Libur-libur Malas Mandi? Hati-hati Terhadap 8 Kondisi Ini Nanti

405

Ketika akhir pekan datang, banyak yang mengartikan hari libur ini adalah waktunya untuk bermalas-malasan, tak terkecuali malas mandi. Namun dengan seharian tidak mandi sama sekali, apakah Anda yakin tubuh tidak akan apa-apa? Mandi sehari dua kali tetap penting karena beberapa hal ini berisiko terjadi pada banyak orang yang malas mandi saat libur tiba.

  1. Kulit Gatal

Tidak mandi ketika hari libur datang bisa sebabkan kulit gatal lho, apalagi jika suhu dan cuaca sedang panas-panasnya. Jika tingkat kelembaban tubuh sedang tinggi, perkembangbiakkan bakteri dan kuman jadi jauh lebih cepat, dari sinilah timbul rasa gatal pada kulit.

  1. Bau Badan

Malas mandi tentu saja menyebabkan bau badan, khususnya jika cuaca dalam kondisi panas otomatis tubuh akan berkeringat lebih banyak. Lagi-lagi hal inilah yang memicu bakteri berkembang biak secara pesat dan menjadikan keringat berbau tak sedap akibat adanya bakteri buruk. Perlu diketahui bahwa bakteri jahat akan mengonsumsi asam lemak dan protein pada keringat sehingga terjadi perubahan menjadi bahan kimia yang baunya menyengat dan tak enak.

  1. Gampang Stres

Maksud hati ingin bermalas-malasan sepenuhnya secara total di hari libur, tidak mandi malah bisa-bisa memicu rasa stres. Ini karena aktivitas mandi pada dasarnya menawarkan kesegaran sekaligus merilekskan bagi tubuh, jadi kalau tak mandi sama sekali ada risiko timbulnya stres lho.

  1. Risiko Infeksi Kulit

Bakteri jahat pada tubuh mudah berkembang ketika tidak mandi dan tubuh dalam kondisi lembab, hal ini tak saja mengakibatkan bau badan dan gatal-gatal. Jika di hari biasa saja sudah malas mandi dan ditambah hari libur, hati-hati infeksi dan iritasi kulit bisa terjadi.

  1. Dermatitis

Selain infeksi dan iritasi kulit, peradangan adalah kondisi lain yang perlu diwaspadai oleh orang-orang yang memilih tak mandi ketika hari libur tiba. Ketika radang/gejala dermatitis terjadi, biasanya ini ditandai dengan kulit gatal ditambah kemerahan. Namun jika sudah pada tahap serius, kulit dapat mengelupas, terdapat lepuhan, lalu keluarlah cairan dari situ.

  1. Peredaran Darah Tidak Lancar

Mandi selain bisa menyegarkan tubuh juga sangat bermanfaat sebagai cara melancarkan peredaran darah. Oleh sebab itu, tiap kali sehabis mandi organ tubuh kita kinerja dan fungsinya bisa lebih maksimal karena otot yang tegang dan kaku jadi lebih tenang juga. Kalau tidak mandi sekalipun hanya sehari, kita tak bisa rasakan keuntungan ini.

  1. Kekebalan dan Metabolisme Tubuh Turun

Sebagai cara menjaga kebersihan diri dan cara meningkatkan daya tahan tubuh, penting untuk mandi. Jadi kalau libur-libur malas mandi dan tidak mandi sama sekali, kuman-kuman mudah menghampiri dan tinggal pada tubuh kita. Parahnya, kuman-kuman ini tak saja sebabkan gatal di kulit, tapi juga membuat badan lebih rentan terserang penyakit.

  1. Tidak Bisa Tidur

Inginnya tidak usah mandi seharian karena hari libur, tapi malamnya bersiaplah untuk jadi susah tidur. Kondisi tubuh beraktivitas seharian tanpa dibersihkan jelas sangat kotor. Inilah yang menjadi penyebab tidur di malam hari lebih sulit dan tak lelap, belum lagi pegal-pegal pada otot karena tegang dan kaku.

Sekalipun itu waktunya libur akhir pekan, menjaga kebersihan diri sendiri itu adalah hal wajib. Kalau tak ingin kulit kenapa-kenapa, kalau tak ingin jadi sulit tidur dan rasakan stres, tetap mandilah. Selain bikin segar, mandi menawarkan manfaat antara lain seperti aliran darah lancar, rasa pegal berkurang, tidak bau badan, dan yang jelas gejala stres dan depresi jadi hilang di mana suasana hati pun jadi lebih baik.