Begini 9 Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mangap Paling Jitu !

529

Tentu saja, memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka alias mangap tak akan disadari oleh diri kita sendiri. Namun, yang menjengkelkan adalah ketika orang lain bisa memanfaatkan kondisi kebiasaan tidur kita ini untuk menggoda kita. Untuk itu, inilah beberapa cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang perlu Anda tahu dan coba lakukan.

  1. Mencari Tahu Penyebabnya

Mulut mangap saat tidur dapat disebabkan oleh banyak faktor di mana salah satunya adalah masalah amandel sehingga menjadikan seseorang lebih nyaman tidur dengan mulut terbuka. Bahkan tidur mangap juga menjadi kebiasaan ketika struktur di dalam mulut juga mengalami kekurangsempurnaan sehingga perlu untuk memeriksakan dan mengonsultasikannya dengan dokter agar penyebab mulut terbuka saat tidur terdeteksi jelas.

  1. Menaikkan Kepala

Mulut mangap, terbuka atau menganga saat tidur adalah kebiasaan yang tak bisa hanya diatasi dengan membiasakan tidur telentang tanpa alas kepala. Justru bagi orang-orang dengan masalah kebiasaan tidur mangap, cara menghilangkan yang cukup jitu adalah dengan menggunakan bantal yang cukup tinggi lebih dari biasanya.

Mungkin Anda bukan tipe orang yang menyukai penggunaan bantal saat tidur, tapi penting untuk mencoba menggunakan bantal bertumpuk sehingga posisi kepala jauh lebih tinggi. Hal ini adalah cara pencegah hidung tersumbat. Bahkan saluran pernapasan menjadi terbuka karena tidur dalam posisi kepala tinggi; asalkan tak terlalu tinggi maka leher tak akan pegal dan kaku.

  1. Menghindari Alergen

Kondisi alergi dapat menjadikan hidung tersumbat pada beberapa kasus di mana proses pernapasan pun akhirnya menjadi lebih nyaman melalui mulut. Dan alergi sendiri bisa terjadi karena berbagai macam hal, seperti mulai dari makanan, debu, serbuk sari dan faktor-faktor lainnya yang mampu memicu hidung tersumbat atau justru berair.

Jika memang alergilah yang menjadi faktor dibalik kebiasaan tidur Anda yang suka mangap, pastikan bahwa lingkungan tempat tidur dan kamar tidur Anda serba bersih. Jika masalah utama terjadi karena saluran pernapasan terkena iritasi akibat debu, serbuk sari dan juga hal-hal lainnya Anda perlu membersihkan kamar atau bahkan menjauhkan diri dari makanan yang menyebabkan alergi.

  1. Melatih Pernapasan

Mulut terbuka saat tidur dapat juga diatasi dengan cara melatih pernapasan. Jika Anda terbiasa bernapas melalui mulut, maka memang akan sulit untuk membiasakan kembali bernapas lewat hidung. Melalui latihan pola pernapasan, Anda akan menjadi terus-menerus ingat bahwa bernapas harus lewat hidung setiap saat.

Latihan pernapasan bisa Anda coba biasakan, yakni dengan cara menutup mulut lebih dulu dan ambil nafas lewat hidung, setelahnya Anda bisa keluarkan nafas yang sudah diambil juga lewat hidung, jangan dari mulut. Latihlah hal ini setiap hari supaya dapat juga terbawa pada kebiasaan tidur Anda.

  1. Olahraga Teratur

Untuk menghentikan kebiasaan tidur dalam kondisi mulut terbuka atau tidur dengan bernapas melalui mulut, berolahraga rutin adalah salah satu kuncinya. Melakukan olahraga kardio dan juga latihan Yoga termasuk aktivitas fisik yang mampu meningkatkan pernapasan Anda, khususnya lewat hidung sehingga pernapasan lewat mulut bisa berhenti secara alami. Tapi, pastikan bahwa bahaya olahraga yang berlebihan juga Anda hindari.

  1. Menurunkan Berat Badan

Orang-orang dengan masalah obesitas memiliki masalah juga pada pernapasannya sehingga rata-rata akan bernapas melalui mulut ketimbang lewat hidung, termasuk juga saat tidur. Untuk itulah, berolahraga bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi tentunya bukan itu saja, sebab pola makan pun perlu diperbaiki menjadi jauh lebih bernutrisi dan seimbang.

Saat kelebihan berat badan sudah teratasi dengan cara menurunkan berat badan yang alami dan aman, maka hal ini akan ikut berpengaruh pada kebiasaan tidur Anda. Tidur mangap tak akan lagi jadi masalah kalau berat badan sudah stabil berada pada angka idealnya atau paling tidak berat badan tak seberlebihan sebelumnya.

  1. Menggunakan Mouth Guard

Kalau perubahan pola hidup sudah dijalani tapi hasilnya masih kurang memuaskan di mana Anda masih memiliki kebiasaan tidur mangap, tak ada salahnya untuk memakai mouth guard untuk menjaga mulut tetap dalam kondisi tertutup. Karena telah banyak dijual, Anda bisa coba membeli dan menggunakannya; hanya saja, pastikan bahwa mouth guard ini benar-benar nyaman saat digunakan sewaktu tidur serta aman bagi gusi Anda.

  1. Saline Nasal Spray

Saline nasal spray adalah salah satu cara menghentikan atau menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang termasuk efektif. Ini karena nasal saline spray bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kelembaban pada saluran pernapasan sehingga kemampuan dalam mengambil nafas jauh lebih baik dan tak perlu lagi Anda bernapas lewat mulut serta mampu mencegah sesak nafas.

  1. Tidur Posisi Tengkurap atau Miring

Satu lagi cara yang bisa Anda terapkan adalah tidur dengan posisi miring dan tengkurap. Mengapa demikian? Jika tidur telentang adalah cara agar tidak ngeces saat tidur, sayangnya posisi tidur ini mampu memperburuk kondisi tidur menganga karena bernapas akan menjadi lebih berat ketika dilakukan lewat hidung sehingga jauh lebih nyaman tidur bernapas dari mulut.

Itulah mengapa, mencoba tidur posisi miring dan tengkurap jauh lebih dianjurkan bagi Anda para pemilik kebiasaan tidur dengan mulut terbuka dan bernapas lewat mulut. Biasakan untuk menghindari posisi tidur telentang sampai kebiasaan tidur mangap Anda hilang sambil juga melatih pola pernapasan dengan rutin.

Demikianlah beberapa anjuran cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang bisa coba Anda terapkan mulai dari sekarang. Jika tidur mangap berkaitan dengan penyakit tertentu, tentunya berkonsultasi langsung dengan dokter jauh lebih membantu Anda.