Begini 6 Cara Sehat Memasak Ikan Salmon Agar Terjaga Nutrisinya

983

Sekedar informasi bagi anda yang awam, bukanlah merupakan sebuah pekerjaan yang mudah untuk memasak Ikan Salmon, agar kandungan gizi dan nutrisinya tetap terjaga. Jadi tidak asal enak saja melainkan merupakan sajian menarik yang lezat dan penuh gizi bagi si pengkonsumsi.

Diketahui bahwa tekstur Ikan Salmon adalah cenderung lunak sehingga mudah untuk mengolahnya menjadi beragam masakan yang menarik sekalipun buat anak – anak. Nah jika dimasak dengan cara yang tak tepat maka akan berkuranglah kandungan gizi dan asupan nutrisi di dalam daging Ikan Salmon.

Lalu, Bagaimanakah Cara Tepat Dalam Memasak Ikan Salmon ?

Ikan Salmon diketahui sebagai raja ikan karena banyak mengandung nutrisi penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda setiap hari.  Kandungan terbesar dalam daging Ikan Salmon adalah Omega 3 yang berguna untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan kerja dari jantung anda. Kami rangkum dari berbagai sumber berita menyebutkan bahwa satu porsi Ikan Salmon mengandung sekitar 1,2 s/d 1,9 gram zat Asan Lemak Omega 3. Inilah yang menjadi penyebab American Heart Association dunia menyarankan untuk makan ikan berlemak seperti Ikan Salmon dengan porsi seminggu minimal 2 agar manfaatnya benar – benar terasa.

Ikan Salmon kaya akan kandungan vitamin diantaranya adalah vitamin B1, B3, B6, B12, selenium dan mineral. Daging Salmon banyak mengandung zat antioksidan yang ampuh buat melindungi daya kekebalan tubuh manusia agar kuat terhadap serangan penyakit tertentu sehingga tidak mudah sakit.

Meskipun diketahui sebagai raja ikan, anda yang awam dalam dunia medis perlu mengetahui tentang cara – cara mengolah daging Ikan Salmon agar kandungan nutrisinya tetap terjaga ketika sudah matang. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa cara sehat dalam memasak Ikan Salmon dimana bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

1. Salmon Mentah

Apakah anda adalah seorang pecinta masakan khas Jepang contohnya adalah Sushi atau Sashimi ? Nah dua sajian khas Jepang ini memanfaatkan Ikan Salmon segar alias masih mentah sebagai bahan utama. Diketahui bahwa Ikan Salmon mentah yang segar banyak mengandung zat Asam Omega 3 dalam jumlah yang cukup besar. Didukung oleh rasa yang lezat dan tidak terlalu amis, Ikan Salmon enak dimakan dalam keadaan mentah asalkan ikan ini baru ditangkap. Meskipun daging Ikan Salmon mentah tidak berbahaya untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah, anda tetap harus berhati – hati untuk memperhatikan kebersihan dan kesegaran dari ikan ini.

Ketika sedang membeli di pasar, pastikan anda tidak salah dalam memilih Ikan Salmon yang berkualitas dan memotongnya yang menarik dan dengan cara benar lalu cuci dengan air bersih yang mengalir. Karena jika salah dalam memotong maka akan berpengaruh buruk terhadap cita rasa dari daging Salmon akan melunturkan rasa gurih manis yang alami menjadi amis dan hambar.

2. Salmon Direbus

Cara sehat kedua dalam memasak Ikan Salmon adalah dengan merebus. Sediakan panci berukuran besar lalu daging Ikan Salmon yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong masukkan ke dalam panci yang diisi dengan air bersih hingga penuh, selanjutnya direbus hingga matang yaitu membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Agar memperoleh cita rasa ikan lebih enak maka anda dapat menambahkan bumbu pelengkap.

Hasilnya adalah daging Ikan Salmon yang lembut, gurih dan lezat disantap dengan menu pendamping lainnya seperti sambal, atau menjadi pelengkap membuat salad Ikan Tuna, tambahkan pasta kentang dan sayur asparagus.

