5 Cara Menghilangkan Grogi Saat Anda Tampil di Muka Umum

Ketika berbicara di depan umum, biasanya kebanyakan orang mengalami grogi serta tangan bergetar sendiri. Tidak pandang itu motivator, training, maupun presenter professional pasti pernah mengalami kondisi seperti ini. Namun, mereka yang sering tampil di muka umum biasanya akan lebih memiliki cara menghilangkan grogi mereka. Sehingga orang tidak akan tahu bahwa mereka sedang grogi. Nah, untuk anda yang pemula dan belum bisa mengontrol grogi ini wajib membaca artikel berikut.

Jika grogi menjadi momok besar yang menghantui dan mengganggu penampilan anda, maka ikuti ulasan tentang 5 cara menghilangkan grogi, Ampuh saat Anda Tampil di Muka Umum dan hindari bahaya olahraga yang berlebihan. Namun lakukan dengan langkah sesuai petunjuk agar kamu dapat dengan mudah mengendalikan grogi tersebut.

  1. Persiapan

Langkah pertama yang perlu anda persiapkan adalah berlatih sebelum tampil di depan umum. Selain itu, anda dalam hal ini dituntut untuk menyiapkan segala sesuatu yang anda butuhkan saat tampil nantinya. Dengan persiapan matang ini, tentunya anda akan tampil dengan sangat percaya diri dan mampu memberikan penampilan terbaik serta terhindar dari stres . Intinya, anda akan dapat mengontrol grogi yang sedang anda rasakan.

  1. Berpikir Positif

Jika anda menginginkan hasil terbaik dari penampilan anda, maka responlah setiap keadaan dengan cara yang baik juga. Sebagai contoh, ketika anda sudah mulai tampil dengan grogi yang luar biasa, tapi ternyata publik memberika respon yang positif, jadi anda harus merespon dengan positif pula, bukan malah sebaliknya anda melihatkan grogi anda. Jika hal ini terjadi, penampilan anda akan berantakan. Oleh karena itu, responlah positif terhadap reaksi yang anda terima dari audins dan ini juga dapat menjadi cara menghilangkan stres.

  1. Power Poses

Saat anda mengalami grogi, maka wajib bagi anda menghindari postur tubuh yang lesu, loyo. Karena hal itu justru akan memperburuk penampilan anda. Disarankan untuk anda ketika mengalami grogi tunjukkanlah pose terbaik anda dan mempelajari cara meningkatkan fisik dengan cepat. Dijamin grogi anda akan hilang karena auidens semakin tertarik atau memberikan respon positif dan memperhatikan anda. Sehingga inilah yang akan melawan grogi itu dengan sendirinya.

  1. Atur Nafas

Ketika orang mengalami grogi, maka jantung akan berdebar semakin lebih cepat dari biasanya. Sehingga perasaan anda berubah menjadi tidak menentu. Jika grogi ini tiba-tiba datang maka berusahalah untuk mengatur nafas anda, dan usahakan anda dalam keadaan rileks. Dengan demikian jantung yang bereaksi lebih cepat akan perlahan kembali normal dan kondisi inilah yang akan mengontrol anda untuk tidak grogi. Cara ini biasa juga dilakukan untuk cara melakukan meditasi untuk kesehatan.

Untuk hal lainnya adalah ketika anda sudah berada di atas panggung, usahakan jangan langsung membukan pembicaraan. Anda wajib untuk menatap audiens dan amati respon mereka. Ambilah respon positif yang anda dapatkan dari menatap auidens ini. namun perlu anda ingat, jangan terlalu lama dalam hal ini. karena jika terlalu lama malah menimbulkan kekacauan dalam penampilan anda.

  1. Fokus

Jika anda sudah berada di depan umum, anda akan mendapati auediens yang tidak menanggapi anda secara baik. Malahan, ada yang ramai berbincang dengan teman duduk di dekatnya. Jika hal itu terjadi, jangan hiraukan mereka. Alihkan fokus anda kepada audiens yang begitu menghayati apa yang anda sampaikan. Jika anda tetap fokus pada audiens yang tidak memperhatikan anda, maka hal ini akan menimbulkan kekacauan dalam penampilan anda.  Selain itu, fokuskan diri anda pada materi yang anda bawakan. Anda juga bisa fokus pada tujuan anda tampil agar pembicaraan anda tetap fokus dan tidak keluar jalur.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik