Sering Stres Setelah Bekerja? Intip 9 Cara Ampuh Hilangkannya

209

Setelah seharian bekerja, biasanya pasti stres atau tekanan dari pekerjaan masih terus membayangi. Jangan sampai hal ini kemudian menjadi penyebab stres berkepanjangan atau bahkan mengganggu hubungan kita dengan orang terdekat. Oleh sebab itu, intip cara-cara ampuh untuk hilangkan stres terutama sehabis bekerja berikut ini.

  1. Mendengarkan Musik/Lagu Favorit

Sedang stres-stresnya sehabis kerja, salah satu cara untuk bebas stres adalah mendengarkan lagu atau musik kesukaan sehingga tingkat hormon stres bisa diturunkan sementara emosi positif dalam diri kita dapat meningkat. Hormon endorfin atau hormon kebahagiaan juga dapat terproduksi makin besar saat kita menggerak-gerakkan tubuh sesuai irama musiknya.

  1. Mengunyah Permen Karet

Tepat setelah bekerja dan rasa stres masih tertinggal, cobalah hilangkan dengan mengunyah-ngunyah permen karet. Menurut hasil penelitian di Inggris dan Australia, rasa cemas dapat berkurang dengan mengunyah permen karet. Hal ini juga berpengaruh pada kadar hormon kortisol air liur yang menurun.

  1. Menulis

Telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di tahun 2010 bahwa menulis adalah salah satu cara menghilangkan stres pikiran sehabis bekerja. Jika senang menulis, maka tulislah hal-hal apa saja yang membuat stres; lakukan ini selama 20 menit dan biasanya melakukan ini cukup dua hari berturut-turut saja bisa berefek pada berkurangnya rasa stres karena emosi negatif kita dapat teratasi.

  1. Mengonsumsi Teh Hitam

Setelah bekerja, ada baiknya menikmati dulu teh hitam supaya mampu meredakan tekanan dan stres. Ada antioksidan di dalam teh hitam yang siap menjadi penangkal efek radikal bebas sekaligus menjadi penenang saraf otak yang alami sehingga setelah mengonsumsinya kita jadi makin rileks dan jauh dari stres.

  1. Menghindari Media Sosial dan Mengecek Email

Usai bekerja, beberapa orang mungkin tertarik untuk bermedsos ria dan mengobrol dengan teman-teman. Hanya saja, media sosial kini lebih cenderung menimbulkan tambahan stres ketimbang meredakannya, maka jika media sosial malah sering membuat tertekan jangan ragu menghindarinya. Hindari juga aktivitas mengecek email atau apapun yang berhubungan dengan pekerjaan.

  1. Mandi Air Hangat

Otot-otot pasti tegang usai bekerja, tak hanya stres mental, pasti fisik ikut stres. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi stres yang paling tepat adalah mandi dengan air hangat. Dijamin stres reda karena tubuh juga jauh lebih rileks serta segar.

  1. Pijat

Jika ada waktu, usai bekerja bisa menjadi kesempatan untuk melepas stres dengan cara pijat. Pijat termasuk cara menghilangkan gejala stres dan depresi karena saraf akan jauh lebih tenang setelah dipijat. Tentu saja, datanglah kepada ahli pijat yang benar-benar terpercaya atau bisa juga meminta tolong pasangan maupun anggota keluarga untuk memijat Anda.

  1. Membaca Buku

Bagi yang hobi membaca, cobalah untuk membaca buku favorit setelah pulang dari bekerja. Rasa stres bakal hilang secara efektif karena produksi hormon yang baik di dalam tubuh bisa meningkat. Bahkan menurut beberapa penelitian, ketimbang obat anticemas, membaca buku terbukti lebih ampuh menjadi pereda stres.

  1. Berkumpul Bersama Keluarga

Stres dan beban karena pekerjaan biasanya bisa hilang kalau sudah bertemu anak dan istri. Jadi saat sudah sampai di rumah, fokuslah bercengkerama bersama keluarga, baik itu mengobrol, makan malam bersama, atau menonton film bersama. Bahkan Anda bisa lakukan aktivitas menyenangkan lainnya yang dijamin membuat Anda lupa dengan stres.

Tak sulit bukan untuk menghilangkan stres usai bekerja? Fisik dan mental kita memerlukan waktu menyegarkan, jadi jangan biarkan diri terpaku pada masalah dan tekanan yang ada. Pilihlah beberapa hal yang memang sesuai dengan keinginan dan kesenangan Anda supaya stres tak berlarut-larut.