5 Cara Mengatasi Bahaya Tidak Nyaman dengan Pekerjaan

88

Perasaan tidak nyaman dengan pekerjaan dapat membuat seseorang mengalami depresi, yang bisa sangat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Biasanya, rasa tidak nyaman tersebut muncul karena atasan selalu menuntut banyak hal, deadline yang membuat lelah dan lingkungan kerja yang tidak kondusif. Sebelum banyak dampak buruk yang muncul, ada baiknya untuk mencari tahu cara mengatasi rasa tidak nyaman tersebut. Dengan begitu, pekerjaan tidak akan terabaikan sekaligus tidak memberikan beban yang berat bagi pekerja. Berikut ini beberapa cara mengatasi bahaya tidak nyaman dengan pekerjaan yang mudah untuk diterapkan.

1. Yoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi sangat bermanfaat untuk memmberikan ketenangan pikiran sekaligus menjadikan tubuh lebih rileks. Setelah aktivitas yang padat dan menjenuhkan sepanjang hari di kantor, Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Kedua aktivitas ini cook untuk dilakukan, apalagi gerakannya sederhana dan tidak banyak menyita waktu. Dengan tubuh dan pikiran yang lebih rileks, maka diri akan lebih siap untuk menghadapi pekerjaan kembali keesokan harinya.

2. Bangun Hubungan yang Baik dengan Lingkungan Kerja

Hal yang biasa memang jika memiliki bos yang suka mengatur dan teman kerja yang suka bergosip. Namun cobalah untuk menghiraukannya dan teruslah melanjutkan pekerjaan agar bisa selesai tepat waktu. Kita sangat perlu membangun hubungan yang baik dengan siapapun di lingkungan kerja, agar suasana tetap nyaman dan tidak mengganggu produktivitas kerja.

3. Ambil Waktu Liburan

Padatnya jadwal pekerjaan dan deadline yang menumpuk mungkin akan membuat Anda merasa jenuh dan lelah. Agar tetap dapat prima dalam bekerja, ambillah beberapa hari waktu untuk berlibur. Tidak perlu jauh dan mahal, yang penting Anda bisa menikmati me time dan dapat menyegarkan kembali pikiran. Dengan begitu, semangat untuk bekerja akan bangkit kembali dan merasa lebih nyaman untuk menyelesaikannya.

4. Atur Tempat Kerja

Suasana tempat kerja yang itu-tu saja memang terasa membosankan, belum lagi jika banyak peralatan yang berserakan. Karena itu, secara berkala Anda perlu mengatur tempat atau meja kerja agar mendapat suasana baru yang lebih segar. Rapikan alat di meja, tata kembali barang-barang dan posisikan semua alat bantu pekerjaan agar lebih nyaman. Dengan begitu, suasana hati akan lebih baik dan siap untuk menyelesaikan pekerjaan.

5. Ciptakan Mindset Positif

Terkadang rasa tidak nyaman di pekerjaan dikarenakan adanya perasaan negatif seperti selalu merasa hasil pekerjaan tidak memuaskan, tidak percaya diri dan sebagainya. Perasaan tersebut akan membuat diri tertekan sehingga merasa jenuh dengan pekerjaan tersebut. Karena itu, penting sekali untuk memiliki mindset yang positif, agar rasa percaya diri meningkat dan punya semangat lebih dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

Nah, bagaimana dengan cara yang telah disampaikan di atas, mudah untuk diterapkan bukan? Bersyukurlah karena kita masih memiliki pekerjaan yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan cobalah untuk menikmati setiap prosesnya agar hati ikhlas dan merasa nyaman.