5 Waktu Makan yang Baik dan Paling Ideal untuk Kesehatan

Ada banyak dari kita yang tidak terlalu memedulikan waktu makan sehari-hari yang baik dan sehat bagi tubuh dengan berbagai alasan. Kebanyakan orang memakai alasan sibuk dan jadwal yang padat sehingga tak sempat mengatur waktu makan dengan baik sehingga asal perut terisi dan tubuh tetap sehat saja sudah cukup. Padahal waktu makan yang kacau lama-kelamaan bisa membawa dampak yang buruk bagi kesehatan sebab merupakan gaya hidup tidak sehat.

Banyak orang terbiasa secara sengaja menunda waktu makan walau perut telah mengeluarkan sinyal lapar dengan alasan tanggung karena sedang bekerja dan pekerjaan belum selesai. Sebelum efeknya memperburuk kesehatan Anda, mulailah mencari tahu waktu makan yang baik, lalu praktikkanlah.

1. Makan Pagi

Ada berbagai bahaya melewatkan sarapan untuk kesehatan, jadi pastikan untuk sama sekali tak menunda atau bahkan tidak menghindari makan pagi. Aturan makan pagi yang benar dan baik bagi kesehatan Anda adalah sebagai berikut:

  • Sarapanlah setengah jam sesudah Anda bangun tidur.
  • Jam 7 pagi adalah waktu paling ideal untuk makan pagi.
  • Jam 10 pagi adalah waktu paling lambat untuk menikmati makan pagi.
  • Menu sarapan pagi sehat meliputi makanan-makanan yang mengandung protein tinggi.
  • Menu sarapan pagi yang perlu dihindari untuk dikonsumsi berlebihan adalah makanan berkarbohidrat, seperti nasi putih atau roti.

2. Makan Siang

Waktu untuk makan siang pun ada idealnya dan tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah aturan waktu makan yang paling benar bagi Anda untuk menikmati makan siang.

  • Jam 12.45 adalah waktu makan siang yang dianggap paling ideal.
  • Sebaiknya ada jeda atau selisih waktu 4 jam yang dijaga antara makan pagi dan makan siang, jadi kalaupun Anda memilih makan pagi terlambat yakni pada jam 10, paling lambat untuk makan siang adalah jam 2 siang.
  • Hindarilah menunda makan siang terlalu berlebihan, yakni makan siang di sore hari, yakni jam 4 lebih.
  • Menu makan siang sehat yang sebaiknya Anda santap adalah menu-menu bernutrisi, seperti roti, tumis jamur, biji-bijian, atau daging ayam untuk menjaga dan meningkatkan energi tubuh.

3. Makan Malam

Ada beberapa orang yang suka menghindari makan malam sama sekali karena percaya bahwa makan malam menaikkan berat badan. Namun, ada pula sebagian orang yang lebih suka makan malam justru sebelum tidur, padahal bahaya makan malam sebelum tidur itu tidak main-main. Lalu, waktu makan malam seperti apa yang paling benar dan ideal?

  • Sebelum jam 7 malam adalah waktu makan malam paling ideal.
  • Kalaupun Anda sarapan jam 10 pagi, lalu memberi jeda 4 jam untuk makan siang sehingga makan siang menjadi jam 2 siang, artinya makan malam Anda bisa dilakukan jam 6 sore atau setengah 7 petang.
  • Berikan 3 jam untuk selisih antara makan malam dan jam tidur Anda. Hal ini agar proses pencernaan makanan berjalan dengan baik.
  • Tidak dianjurkan untuk menunda makan malam sampai lebih dari jam 10 malam karena ada bahaya makan larut malam yang harus diwaspadai.
  • Kualitas tidur dapat terganggu apabila waktu makan malam sangat dekat dengan jam tidur.

4. Makan Buah dan Sayur

Beberapa orang mungkin mempertanyakan kapan waktu yang baik dan ideal untuk makan buah dan sayur. Pada dasarnya, Anda bisa menyantapnya di antara jam sarapan dan makan siang atau antara jam makan siang dan makan malam sebagai camilan sehat.

Namun, tak salah juga kalau Anda ingin mengonsumsi sayuran serta buah-buahan secara bersama-sama di waktu makan pagi maupun makan siang dan malam asalkan kebutuhan tubuh akan buah dan sayur dapat terpenuhi dengan baik. Hanya saja, konsumsi buah dan sayur tidak dianjurkan pada waktu-waktu tertentu, yakni:

  • Tepat sebelum Anda melakukan olahraga sebab bisa memicu gangguan pencernaan.
  • Saat sedang menderita diare karena kandungan serat tinggi pada sayur dan buah bisa memperburuk kondisi diare.
  • Tepat sebelum tidur karena tinggi serat akan memicu produksi insulin di mana peningkatan kadar insulin malah akan membuat hormon melatonin yang mendukung pola dan proses tidur kita terganggu. Waktu ideal dan tepat mengonsumsi buah dan sayur di malam hari adalah 3 jam sebelum tidur demi proses cernanya berhasil sempurna.

5. Makan dan Latihan Fisik

Bagaimana dengan waktu makan yang dianggap baik ketika Anda adalah seseorang yang aktif melatih fisik alias berolahraga? Ada pula tips penting untuk diperhatikan dan diikuti, yakni tidak memulai latihan dalam kondisi perut masih kosong, khususnya jika hendak melakukan latihan beban. Tak perlu mengisi perut dengan makanan berat sebelum latihan, cukup menikmati telur orak-arik bersama jus buah atau roti isi ikan atau daging ayam bersama susu akan memberikan tenaga cukup untuk berlatih beban.

Itulah sedikit penjelasan tentang waktu makan yang baik, dari waktu makan pagi, makan siang, hingga waktu makan malam berikut waktu makan dan latihan fisik sebagai cara menjaga kesehatan tubuh setiap harinya. Pola makan yang baik dan teratur adalah faktor yang bakal meningkatkan kinerja tubuh sehingga aktivitas pun dapat dijalani dengan sempurna.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat