10 Cara Mencegah Mabuk Laut Sebelum dan Saat Bepergian

8701

Sebagai salah satu negara kepulauan yang sangat besar, Indonesia sudah pasti memiliki banyak sekali lautan yang bisa dijelajahi. Biasanya, lautan sering kali dimanfaatkan sebagai implementasi alat transportasi berupa perahu dan juga kapal laut. Kapal laut saat ini masih sangat populer sebagai salah satu model transportasi yang dapat diandalkan untuk bepergian antar pulau dan sebagai media transportasi dalam bisnis perdagangan, baik dalam dan juga luar negeri.

Bepergian dengan menggunakan kapal laut sendiri hampir sama dengan resiko bepergian dengan menggunakan transportasi lainnya. Salah satu resiko yang dapat muncul ketika seseorang bepergian dengan menggunakan kapal laut adalah munculnya gejala mabuk laut.

Gejala Mabuk Laut

Mabuk laut sendiri sama saja seperti anda mengalami mabuk darat (ketika bepergian menggunakan jalur darat) dan  mabuk udara (ketika bepergian dengan menggunakan jalur udara). Mabuk laut dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan cairan di dalam telinga kita yang bertugas mengatur keseimbangan tubuh. Kondisi kapal yang bergerak, akan membuat lautan yang diarungi menjadi ikut bergerak. Nahh, demikian ketika kita melihat pada bagian dek kapal, kita melihat seolah-olah kapal yang kita naiki hanya diam di tempat dan tidak bergerak. Hal inilah yang dapat menyebabkan keseimbangan tubuh kita bisa menjadi kacau dan menyebabkan mabuk laut.

Bagi mereka yang sudah terbiasa, mabuk laut tidaklah menjadi masalah berarti. Namun demikian, mabuk laut akan sangat mengganggu bagi mereka yang memang tidak terbiasa menggunakannya, karena dapat menyebabkan gejala sebagai berikut :

Bagi anda yang takut mengalami munculnya gejala mabuk laut, anda tidak perlu khawatir. Mabuk laut bisa dicegah bahkan dengan cara yang sangat sederhana sekalipun. Beberapa hal dibawah ini bisa anda terapkan untuk mencegah mabuk laut. Untuk mencegah munculnya mabuk laut, ada 2 fase yang dapat dilakukan, yaitu sebelum melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut, dan juga mencegah mabuk laut ketika sudah berada di atas kapal laut.

Cara Mencegah Mabuk Laut Sebelum Naik ke Kapal Laut

Untuk menghindari terjadinya mabuk laut, anda dapat mencegahnya sebelum naik ke kapal laut. Ketika melakukan pencegahan ini, maka kemungkinan anda mengalami mabuk laut selama perjalanan akan berkurang. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mabuk laut sebelum mulai bepergian :

1. Makan dengan porsi cukup sebelum pergi

Sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal laut, maka anda wajib untuk mengisi perut terlebih dahulu.

Ya, makanlah terlebih dahulu sebelum memulai bepergian dengan menggunakan kapal laut. Perut kosong yang belum terisi sama sekali akan memicu terjadinya mabuk laut dan juga mual selama perjalanan menggunakan kapal laut. Jangan lupa untuk memakan makanan yang sehat seperti :

2. Istirahat yang cukup sebelum pergi

Kelelahan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan mabuk laut. Jadi ada baiknya sebelum anda naik ke kapal dan mulai perjalanan menggunakan kapal laut, terutama perjalanan yang cukup jauh, anda wajib bersitirahat, paling tidak tidur selama 1 – 2 jam sebelum naik ke kapal laut untuk berlayar.

Tubuh yang kurang istirahat juga bisa mengalami ciri-ciri seperti :

3. Minum air yang cukup, hindari dehidrasi

Dehidrasi juga merupakan faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya mabuk laut. Cukupilah kebutuhan air anda sebelum mulai pergi berlayar dengan kapal laut. Kekurangan cairan dapat menyebabkan anda mengalami rasa pusing dan juga pening, dan dapat bertambah parah apabila anda tidak mendapatkan lokasi beristirahat yang nyaman di kapal laut.

