Coba Tips Makan Malam Agar Tidak Gemuk agar Badan Mu Tetap Langsing

600

Bagi sebagian orang, makan malam adalah sebuah ritual pantangan. Hal ini terkadang juga berlaku bagi mereka yang sedang melakukan diet atau tidak mau menambah kegemukan. Alasan mereka adalah makan malam dapat menimbulkan risiko lebih besar daripada sarapan atau makan siang. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Makan malam justru penting untuk sebagian besar orang. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar makan malam ini justru tidak menjadi sumber penyakit.

Bagi orang yang berdiet, makan malam juga diperlukan. Ada beberapa tips makan malam agar tidak gemuk dan juga tidak menimbulkan permasalah kesehatan. Berikut adalah uraian tips makan malan agar tidak gemuk yang patut Anda cermati.

1. Pilih makanan yang tinggi serat

Walaupun makan malam penting, tetapi sangat penting untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini karena berkaitan dengan aktivitas selanjutnya yaitu tidur malam. Jenis makanan yang cocok dipilih untuk mengenyangkan perut dan juga aman bagi berat badan adalah makanan yang kaya serat. Pilihlah sayuran dengan kandungan serat tinggi, seperti bayam atau brokoli. Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi sumber karbohidrat dalam kadar banyak seperti ketika sarapan atau makan siang. Kandungan kalori dalam sumber karbohidrat akan meningkatkan risiko berat badan naik. Dengan kata lain akan mempercepat berat badan naik. Jika Anda ingin konsumsi sumber karbohidrat maka akan lebih baik untuk memilih nasi merah atau roti yang berbahan dasar dari gandum.

2. Perhatikan waktu makan malam

Tips makan malam agar tidak gemuk selanjutnya adalah mengenai pemilihan waktu makan malam. Jam berapa biasanya Anda makan malam? Perlu diingat bahwa pemilihan waktu makan malam ini berpotensi besar terhadap kenaikan berat badan. Banyak orang yang mengatakan bahwa jangan makan malam ketika sudah lewat pukul 9 malam. Bahkan beberapa juga mengatakan bahwa maksimal makan malam adalah pukul 8 malam. Kira-kira apa yang kaitan jam makan malam dengan berat badan dan kegemukan?

Perlu diketahui bahwa kinerja usus akan maksimal pada jam-jam tertentu. Dan pada pukul 9 malam inilah usus akan mulai beristirahat untuk mencerna dan menyerap sari-sari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika ada makanan yang masuk ke dalam tubuh setelah pukul 9 malam maka proses pencernaan tidak akan berjalan dengan maksimal. Akibatnya akan ada penumpukan lemak yang berakibat pada kenaikan berat badan.

3. Hindari makanan pedas

Hampir setiap orang sangat senang dengan makanan pedas. Bahkan untuk makan malam pun tidak mau ketinggalan untuk makan makanan yang beraroma pedas. Jika Anda termasuk penyuka pedas, sebaiknya hindari jenis makanan ini ketika makan malam. Malam hari berdekatan dengan waktu usus dan saluran pencernaan lainnya beristirahat dari aktivitas pencernaan. Jika Anda memilih makanan pedas untuk makan malam maka justru dapat menjadi penyebab perut kembung.

4. Hindari camilan

Siapa yang tidak suka camilan? Apalagi makan camilan di kala senggang. Hampir semua orang pasti menyukai untuk makan camilan. Dan terkadang waktu malam atau sebelum tidur adalah waktu yang asyik untuk makan camilan. Apalagi camilan dengan kandungan gula dan juga lemak yang cukup tinggi. Biasanya orang akan menyukai camilan gorengan, es krim, atau biskuit untuk menemani waktu sebelum tidur. Namun aktivitas ini sangat tidak baik untuk kesehatan dan juga untuk berat badan. Jika Anda melakukan aktivitas ini hampir di setiap waktu malam Anda maka bersiaplah untuk menghadapi kenaikan berat badan.

Akan tetapi jika memang Anda tidak bisa tidur sebelum makan camilan maka ada alternati lain yang menyehatkan yaitu pilihlah jenis camilan yang rendah kalori. Camilan rendah kalori itu misalnya kurma atau aneka biskuit dari gandum. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan.

5. Banyak minum air putih

Apakah Anda mengetahui tentang terapi air putih. Beberapa orang melakukan terapi air putih untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Cara ini juga bisa dilakukan sebagai tips makan malam agar tidak gemuk. Tentunya bukan dengan cara mengganti makan malam dengar air putih, tetapi memperbanyak minum air putih untuk menunda lapar datang kembali setelah makan malam.

6. Jangan langsung tidur

Tips makan malam agar tidak gemuk selanjutnya adalah jangan langsung tidur selepas makan malam. Kadang hal ini memang sulit dilakukan. Terlebih bagi Anda yang pulang kerja larut malam dan sudah sangat ingin untuk berisitirahat. Akan tetapi cobalah untuk menunda sebentar rasa kantuk Anda dengan melakukan berbagai aktivitas ringan sebelum tidur. Hal ini untuk menghindari rasa perut yang tidak nyaman jika Anda tidur setelah makan. Sebaiknya berilah jeda waktu sekitar satu sampai dua jam sebelum tidur.

7. Lakukan aktivitas fisik

Waktu malam bukan berarti waktu untuk beristirahat penuh. Di waktu ini Anda juga perlu untuk melakukan aktivitas fisik walaupun aktivitas ringan. Hal ini terutama dapat dilakukan setelah waktu makan malam. Jangan melakukan aktivitas berat, karena justru dapat membuat Anda merasa lapar kembali. Anda dapat sekedar berjalan-jalan santai untuk menghindarkan rasa kantuk yang seringkali muncul setelah makan malam. Aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti mencuci piring atau membersihkan meja makan. Walaupun terlihat sederhana, aktivitas ini dapat berperan membakar kalori di dalam tubuh.

8. Meditasi

Jika Anda enggan melakukan aktivitas ringan seperti mencuci piring atau membersihkan dapur, cobalah lakukan meditasi. Meditasi untuk kesehatan 20 manfaat yang salah satunya adalah membuat Anda merasa rileks. Walaupun terlihat sederhana, cara ini juga dapat mencegah terjadinya tumpukan lemak dalam tubuh. Anda cukup melakukan cara ini selama 15 menit dan Anda pun akan merasa segar ketika bangun tidur.

Itulah beberapa tips makan malam agar tidak gemuk dan tetap sehat. Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat. Terima kasih.