Sehat Dengan Konsumsi Tomat, Mengapa Tidak ?

173

Polusi dan asap rokok membuat lingkungan hidup manusia banyak terpapar dengan radikal bebas. Kanker dan serangan jantung banyak dihubungkan  dengan paparan radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas sebenarnya bisa dinetralisir dengan ketersediaan antioksidan yang cukup dalam tubuh.

Namun gaya hidup yang kurang memperhatikan asupan gizi seperti mengkonsumsi junk food, gizi tidak berimbang, kurangnya buah dan sayuran, serta pengolahan makanan yang tidak sehat menyebabkan tubuh kekurangan antioksidan yang sangat dibutuhkannya. Maka dari itu kamu dapat memanfaatkan tomat sebagai kandungan utama antioksidan yang cukup banyak, mari simak berikut ini :

Dari manakah sumber antioksidan bisa kita dapatkan ?

Beberapa macam makanan mengandung senyawa antioksidan, salah satunya adalah buah tomat. Selama ini tomat lebih dikenal sebagai sayuran dan cenderung dikonsumsi bersamaan bahan sayuran yang lain. Padahal ternyata buah tomat yang mudah sekali kita dapatkan disekitar kita dengan harga yang murah ternyata merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.

  • Buah Tomat mengandung Lycopene : Buah tomat banyak mengandung Lycopene yang terdapat dalam pigment merah pada buah tomat yang sudah matang, Lycopene  ini selain berfungsi sebagai anti radang juga memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan sering mengkonsumsi tomat secara rutin, akan membantu mencegah terjadinya pembentukan radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.
  • Buah tomat mengandung nutrisi yang lengkap : Selain mencegah terbentuknya radikal bebas, buah tomat juga memberikan banyak manfaat lain bagi tubuh kita, diantaranya kandungan Kalium pada buah tomat membantu menormalkan tekanan darah. Sementara itu kandungan serat, vitamin C, Kolin, folat dan kolagen  tentu saja juga sangat dibutuhkan  untuk kesehatan tubuh kita.
  • Buah tomat memenuhi kebutuhan gizi : Untuk memenuhi kebutuhan berbagai macam zat gizi maka, kita bisa mulai dengan rutin mngkonsumsi tomat. Buah tomat matang bisa kita konsumsi mentah sebagaimana  buah-buahan lainnya, atau dikonsumsi dengan cara menjadikannya sebagai jus buah tomat yang tak kalah lezat.

Hanya saja, karena budidaya tomat terkadang juga menggunakan obat-obatan insektisida maka harus diperhatikan benar perlakuan sebelum penyajiannya. Sebaiknya cuci dengan bersih sebelum dikonsumsi, bila diperlukan bisa menggunakan cairan pencuci buah-buahan yang ada di pasaran. Karena jika kurang baik saat membersihkan sebelum dikonsumsi bisa-bisa malah akan memicu timbunya penyakit lain.

Selain itu juga perlu diperhatikan pada beberapa orang yang memang sudah menderita penyakit maag dan gangguan asam lambung, serta mereka yang harus mengurangi konsumsi kalium (misalnya penderita sakit ginjal). Sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mengkonsumsi buah ini, mengingat kandungan yang ada di dalamnya memungkinkan terjadinya kontra indikasi dengan obat yang dikonsumsinya.

Bagi Anda yang sehat, tak perlu takut,  justru dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah akan membuat tubuh lebih sehat. Nah, tomat bisa menjadi salah satu referensi buah yang bisa disediakan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi harian tanpa perlu mengeluarkan budget yang besar.  Tunggu apa lagi ?