3. Salmon Dibakar

Cara sehat ketiga dalam mengolah Ikan Salmon adalah dengan cara dibakar seperti halnya terhadap jenis ikan lainnya. Daging Ikan Salmon bersifat agak lunak dan mudah matang serta tidak mudah hancur ketika dimasak. Ikan Salmon bakar merupakan cara tersehat dalam mengolah ikan didukung oleh cita rasa lebih menarik dan pas ditambahkan dengan bumbu pelengkap apa saja. Sehingga Ikan Salmon bakar banyak dijual di warung-warung makan tradisional hingga kafe gaul dan resto mewah.

Anda tak membutuhkan lemak tambahan kecuali olesan sedikit minyak goreng pada panggangan pertama dan terakhir, selama 10 s/d 15 menit akan menghasilkan tekstur daging ikan yang menarik dengan rasa gurih, dijamin anak – anak pun akan menyukainya. Untuk mendapatkan cita rasa lebih mantap maka berikan perasan Lemon / Jeruk Nipis di atas daging Ikan Salmon ketika dipanggang. Dan jangan lupa saat menyajikan beri tambahan menu pendamping berupa irisan mentimun dan tomat segar, atau daun selada segar dan paprika sehingga asupan gizi dari ikan ini semakin sempurna.

4. Salmon Dipanggang

Cara memasak Ikan Salmon dipanggang adalah bisa dalam bentuk dipotong-potong atau utuh namun sudah dibersihkan sebelumnya. Metode memasak ikan dengan cara dipanggang adalah cukup menyehatkan tubuh bagi si pengkonsumsi, karena tidak membutuhkan lemak atau kalori tambahan ke dalam daging Salmon.

Proses memanggang sekitar 20 s/d 39 menit dalam oven dan tergantung anda dalam memilih suhu panggangan. Agar lebih gurih, anda dapat menambahkan sedikit olesan Minyak Zaitun dan perasan Jeruk Nipis ke atas daging Salmon. Nah jika sudah matang maka sajikan Ikan Salmon panggang dengan tambahan salad sayur yang nikmat. Anda dan keluarga pasti menyukainya.

5. Salmon Diasap

Pada umumnya Ikan Salmon asap disajikan sebagai salah satu camilan sehat menjelang anda makan siang atau makan malam dengan menu besar. Sebelum diasap, langkah pertama adalah membalur daging Ikan Salmon yang sudah dibersihkan dengan racikan bumbu sesuai kesukaan anda, biarkan beberapa saat dalam wadah tertutup rapat di kulkas agar bumbu meresap dengan sempurna, selanjutnya barulah Ikan Salmon berbumbu diasap hingga matang dan mengeluarkan aroma lezat.

Salmon asap tidak banyak mengandung zat Asam Lemak Omega 3 seperti pada Salmon Mentah atau Salmon Kaleng. Maka dari itu jika anda ingin membeli Salmon asap siap saji di mall – mall, perhatikanlah label kemasan untuk kandungan gizi di dalamnya.

6. Salmon Kalengan

Ikan Salmon kalengan merupakan salah satu makanan kalengan yang banyak mengandung nutrisi bagus untuk pertumbuhan gizi anak – anak dan kesehatan secara umum terhadap orang dewasa jika mengkonsumsinya dengan rutin setiap hari dalam porsi tepat. Ikan Salmon kalengan biasanya berkualitas dan awet secara alami untuk jangka waktu seminggu, nah jika anda malas memasak kembali Ikan Salmon kalengan, jangan khawatir karena cita rasa di dalamnya masih utuh yaitu lezat serta nutrisi ikan tetap terjaga.

Yang menyebabkan Ikan Salmon kalengan awet adalah bahan – bahan bumbu dipilih yang pas, cara penyajiannya adalah dengan menambahkan bahan – bahan pendamping lainnya yaitu roti gandum, selada segar, irisan tomat dan mentimun. Namun hindari menambahkan soas mayonaise atau taburan keju agar asupan kalori dalam menu ini seimbang.