17 Cara Mengatasi Mual Karena Masuk Angin Paling Mudah Dilakukan

2887

Masuk angin kerap dianggap sebagai sebuah kondisi yang sepele dan merupakan penyakit ringan yang bisa cepat sembuh. Namun pada saat mengalaminya, tentu Anda merasa tak nyaman bukan ketika beraktivitas? Mual adalah salah satu tanda Anda masuk angin yang biasanya disertai pula dengan demam, buang angin, sering bersendawa, pegal-pegal, hingga diare. Jadi, adakah cara mengatasi mual karena masuk angin?

  1. Mengikuti Keinginan Muntah

Mual pada umumnya juga diikuti dengan keinginan untuk muntah bukan? Jangan ditahan dan lebih baik muntahkan saja karena itu tandanya ada sesuatu di dalam tubuh Anda yang memang tidak seharusnya ada di sana. Dengan memuntahkannya, Anda pun akan jauh lebih lega setelahnya.

  1. Minum Teh Jahe

Jahe adalah rempah yang berkhasiat dalam banyak kasus gangguan kesehatan, termasuk mual karena masuk angin. Cobalah untuk memarut jahe secukupnya yang bisa kemudian direbus, jika sudah mendidih angkat lalu saring. Minumlah wedang jahe hangat-hangat supaya perut tak lagi mual dan masuk angin cepat sembuh.

  1. Minum Air Kelapa

Perut mual dan terasa tidak nyaman disertai muntah karena masuk angin juga bisa coba Anda atasi dengan meminum air kelapa. Ada kandungan tanin di dalam air kelapa yang siap untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Air kelapa pun menjadi cara yang alami dalam mencegah tubuh mengalami dehidrasi selama mual dan muntah.

  1. Makan Sup Ayam

Sup ayam hangat paling nikmat kalau dikonsumsi saat sedang masuk angin yang menimbulkan gejala semacam mual dan kedinginan. Jika selera makan pun berkurang, maka sangatlah tepat bila Anda mencoba mengonsumsi sup ayam sedikit demi sedikit supaya badan hangat dan nafsu makan meningkat lagi.

  1. Berkumur Larutan Air Garam dan Baking Soda

Cara lainnya yang bisa Anda coba dalam mengatasi masuk angin yang menyebabkan rasa mual adalah berkumur menggunakan campuran air hangat, garam dan baking soda secukupnya. Berkumurlah dengan cara kepala dihadapkan ke arah atas tapi jangan sampai Anda menelannya. Buang airnya sesudah lewat 15 menit.

  1. Mengompres Hangat

Perut mual dapat juga Anda atasi dengan cara mengompres bagian perut. Anda bisa coba mencelupkan kain atau handuk bersih ke dalam air hangat, memerasnya sebelum ditempelkan selama 10-15 menit pada area perut. Namun bantalan air panas atau botol air panas pun juga sebenarnya dapat Anda andalkan.

  1. Mandi Air Hangat

Mual karena masuk angin sebaiknya juga ditangani dengan mandi air hangat. Untuk menghilangkan rasa mual, masuk angin juga perlu diatasi sehingga untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh, cobalah mandi menggunakan air hangat. Ini karena air hangat memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi tubuh.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Untuk kasus masuk angin, minyak kayu putih sangat membantu dalam membuat tubuh jauh lebih baik dan segar. Oleskan minyak kayu putih pada area perut sekaligus dada dan leher; bahkan tak masalah jika Anda ingin mengoleskannya di area punggung juga. Cara ini akan membuat rasa mual mereda dan tubuh terasa enakan.

  1. Minum Air Rebusan Daun Pepaya

Sediakan daun pepaya sekitar 5 lembar berikut seliter air yang bisa Anda rebus bersama hingga airnya tersisa separuhnya. Sesudah diangkat, saring lebih dulu dan minum air rebusannya selagi hangat. Ada kandungan antibiotik dan antioksidan yang ditawarkan oleh daun pepaya sehingga bisa Anda manfaatkan ketika masuk angin sekalipun.

  1. Minum Teh Campur Lemon dan Madu

Anda bisa coba membuat secangkir teh yang ditambah perasan lemon serta madu secukupnya. Dalam kondisi hangat Anda dapat menikmatinya ketika mual menyerang di kala masuk angin. Konsumsi dianjurkan sebelum tidur malam di mana efek baiknya bakal terasa saat Anda bangun esok paginya.

  1. Minum Air Putih

Mungkin ada beberapa orang beranggapan bahwa minum air putih hanya akan menambah rasa mualnya, padahal konsumsi air putih asalkan dilakukan secara pelan-pelan dan sedikit-sedikit justru membantu meredakan rasa mual. Cara ini adalah langkah dalam menghindari gejala dehidrasi apabila mual diikuti muntah.

  1. Minum Teh Manis

Cara mudah lainnya dalam mengobati mual dikarenakan masuk angin adalah dengan mengonsumsi teh manis. Meski begitu, jika Anda lebih memilih teh tanpa ditambah gula pun khasiatnya sama besarnya dalam meredakan mual asalkan diminum hangat-hangat.

  1. Minum Teh Mint

Anda cukup perlu merebus 10 lembar daun mint yang sudah dibersihkan bersama seliter air. Tunggu mendidih, angkat lalu saring daun mint tersebut lebih dulu (daun mint segar maupun kering bisa digunakan). Sesudahnya, teh mint siap Anda minum selagi hangat dan konsumsilah teratur sampai masuk angin sembuh serta mual hilang.

  1. Menghindari Kopi

Selama perut terasa mual karena masuk angin, hindari minum kopi lebih dulu walau kopi hangat/panas sekalipun. Ini karena kopi berkafein tinggi bisa menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah yang memicu ketidaklancaran aliran darah. Hal ini mampu membuat rasa mual bertambah sekaligus tubuh makin kedinginan.

  1. Minum Air Rebusan Ubi Merah

Siapkan sebuah ubi merah yang bisa Anda kupas lebih dulu dan bersihkan dengan mencucinya. Ubi merah ini dapat direbus bersamaan dengan bubuk kayu manis dan gula merah cukupnya, ditambah pula dengan cengkeh 4 butir, merica 8 butir, jahe merah serta kapulaga 8 butir. Didihkan, angkat lalu saring dulu sebelum air rebusan bisa Anda minum hangat-hangat.

  1. Menghindari Aktivitas Merokok

Merokok sama seperti ketika Anda minum kopi, hal ini justru berpengaruh pada fungsi pembuluh darah dalam mengalirkan darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Penyempitan pada pembuluh darah dapat menyebabkan tubuh mudah kedinginan dan bisa memperparah rasa mual. Untuk menghindari pula segala jenis penyakit akibat merokok, hentikan kebiasaan ini segera.

  1. Memperbanyak Istirahat

Mual karena masuk angin menandakan bahwa Anda perlu beristirahat lebih banyak. Kurangi aktivitas fisik berlebihan, termasuk begadang. Tidur adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki seluruh jaringan maupun sel tubuh sehingga ini adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang alami. Dengan tidur cukup, Anda akan pulih kembali dengan cepat.

Kiranya serangkaian cara mengatasi mual karena masuk angin paling mudah dilakukan di atas benar-benar bisa membantu dalam menyembuhkan mual sekaligus masuk angin Anda secara cepat dan alami. Segera ke dokter apabila mual dan muntah-muntah terjadi 2 hari lebih, mengalami kehilangan kesadaran, demam tinggi, sakit kepala dan sakit perut berlebihan.