Tegang dan Stres Menunggu Hasil Pemilu 2019? Ini 3 Tips Mengatasinya

173

Hasil hitung cepat alias quick count dari pilpres 2019 telah menguras banyak pikiran dan tenaga kita sakit bersemangatnya mengikuti update-nya, belum lagi real count-nya esok. Terus-terusan ada di depan TV, monitor komputer, atau ponsel karena ingin tahu hasil Pemilu tahun ini bisa menyebabkan stres dan tegang, maka ambil waktu untuk mengatasi hal ini.

  1. Peregangan

Terlalu serius ada di depan komputer, TV atau bahkan ponsel pintar Anda? Kalau sudah berusia 30 tahun ke atas, lakukan peregangan sering-sering setiap harinya dan jaga supaya postur tubuh tegak selalu. Ini akan membantu supaya otot tak gampang tegang. Bagian punggung bawah bisa Anda tekuk dan putar tubuh pelan-pelan ke kiri dan kanan secara berulang.

Tak hanya itu, bahu bisa ditegakkan sebelum kemudian kepala Anda miringkan pelan-pelan ke belakang, kanan dan kiri. Cara ini bisa cukup ampuh untuk membuat fisik yang tegang menjadi lebih rileks. Jangan sampai hanya gara-gara menunggu hasil Pemilu malah Anda terkena sakit kepala tegang.

  1. Tidur

Luangkan waktu untuk tidur sejenak jika ada waktu, dan malamnya tidurlah lebih awal supaya rasa tegang dan stres dapat berkurang. Beberapa orang kelelahan dan mungkin juga sempat terbawa emosi karena hasil quick count yang bikin deg-degan. Namun daripada stres sendiri, cobalah untuk ambil waktu beristirahat.

Pastikan saat tidur pun kepala ditopang dengan benar oleh bantal di bagian lekukan leher. Dengan menaruh bantal sesuai pada lekukan leher dan kepala yang tersangga dengan baik, ini akan sangat membantu dalam meredakan ketegangan pada leher. Posisi tidur pun pastikan senyaman mungkin supaya dapat memicu tidur yang lebih nyenyak.

  1. Cari Hiburan

Jika bagian belakang kepala sudah mulai tertekan, belakang bola mata terasa nyeri, hingga dahi pun terasa berat, mulailah cari hiburan lainnya dan jangan hanya terfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan hasil Pemilu. Kalau lanjut terus, gejala stres dan depresi karena saking emosi dan tegang bisa makin membuat serius sakit kepala.

Berjalan-jalanlah sejenak ke luar rumah, entah itu makan, pijat, berbelanja, nonton film atau hal-hal lain yang Anda suka dan tak menyebabkan stres. Mengikuti kabar terbaru mungkin penting bagi beberapa orang, namun jika sampai bikin stres, inilah waktunya mencari aktivitas lain yang merupakan kegemaran Anda supaya tak makin jenuh dan terbawa emosi.

Hindari nonton berita dan juga update di sosial media untuk sementara waktu. Ambil waktu untuk refreshing dan bahkan hindari obrolan seputar politik apalagi mengungkit-ungkit soal perolehan suara Pemilu hasil hitung cepat saat bersama keluarga atau teman agar rasa stres dan tegang tak kembali muncul.

Daripada terbawa emosi dan malah jadinya tegang sendiri dan marah-marah sendiri, tetaplah menjaga sikap hati dan pikiran positif agar tak stres selama menunggu hasil hitung real Pemilu tahun ini. Tetap fokus pada kegiatan dan kewajiban kita tanpa mudah terganggu hal-hal yang membawa kita menjadi negatif.