Home Featured 6 Cara Memperbaiki Pola Tidur agar Tubuh Lebih Sehat

6 Cara Memperbaiki Pola Tidur agar Tubuh Lebih Sehat

by Putri Yohani Masnun

Pola tidur merupakan kebiasaan tidur yang selalu dilakukan setiap malamnya, dan hal ini menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Idealnya orang dewasa membutuhkan 7 sampai 8 jam setiap malamnya untuk beristirahat, dan jika kurang tidur bisa dipastikan aktivitas di siang hari akan menjadi tidak maksimal.

Pola tidur pun dapat berubah jika tubuh dipaksakan begadang atau tidur larut dalam beberapa waktu. Sayangnya kebiasaan buruk tersebut akan sulit dihilangkan jika sudah berjalan lama. Karena itu, simak cara memperbaiki pola tidur berikut ini agar tubuh selalu sehat.

1. Perhatikan Pola Makan dan Minum

Untuk mendapatkan tidur berkualitas dan teratur, sebaiknya hindari minuman beralkohol, kopi, dan teh saat akan tidur. Selain itu, konsumsi air putih pun harus dibatasi saat malam hari, agar nantinya tidak sering terbangun untuk buang air kecil. Selain memperhatikan minum, makanan juga perlu dibatasi saat malam hari atau menjelang tidur seperti makanan yang asam dan pedas.

2. Buat Rutinitas Tidur

Agar tubuh terbiasa dengan pola tidur yang sehat, sangat penting untuk mengatur rutinitas tidur yang terjadwal. Misalnya, buatlah aturan sendiri pukul berapa seharusnya Anda pergi tidur, baik saat mata sudah mengantuk maupun masih kuat terjaga. Selain itu, paksa tubuh untuk bangun di pagi hari di jam yang sama, contohnya selalu bangun pukul 5 pagi. Meski awalnya berat, cara ini cukup ampuh untuk dilakukan dan tentunya harus konsisten hingga tubuh terbiasa dengan jadwal tidur tersebut.

3. Buat Kamar Tidur Lebih Nyaman

Suasana ruangan yang menjadi tempat untuk kita tidur ternyata juga turut mempengaruhi kualitas dan pola tidur kita loh. Ketika ruangan menjadi nyaman, maka tubuh dan pikiran akan lebih rileks, sehingga rasa kantuk lebih mudah datang.

4. Perbanyak Aktivitas Fisik

Ketika tubuh kurang banyak bergerak, kualitas tidur pun biasanya akan terganggu karena mata sulit terpejam di malam hari. Karena itu, cobalah untuk memperbanyak aktivitas fisik atau berolahraga agar tubuh menjadi lelah dan bisa lebih mudah untuk terlelap.

5. Tidak Tidur di Siang Hari

Banyak tidur di siang hari tentu tidak baik dilakukan, selain dapat mengurangi produktivitas juga dapat membuat mata sulit mengantuk di malam hari. Jika memang terasa lelah di siang hari, setidaknya istirahat sebentar saja dan tidak lebih dari 20 menit.

6. Bangkit dari Kasur saat Tidak Bisa Tidur

Terkadang di malam hari kita bisa merasa sangat sulit terlelap, dan hal ini justru dapat meningkatkan stres dan kelelahan. Agar dapat segera tidur, cobalah untuk bangkit sejenak dan lakukan kegiatan ringan yang dapat membuat tubuh lebih rileks. Kemudian cobalah untuk tidur kembali dan kali ini Anda akan lebih mudah untuk tertidur.

Nah, itulah cara memperbaiki pola tidur agar tubuh menjadi lebih sehat. Tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup agar keesokan harinya dapat beraktivitas dengan optimal. Jika sering kurang tidur, tubuh akan mengalami berbagai gangguan kesehatan sehingga menghambat berbagai aktivitas.

You may also like