Wajah Berflek Hitam Gara-gara KB? Intip 9 Cara Atasinya

137

Pil KB ataupun KB suntik memang dipercaya efektif dalam menjadi penunda kehamilan, namun tak selalu aman juga lho. Ada efek samping pil KB maupun KB suntik bagi tubuh pengguna atau pengonsumsinya. Salah satu contoh umum efeknya adalah timbul flek hitam pada wajah yang biasanya cukup bandel dan sulit dalam menghilangkannya; jika demikian, inilah beberapa rekomendasi cara atasi flek-flek tersebut.

  1. Putih Telur

Bagi yang tidak masalah dengan bau amis bisa coba gunakan putih telur ayam kampung. Pisahkan dulu putih dan kuningnya, tuang pada sebuah wadah bersih (mangkuk kecil). Putih telur bisa dikocok lebih dulu sampai busa keluar, masukkan 1-2 sendok makan madu, campurkan merata barulah dioles pada wajah. Tunggu 20 menit sebelum menggunakan air hangat dalam membilas bersih masker alami tersebut.

  1. Tomat

Kaya akan likopen, tomat bisa membantu warna kulit lebih cerah dan merata. Jadi, cukup siapkan sebuah tomat merah yang pastinya harus kita cuci lebih dulu, potong-potong, lalu blenderlah. Gunakan kuas untuk mengoles pada wajah, tunggu 20 menit sebelum membilasnya sampai bersih dengan air biasa. Penggunaan seminggu 3 kali adalah yang paling dianjurkan agar hasil terbaik bisa diperoleh.

  1. Teh

Sisa daun teh usai membuat dan menikmati teh jangan dibuang dulu ya. Rendaman teh bisa dibiarkan saja semalaman dan usap air hasil rendaman teh tadi pada area wajah yang berflek hitam. Tunggu mengering sendiri, barulah pakai air hangat untuk membasuh bersih wajah. Jangan lupa, susul dengan menerapkan jeruk nipis di wajah hingga merata, diamkan hingga kering, bilas dengan air hangat.

  1. Timun

Timun memang sudah biasa dijadikan sebagai masker wajah, namun banyak wanita belum tahu kalau flek pada wajah akibat KB bisa ditangani dengan bahan alami satu ini. Siapkan sebuah timun, cuci bersih, parut sampai akhirnya bisa dibalurkan ke wajah menjadi masker. Tunggu sampai kering atau sekitar setengah jam saja, basuh dengan air; kalau cara ini, dianjurkan sehari 2 kali setiap hari ya.

  1. Lemon

Buah berkandungan vitamin C tinggi ini siap mencerahkan kembali wajah yang dipenuhi dengan flek hitam. Cukup sedia sebuah lemon, potong jadi beberapa bagian kecil, oles ke wajah secara merata pada wajah (pastikan sebelumnya sudah mencuci wajah). Tunggu 15 menit sebelum menggunakan air hangat sebagai pembilas.

  1. Kentang

Kentang adalah jenis umbi-umbian yang vitamin dan karbohidratnya tinggi di mana bahan alami ini sudah terbukti ampuh dalam menghilangkan segala flek hitam maupun masalah mata panda. Sediakan sebuah kentang yang sudah dicuci, parut dan haluskan. Balur pada wajah secara merata dan lakukan perawatan ini rutin agar bisa memperoleh hasil terbaik.

  1. Bengkoang

Sediakan sebuah bengkoang, parut atau blender sampai halus, balurkan pada wajah yang berflek hitam. Tunggu kurang lebih setengah jam sebelum dibersihkan. Bersihkan dengan cara mengusapkan kain atau handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat. Lakukan sekali seminggu atau dua hari sekali secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

  1. Alpukat

Untuk menghilangkan flek hitam secara alami, alpukat bisa juga dimanfaatkan. Setengah buah alpukat yang dihaluskan bisa lalu dibalurkan merata pada wajah. Tunggu sampai kurang lebih 15-20 menit sebelum kemudian dibilas menggunakan air biasa. Boleh kalau ingin mencampurkannya dengan jeruk nipis.

  1. Gula

Scrub dari gula mungkin lebih sering digunakan sebagai pencerah bibir gelap, namun sebenarnya gula pasir pun bisa digunakan sebagai pengangkat sel-sel kulit mati lalu meregenerasinya jika melakukan cara ini seminggu 4 kali rutin. Sediakan gula pasir 3 sendok makan, garam 1 sendok makan dan minyak zaitun 3 sendok makan. Seluruh bahan diaduk campur sampai rata, terapkan ke wajah, gosok lembut dan tunggu 20 menit atau sampai mengering sebelum membilas bersih dengan air hangat.

Itulah deretan cara bikin flek hitam pada wajah gara-gara KB bisa memudar secara alami. Selamat mencobanya di rumah dan kiranya dapat bermanfaat jika dilakukan rutin apalagi sesuai aturan.