lemah jantung. Sebab jantung mereka harus bekerja lebih berat dari orang normal. Simak juga obat hipertensi alami dan bahaya garam bagi penderita hipertensi.


3. Jangan sampai stress

Cara lain yang bisa di gunakan agar seseorang terhindari terkena  jantung lemah adalah usahakan agar tidak sampai stres. Kondisi stes akan membuat seseorang semakin lama sembuh. Karena jika stres, psikologis seseorang terganggu. Hal ini akan berpengaruh terhadap seluruh sistem tubuh, sebab pusat seseorang stres berada di otak. Jika otak masih belum baik – bak saja, kemungkinan sembuh juga sulit. Simak juga cara menghilangkan stres berat

4. Banyak makan zat besi

Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Bukan lantas makan besi – besian ya. Tetapi makan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Misal sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan lain sebagainya. Makanan seperti ini bisa membantu pembuatan sel darah merah. Sehingga bisa membantu kinerja jantung.

5. Konsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi. Makanan seperti ini baik untuk membantu menangkal radikal bebas yang ada di lingkungan. Selain itu, makanan yang mengandung anti oksidan tinggi juga bermanfaat untuk pelindung diri dari bahaya kanker.

6. Jangan merokok

Sangat di sarankan untuk anda tidak merokok. Sabab kandungan nikotin dalam rokok tidak baik untuk tubuh. Apalagi jika asap rokok tersebut di konsumsi, masuk ke dalam jantung. Akan semakin memperparah kondisi kesehatan jantung anda. Akibatnya jantung akan bekerja lebih berat lagi. Hal ini bisa semakin membuat jantung anda semakin menurun kondisi kesehatannya. Waspadai juga efek samping rokok bagi kesehatan.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung