6 Jenis Makanan Ini Tidak Cocok Disimpan di Kulkas, Sebaiknya Kamu Tahu!

114

Keberadaan kulkas memang sangat menolong untuk membuat bahan-bahan makan menjadi lebih tahan lama, tidak cepat layu ataupun busuk. Akan tetapi tahukah kamu, kalau ternyata tidak semua bahan makanan itu cocok disimpan di dalam kulkas lho. Jenis makanan berikut ini justru tidak boleh disimpan di kulkas.

1. Tomat

Sepertinya kebanyakan orang akan menyimpan tomat di kulkas setelah belanja ya? Tapi tahukah kamu, ternyata tomat akan berubah rasa, keasamannya menurun, juga teksturnya menjadi kurang segar apabila disimpan di kulkas. Hal ini terjadi karena suhu udara dingin tidak sesuai untuk tomat, karena hal tersebut bakal menyebabkan terjadinya metilasi DNA pada tomat. Metilasi ini mengganggu senyawa organik yang mempengaruhi rasa dan aroma tomat.

Selain itu tomat ini baik untuk kesehatan, banyak manfaat tomat yang dapat kamu gunakan untuk kesehatan mau kecantikan, sehingga kamu perlu menyimpan buat tomat ini dengan benar, agar khasiatnya tidak hilang.

2. Daun Kemangi

Manfaat Daun kemangi banyak digemari, karena selain bisa digunakan untuk pelengkap masakan seperti pepes, karedok, juga bisa dimakan mentah sebagai lalapan yang menyegarkan. Sehingga kalau bisa stok kemangi di rumah. Namun sayangnya kemangi ini tak bisa disimpan di kulkas. Kemangi bersifat menyerap aroma bahan makanan lain, sehingga apabila disimpan dalam kulkas, maka aroma kemangi akan berkurang. Selain itu suhu dingin kulkas justru akan membuat kemangi layu da tidak segar.

3. Ubi dan Kentang

Ubi dan Kentang memiliki kandungan utama berupa karbohidrat. Apabila kamu menyipan ubi ataupun kentang ke dalam kulkas akibatnya akan membuat kadar gula dari ubi dan kentang menjadi meningkat, hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Selain itu tekstur ubi dan kentang yang terpapar udara dingin kulkas akan berubah menjadi tidak lembut lagi, sehingga apabila dikonsumsi menjadi kurang enak.

4. Aneka Jenis Bawang

Baik bawang merah, bawang putih maupun bawang bombai sebaiknya dijauhkan dari tempat dingin. Saat bawang berada di dalam kulkas, maka bawang akan menyerap kelembaban di dalam kulkas, sehingga sari bawang akan berubah menjadi zat gula dengan cepat yang sifatnya lunak dan basah sehingga justru lebih mudah berjamur. Selain itu aroma bawang di dalam kulkas akan menular ke sayuran dan buah lain yang ada di kulkas.

5. Roti

Usia roti memang tidaklah lama, karena itu beberapa orang berusaha menyimpannya di kulkas supaya lebih awet. Bagaimana sebenarnya? Roti yang disimpan di kulkas justru cita rasanya akan berubah menjadi kurang enak dan tidak lagi segar, selain itu baunya juga akan berubah. Hal itu terjadi karena adanya perubahan pada zat karbohidrat atau pati yang merupakan unsur utama roti menjadi mengeras dan lebih kering.

6. Buah Apel

Meskipun terasa lebih segar apabila disantap dalam keadaan dingin, namun ternyata apel tidak boleh disimpan di kulkas lho. Suhu rendah dalam kulkas akan membuat tekstur apel rusak, menjadi lebih cepat lembek dan tidak menarik untuk disantap. Apel yang rusak ini menghasilkan gas etilen yang berpengaruh terhadap buah-buahan lain di kulkasmu sehingga menjadi busuk lebih cepat.

 Itulah beberapa buah yang tidak boleh disimpan di kulkas, pada dasarnya bukan tidak boleh karena akan menimbulkan efek buruk, tetapi menyimpan buah di dalam kulkas ini akan memberikan efek pada buah itu sendiri,  dan beberapa buah memberikan efek bau pada kulkas yang digunakan untuk menyimpan