Fluor (F) : Manfaat – Dosis – Sumber Makanan – Efek Kelebihan dan Kekurangan

Fluorine atau Fluor memiliki simbol F dan nomor atom 9. Namanya berasal dari bahasa latin yaitu fluere berarti mengalir. Kandungan fluor biasanya ditemukan dalam pasta gigi karena fluor terkandung dalam fouride yang sejatinya adalah mineral yang secara alamiah terdapat di semua sumber air termasuk laut. Fluor juga tidak pernah ditemukan dalam bentuk bebas di alam, ia pasti bergabung membentuk unsur lain membentuk senyawa Fluor. Fluor juga bermanfaat untuk membantu pembentukan email gigi dan membuat struktur gigi menjadi lebih kuat sehingga membuat gigi lebih tahan terhadap pengikisan oleh asam.

Fluor juga merupakan unsur yang sangat penting dalam pembentukan gigi dan tulang. Kekerasan gigi dan tulang ditentukan oleh kadar senyawa-senyawa kalsium yang tinggi di dalam tulang. Fluor sebenarnya merupakan unsur tambahan untuk penguatan tulang dan gigi. Kandungan fluor yang paling tinggi sebenarnya ada pada air putih yang kita konsumsi sehari-hari. Fluor juga sangat berguna untuk membantu pertumbuhan gigi pada anak-anak yang sedang membutuhkan banyak kalsium untuk tubuh.

Manfaat Fluor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Mencegah Karang Gigi. Salah satu cara mencegah karang gigi diantaranya dengan rajin menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung zat fluor tinggi. Sikat gigi dianjurkan dilakukan dua kali dalam sehari dan dilakukan dengan cara menyikatnya dari atas ke bawah.
  2. Fluor merupakan salah satu mikromineral yang penting untuk tumbuh kembang tulang dan gigi. Fluor juga berperan dalam pembentukan email gigi.
  3. Menghambat kehilangan garam dan kalsium (demineralisasi) dan meningkatkan proses remineralisasi pada email gigi yang karies dan berlubang
  4. Menjaga gigi agar tetap kokoh dan tidak mudah goyah serta berlubang.
  5. Unsur senyawa pada zat ini juga berfungsi mengeraskan gigi dan melapisi struktur gigi.
  6. Menghilangkan plak yang dipengaruhi oleh mikroorganisme yang muncul dan melekat pada gigi.
  7. Pembentukan enamel yang lebih baik dengan kristal yang lebih terjaga terhadap asam.
  8. Mengurangi plak yang menempel pada gigi akibat dari makanan yang dikonsumsi.
  9. Membentuk tulang dan tubuh serta menjadi cadangan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.
  10. Mencegah pengeroposan tulang dan sendi atau disebut juga dengan osteoporosis.
  11. Berfungsi untuk membantu sistem kerja pada  sel-sel otak, sel darah dan membantu proses penyembuhan luka

Manfaat fluor untuk melindungi tulang dan gigi saat ini semakin dikenal orang sehingga, banyak perusahaan yang mengeluarkan produk pasta gigi serta obat kumur dengan kandungan fluor di dalamnya. Fluor juga terdapat dalam beberapa makanan, air yang dikonsumsi sehari-hari  juga teh hijau. Fluor sebenarnya merupakan unsur yang sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat. Pada tulang dan gigi terdapat kristal apatit yang sejatinya dapat menguatkan enamel gigi  yang mengandung kalsium, fosfat, magnesium, dan hidroksil. Ion hidroksil bermuatan negatif serta mudah larut.

Dosis Normal Fluor

Pemberian Fluor (Fluoridasi) dapat dilakukan secara sistematik ataupun lokal. Jika melalui cara sistematik, dapat dilakukan dengan fluoridasi air minum dan fluor berbentuk tablet. Sedangkan jika fluoridasi secara lokal dapat dilakukan melalui pasta gigi, obat kumur dan lainnya.

