Makan Buah Setelah Makan Baik Atau Tidak? Ini Penjelasannya

934

Banyak orang masih bingung tentang apakah sebaiknya makan buah setelah makan atau justru paling baik sebelumnya. Ada beberapa orang yang terbiasa makan buah sebelum makan, tapi sebagian lagi rutin mengonsumsi buah sesudahnya. Namun ketika ingin memperoleh khasiat dan nutrisi penuh dari buah tersebut, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya?

Makan buah yang paling baik setelah makan atau sebelumnya?

Menurut Dr. Guali Datta, yakni seorang pakar gizi dari India, tak ada yang namanya waktu yang baik atau tidak baik untuk makan buah, dilansir dari DetikFood.com. Ini karena buah segar selalu menutrisi tubuh dan menyehatkannya kapanpun Anda mengonsumsinya sehingga kapan saja oke dan akan jauh lebih baik kalau bisa konsumsi setiap hari.

Apabila memilih untuk makan buah setelah makan, tapi makanan yang Anda asup terlalu banyak, otomatis harus ada sedikit jeda sebelum mengonsumsi buah. Namun jika ingin makan buah sebelum makan pun juga tak masalah apalagi kalau perut masih dalam kondisi kosong.

Menurut beberapa penelitian, makan buah sesudah makan nasi justru akan membuat proses pencernaan melambat sehingga lebih baik makan buah saat perut kosong. Namun, hal ini mendapat bantahan bahwa tak ada masalah kalau makan buah justru sesudah makan sebab pencernaan yang lambat akan membuat rasa kenyang lebih tahan lama.

Hanya saja, untuk Anda yang memilih waktu makan buah sebelum makan utama, perhatikan beberapa buah yang tak dianjurkan untuk dimakan saat perut masih kosong, seperti:

  • Tomat
  • Jambu
  • Kesemek
  • Jeruk
  • Pisang ambon
  • Nanas
  • Buah pir

Beberapa jenis buah tersebut berisiko memicu kenaikan asam lambung, jadi sebaiknya makanlah buah-buah tersebut setelah makan nasi saja agar pencernaan aman.

Tips Makan Buah yang Sehat Setiap Hari

Bagi Anda yang sebelumnya sempat bingung kapan waktu paling tepat untuk makan buah, kini tak lagi perlu khawatir sebab Anda bisa makan buah kapanpun Anda mau. Namun bila Anda punya riwayat gangguan pencernaan pada lambung, sebaiknya hindari makan buah sebelum makan apalagi buah yang kaya kandungan gas.

Berikut adalah sejumlah tips makan buah yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk memulai pola makan dan hidup yang sehat setiap harinya.

  • Jika ingin menyantap buah, maka makanlah buah dalam satu waktu. Jika ingin minum susu atau makanan lainnya, pastikan untuk mengonsumsi setelah makan buah saja.
  • Menyantap buah bersama dengan sayur sah-sah saja seperti dilansir dari Kompas Lifestyle, Anda bisa memakannya baik saat makan pagi, siang maupun malam.
  • Pilihlah buah yang bisa menjaga berat badan Anda. Tapi kalau memang sudah kurus juga bukan berarti Anda tidak bisa makan buah, sebab buah pada dasarnya membantu melancarkan pencernaan sekaligus memberi tambahan nutrisi pada tubuh sehingga Anda tak perlu khawatir.
  • Apabila bosan dengan cara konsumsi buah secara langsung, buatlah variasi. Buah bisa Anda buat menjadi minuman jus, smoothie, hingga rujak.
  • Sah-sah saja jika Anda ingin mengonsumsi buah kering, seperti persik, aprikot, kurma, kismis dan juga plum kering. Ini karena di dalam buah-buah kering tersebut pun masih ada kandungan tinggi akan serat.
  • Mengonsumsi buah beku ataupun kemasan pun tak ada larangan sebab manfaat yang ditawarkan dari buah-buah tersebut pun kurang lebih hampir sama dengan yang ada pada buah segar. Hanya saja, setiap kali membeli perhatikan seberapa besar kandungan gula di dalamnya.

Jadi, makan buah setelah makan baik atau tidak? Atau justru seharusnya sebelum makan? Kapan saja boleh dan pasti menyehatkan tubuh, tinggal tergantung dari buah apa yang Anda pilih untuk konsumsi seperti yang sudah diuraikan sebelumnya. Selamat mencoba makan buah setiap hari sebagai bagian dari tips diet sehat dan dapatkan nutrisi yang banyak untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh Anda.