Dehidrasi ini juga dapat menimbulkan kondisi yang serius seperti :

4. Minumlah minuman jahe sebelum berpergian

Minuman jahe dapat membantu mengurangi rasa mual dan pusing. Karena itu, sebelum berpergian dengan menggunakan kapal laut, cobalah untuk minum minuman jahe,atau makan permen jahe untuk mencegah terjadinya mabuk laut selam perjalanan.

Jahe juga sangat baik untuk mengatasi :

5. Apabila perlu minumlah obat anti mabuk laut

Yang terakhir sebelum mulai bepergian dengan menggunakan kapal laut, ada baiknya anda mengkonsumsi obat anti mabuk laut yang sudah banyak dijual di pasaran. Dengan meminum obat tersebut, maka anda bisa lebih tenang dan dapat terhindar dari gangguan mabuk laut selama perjalanan.

Cara Mencegah Mabuk Laut Ketika Sudah Mulai Berlayar

Cara lainnya untuk mencegah terjadinya mabuk laut bisa anda lakukan di atas kapal laut, ketika kapal laut sudah mulai berlayar. Cara ini dapat mencegah terjadinya mabkk laut secara tiba-tiba yang disebabkan oleh kondisi perjalan laut yang tidak terduga. Berikut ini adalah cara mencegah mabuk laut di atas kapal yang sudah berlayar :

1. Hindari bau menyengat di atas kapal laut

Kita tidak tau barang apa saja yang ada di atas kapal. Mencium bau yang menyengat pada dek kapal, seperti bau bahan bakar kapal, atau bau menyengat lainnya akan memicu munculnya mabuk laut. Karena itu, untuk mencegah mabuk laut, anda disarankan untuk menghindari bau-bauan menyengat seperti bahan bakar kapal.

Bau menyengat ini bisa diakibatkan oleh :

2. Jangan melakukan aktivitas berat dan membutuhkan konsentrasi tinggi

Aktivitas yang terlalu berat, seperti mengetik di depan komputer, merakit sesuatu, membetulkan perangkat merupakan salah satu aktivitas yang kemungkinan dapat menyebabkan mabuk laut. Hindari aktivitas yang terlalu berat dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Sebaliknya, lakukanlah aktivitas ringan, seperti olahraga, bercanda dan beristirahat di atas kapal laut untuk mencegah mabuk laut.

Aktivitas yang berat juga bisa menyebabkan beberapa hal yaitu :

3. Usahakan hindari terlalu lama menatap benda statis, seperti dek kapal, dan layar handphone

Benda statis seperti dek kapal dan juga layar handphone yang ditatap terlalu lama akan memicu munculnya mabuk laut. Biasakan pandangan anda lebih sering menatap benda yang bergerak aktif, seperti air laut, pergerakan awan, melihat orang yang berjalan-jalan dan juga melakukan sesuatu yang aktif.

4. Arahkan pandangan anda ke lautan lepas

Apabila anda merasakan kemunculan gejala mabuk laut, cobalah untuk mengarahkan pandangan anda pada lautan lepas. Rasakan angin laut yang segar dan juga menyejukkan, serta pemandangan biru laut yang dapat menyejukkan pikiran anda, sehingga anda dapat terhindar dari mabuk laut.

5. Hindari berada pada area kapal yang pengap dan banyak orang

Kapal laut merupakan angkutan umum. Bukan tidak mungkin akan terjadi kondisi dimana salah satu area kapal mengalami keramaian oleh para penumpang. Kondisi area kapal yang terlalu banyak orang akan menyebabkan sakit kepala, pusing dan kemungkinan akan menyebabkan mabuk laut. Karena itu, hindarilah area kapal yang terlalu ramai agar terhindar dari mabuk laut.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk cara mencegah mabuk laut saat beeprgian. Semoga artikel mengenai cara mencegah mabuk laut ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan perjalanan laut dengan menggunakan kapal laut agar terhindar dari mabuk laut.