1. Fluoridasi Melalui Air Minum

Fluoridasi air minum secara sentral (Fluoridated water supply). Dalam hal ini penggunaan Fluor yang baik adalah 0,7-0,12 mg fluoride/liter tergantung temperatur lokal rata-rata tiap tahunnya.

2. Fluoridasi melalui tablet

Untuk megurangi karies dapat diberikan fluoridasi melalui tablet yang biasanya harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter gigi anda.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Fluor

Mengkonsumsi Fluor tidak berbahaya jika anda mengkonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter gigi anda. Dan beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Penyikatan gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi ber fluor terbukti dapat menurunkan karies, namun anda harus memperhatikan jika buah hati anda belum bisa berkumur-kumur dengan baik dan tertelan, jadi anak anda akan terhindar dari bahaya menelan pasta gigi.
  • Jika mengkonsumsi obat kumur yang mengandung fluor, biasanya dokter hanya merekomendasikan untuk anak yang berusia diatas enam tahun.
  • Dan jika anda mengkonsumsinya melalui cara dengan mengoleskan fluor secara langsung pada enamel gigi anda, maka biarkan gigi anda kering terlebih dahulu selama 5 menit, dan jangan makan dan minum selama satu jam.

Sumber Makanan Yang Mengandung Fluor

Sebenarnya hampir semua makanan atau ikan yang berasal dari laut mengandung Fluor yang sangat tinggi. Diantaranya:

  • Ikan salmon
  • Ikan cakalang
  • Teri
  • Udang
  • Ikan tongkol
  • Ikan sarden
  • Ikan hiu
  • Ikan tenggiri
  • Teh hijau
  • Sawi
  • Sayur-sayuran hijau
  • Keju
  • Bawang merah
  • Seledri
  • Biji wijen
  • Air
  • Yogurt dan susu rendah lemak

Efek Kelebihan Fluor

Jika anda mengkonsumsi Fluor dalam bentuk pasta gigi, memang memiliki fungsi yang baik untuk kekuatan gigi dan tulang anda, tapi jika anda mengkonsumsi nya tidak seimbang hal ini justru menimbulkan berbagai macam penyakit dan efek samping diantaranya adalah Fluorosis. Fluorosis adalah salah satu gejala yang menimbulkan gigi menjadi berwarna buram, tidak putih dan gigi menjadi lebih rapuh.

Gejala awal yang ditimbulkan biasanya diawali dengan erupsi gigi dan munculnya bintik-bintik pada email gigi. Fluorosis pada email gigi juga dapat terjadi akibat konsumsi fluor yang tinggi, dosis rendah yang berulang dan berjangka panjang, atau kontak langsung dengan fluor yang berlebihan. Selain menimbulkan Fluorosis, mengkonsumsi fluor dalam jumlah yang berlebihan juga dapat mengakibatkan penuaan dini dan menjadikan kulit lebih keriput, kontraksi spontan pada ibu hamil, serta kanker. Ibu hamil juga biasanya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nya dalam jumlah yang besar karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan janin dan ibunya.

Tingginya kandungan fluor yang dikonsumsi dapat mengakibatkan kesehatan yang buruk, karena sejatinya apapun yang anda konsumsi sebaiknya harus diperhatikan seperti apa dosisnya dan jangan sampai hal ini malah berbahaya dan merugikan anda. Efek kelebihan Fluor diantaranya:

1. Kelainan Tulang Dan Gigi

Kelebihan mengkonsumsi fluor dapat menjadikan tulang dan gigi anda menjadi rapuh karena fluorosis. Fluorosis biasanya ditandai dengan gigi yang mudah tanggal serta otot tulang semakin menjadi cepat lelah serta nyeri otot yang berlebihan. Meskipun fluor memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tulang dan gigi, tetapi jika kelebihan fluor juga tentu sangat berbahaya bukan?

2. Muncul Noda Pada Gigi

Munculnya noda-noda gelap atau hitam pada permukaan gigi adalah salah satu dampak jika kelebihan fluor dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pembentukan email gigi yang tidak sempurna.

