Inilah Kencur, Menyimpan Manfaat yang Paling Dibutuhkan Tubuh

688

Pada umumnya obat-obatan herbal dimanfaatkan sebagai media pencegah dibandingkan dengan fungsi utama untuk pengobatan. Salah satunya adalah terhadap rempah Kencur. Obat herbal dari olahan bahan utama memakai rinpang Kencur ini dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan terutama untuk anak-anak.

Di Pulau Dewata, Bali, banyak warga Bali mengaplikasikan daun Kencur untuk campuran membuat sayur Urap yang rasanya enak. Nah kami rangkum dari berbagai sumber berita melalui artikel ini akan menjelaskan tentang manfaat rimpang Kencur sebagai obat tradisional bernama jamu, sedangkan untuk ruang lingkup lebih besar Kencur dimanfaatkan sebagai bahan industri kosmetik, penyedap rasa minuman tertentu dan rempah-rempah untuk memasak dan memperenak rasa sayur atau lauk-pauk teman makan nasi.

Jamu Kencur sangat terkenal dikalangan remaja putri dan wanita sejak jaman dulu kala yang berasa gurih dan harum, manis dan segar sehingga anak-anak pun menyukainya. Secara garis besar di bawah ini kami berikan manfaat dari rempah Kencur sebagai berikut :

  • Ampuh buat mengurangi rasa pegal linu pada tubuh,
  • Ampuh untuk menyegarkan tubuh dan menjaga stamina tubuh tetap dalam kondisi prima,
  • Ampuh buat meredakan rasa nyeri,
  • Ampuh buat mencegah jerawat serta sekaligus sebagai obat pelangsing.

Pengaplikasian Kencur Sebagai Jamu Beras Kencur

Langkah-langkah dalam membuat Jamu Beras Kencur di rumah adalah :

Komposisi yang dibutuhkan adalah rimpang Kencur sebagai bahan utama, Jahe, Asam, Beras, Air dan Gula Merah serta secukupnya saja Garam. Pertama – tama beras dicuci bersih lalu sanggrai sampai matang dan mengeluarkan aroma wangi. Lalu tumbuk hingga halus berbentuk tepung, setelah itu campurkan semua bahan yang sudah dicuci bersih dalam porsi secukupnya untuk ditumbuk hingga membentu pasta kasar, rebus dengan air bersih hingga mendidih sambil diaduk – aduk dan saring. Masukkan dalam botol tertutup rapat. Siap diminum untuk semua usia. Rasanya segar, manis dan gurih apalagi jika diminum pada waktu siang hari bersama dengan es batu. Berfungsi sekali sebagai penghilang rasa haus dan menambah nafsu makan pada anak-anak.

Dalam tanaman Kencur banyak mengandung zat-zat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh seperti :

  • Mineral sekitar 13,73%
  • Gom dan Pati sebesar 4,14%
  • Minyak Atrisi sebesar 0,02% berupa Asam Anisat, Asam Metal, Alkaloid, Penta Dekaan, Asam Sinamat, Berneol, Etil Esterke, Kamphene, Paraeimarin, dan Sineol.

Kandungan bernutrisi tersebut di atas cocok dijadikan sebagai bahan untuk membuat jamu kesehatan herbal yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Nah manfaat apa yang bisa anda rasakan jika mengonsumsi Jamur Beras kencur setiap hari :

1/Menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Zat Antioksidan banyak terkandung di dalam Kencur yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit ringan hingga penyakit akut.

2/Meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak.

Kandungan dalam jumlah cukup besar berupa Minyak Atrisi pada daging Kencur mempunyai sifar ‘carminative’ yang ampuh buat menambah nafsu makan.

3/Mengobati radang sendi.

Zat kurkumin dalam daging Kencur berfungsi untuk obat radang sendi seperti halnya zat fenilbutazon sebesar 100 miligram.

4/Manfaat Kencur untuk obat batuk.

Jika anda mendapatkan gejala batuk-batuk ringan maka bisa diatasi dengan cara mengonsumsi kencur segar atau sudah diolah menjadi jamu. Contohnya adalah Jamu Kencur Jeruk Nipis. Bersihkan dan kuliti Kencur lalu diparut. Setelah itu diperas untuk diambil sarinya saja. Campur dengan setetes air Jeruk Nipis segar diberi Madu. Diminum 3 kali dalam sehari.