Belum Banyak yang Tahu, Kulit Lemon Tawarkan 12 Manfaat Kesehatan Ini

170

Apakah Anda pecinta buah lemon? Mungkin cukup kerap ya mengonsumsi lemon atau mengolahnya, hanya saja biasanya kulitnya pasti akan dibuang karena yang dibutuhkan adalah bagian daging buahnya. Padahal sebenarnya kulit lemon juga baik untuk kesehatan lho; berikut ini manfaat-manfaat yang ditawarkan sehingga jangan buang dulu kalau pakai buah lemon.

  1. Melawan Kanker

Banyak orang belum begitu tahu bahwa di dalam buah lemon ada kandungan limonen dan juga salvestrol Q40 yang nyatanya sangat bermanfaat bagi pencegahan kanker. Kandungan flavonoidnya pun tinggi sehingga mengonsumsi kulit lemon bisa memperkecil risiko kanker kulit, kanker usus besar hingga kanker payudara.

  1. Menghilangkan Racun

Paparan zat kimia dari asupan makanan sehari-hari maupun dari luar dapat dengan mudah menyebabkan penumpukan toksin di dalam tubuh. Inilah yang kemudian menyebabkan tubuh jadi gampang lemah dan mudah sakit. Bioflavonoid pada kulit lemon bisa menghilangkan segala bentuk racun tersebut; itulah kenapa konsumsi kulit lemon dianjurkan.

  1. Mengatasi Stres Oksidatif

Stres oksidatif merupakan suatu kondisi ketika di dalam tubuh ada radikal bebas yang jumlahnya berlebihan sehingga sulit untuk dinetralisir oleh tubuh. Dengan kandungan bioflavonoid dalam kulit lemon, stres oksidatif dapat menurun apabila rajin mengonsumsinya. Jadi, tak perlu lagi khawatir akan efek radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan kulit lemon yang paling besar antara lain adalah vitamin C serta mineral kalsium, maka tak heran kalau mengonsumsinya otomatis kita bisa menjadikan tulang jauh lebih sehat. Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan tulang, semacam inflamasi polyarthritis, artritis reumatoid, dan osteoporosis.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kulit lemon yang dikonsumsi rutin juga diketahui sangat baik untuk menurunkan berat badan secara alami dan efektif. Tak salah lagi, kandungan pektin di dalam kulit lemonlah yang bisa memberi efek baik untuk mencegah obesitas. Jadi, karena ada kulit lemon Anda tak lagi perlu susah-susah cari cara menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Kesehatan dan Kebersihan Mulut

Kekurangan vitamin C kita tahu dapat memberi efek pada timbulnya masalah kesehatan mulut. Oleh karena itu, mengonsumsi kulit lemon pun sama seperti ketika mengonsumsi buahnya kok, jadi segala bentuk penyakit mulut semacam infeksi gusi dan gusi berdarah dapat dicegah karena asupan vitamin C terpenuhi.

  1. Memaksimalkan Kesehatan dan Kinerja Jantung

Karena mineral kalium di dalam kulit lemon cukup tinggi, hal ini akan menekan tekanan darah untuk tak melonjak terlalu drastis. Bila tekanan darah tinggi dapat dicegah, otomatis kinerja jantung ikut jadi lebih maksimal. Kesehatan kadar tekanan darah sekaligus jantung pun terjaga dengan baik dan kulit lemon pun dipercaya efektif memperkecil potensi serangan jantung.

  1. Menormalkan Kembali Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh adalah salah satu juga pemicu jenis-jenis penyakit jantung serta penyakit stroke. Oleh karena itu, turunkan kolesterol yang melonjak dengan mengonsumsi kulit buah lemon. Flavonoid polifenolnya akan menormalkan lagi kadar kolesterol yang naik dan benar-benar bakal mengurangi LDL.

  1. Mengatasi Bau pada Tubuh

Bau pada tubuh bisa saja berasal dari bumbu dapur seperti halnya sehabis memotong bawang atau mengolah rempah-rempah yang cukup memiliki bau khas. Aroma inilah yang kemungkinan menempel di jari serta kuku sehingga lumayan mengganggu, gosok-gosokkan saja kulit lemon supaya bau cepat hilang.

  1. Mengatasi Masalah Kulit

Kulit lemon juga dapat diandalkan sebagai solusi masalah kesehatan kulit. Apakah itu flek hitam, pigmentasi, jerawat hingga tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerut di wajah? Penerapan kulit lemon pada kulit wajah atau tubuh yang mengalami masalah-masalah tersebut secara rutin akan mendetoksifikasi kulit sehingga kulit kita bebas masalah.

  1. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Kulit lemon dapat menjadi pencegah sekaligus solusi bagi yang memiliki masalah mabuk perjalanan. Kulit lemon bisa Anda bawa ketika bepergian jauh, entah itu saat perjalanan bisnis ataupun liburan. Hirup aroma kulit lemon yang dibawa tersebut agar rasa mual dan mabuk perjalanan hilang segera.

  1. Menghilangkan Ketombe

Kulit lemon nyatanya pun efektif dalam menghilangkan ketombe lho. Jadi bagi yang punya masalah di bagian kulit kepala dan rambut, khususnya ketombe di mana-mana, segera atasi dengan kulit lemon. Gosok-gosokkan saja kulit lemon langsung di bagian kulit kepala agar ketombe bisa diusir secara jitu.

Kulit lemon entah itu yang beku ataupun masih segar bisa dipergunakan kedua-duanya untuk berbagai masalah kesehatan kok. Untuk mengonsumsinya, cukup parut kulit lemon, tambahkan pada makanan ataupun minuman yang hendak dinikmati. Sementara untuk pemakaian luar, parutan kulit lemon bisa dioles saja langsung ke bagian kulit.