3. Timbul Bercak Putih Dan Cokelat

Kasus ini ternyata banyak sekali ditemukan di Indonesia, meskipun hal ini tidak berbahaya tapi banyak orang pada umumnya tidak percaya diri karena bercak yang muncul pada gigi ini. Hal ini dapat merusak penampilan anda karena gigi yang tidak sedap di pandang mata. Email gigi terlihat ada bercak-bercak putih yang dinamakan mottled enamel. Mottled enamel terjadi akibat kelebihan konsumsi air putih yang di dalamnya mengandung fluor yang tinggi.

4. Kerusakan Hati

Kerusakan hati juga biasanya diawali oleh Fluorosis pada gigi, hati tidak dapat berfungsi secara maksimal. Meskipun hal ini juga jarang sekali ditemukan tapi orang tua harus tetap hati-hati terhadap pasta gigi yang mengandung Fluor yang dikonsumsi oleh anak anda, karena jika anda dapat mewaspadainya dan menjaganya maka bukan hal yang sulit juga buat anda dan hal ini merupakan salah satu cara mencegah kerusakan hati yang diakibatkan oleh kelebihan Fluor.

5. Kerusakan Ginjal

Kasus ini juga memang belum ditemukan, tetapi menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli gigi, kelebihan Kalsium Fluor dapat mengakibatkan rusaknya ginjal pada tubuh dan akan berakibat fatal. Sangat mengerikan sekali bukan?

6. Kerapuhan Tulang ( Osteoporosis )

Tidak hanya gigi yang menjadi rapuh akibat kelebihan Fluor, tapi tulang juga dapat menjadi rapuh jika anda tidak memperhatikan asupan fluor yang masuk ke dalam tubuh. Terutama pada anak anda yang sedang melakukan tumbuh kembang nya. Salah satu cara mencegah osteoporosis diantaranya adalah dengan cara mengkonsumsi kalsium yang cukup.


7. Rasa Sakit Dan Nyeri Pada Tulang

Kelebihan Fluor juga dapat merusak tulang, diantaranya mengakibatkan rasa sakit yang hebat pada tulang dan akibat yang paling fatal adalah kelumpuhan. Hal ini juga dapat mengakibatkan anemia akut bagi penderitanya.

Selain 7 efek di atas, berikut beberapa hal lain yang juga dapat timbul akibat kelebihan fluor:

  • Gigi menjadi rapuh dan mudah tanggal
  • Menimbulkan penyakit tiroid/gondok
  • Kepadatan gigi meningkat, mengganggu impuls syaraf serta pertumbuhan tulang di luar tulang belakang.
  • Kelebihan Fluor yang lain adalah keracunan dalam tubuh dan menimbulkan rasa mual, muntah serta kejang yang berlebihan.

Efek Kekurangan Fluor

Efek kekurangan fluor pada gigi dapat mengakibatkan gigi menjadi rapuh dan terjadinya kerusakan gigi yang signifikan. Hal ini juga dapat mengakibatkan gigi mudah terserang karies atau caries dentis, dan terjadi penipisan pada gigi dan tulang. Sedangkan jika dikonsumsi dalam dosis rendah juga fluor dapat menurunkan kecerdasan terutama pada anak-anak yang sedang bertumbuh kembang dan membutuhkan banyak nutrisi untuk tubuh.

Dampak kelebihan dan kekurangan Fluor ini tentu saja dapat kita hindari dengan cara menggunakannya secara seimbang tanpa melebihi dosis nya. Karena jika tidak seimbang justru malah menimbulkan beberapa efek samping yang berbahaya untuk tubuh seperti penyakit-penyakit yang mengerikan dan berdampak kematian untuk penderitanya. Anak yang berusia di bawah enam tahun juga biasanya tidak dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi ataupun obat kumur yang mengandung Fluor.

Demikian artikel tentang Fluor semoga bermanfaat bagi pembaca.

, , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Mineral
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri