7 Minyak Ikan yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Minyak ikan adalah lemak yang berasal dari bagian ikan tertentu yang mengandung minyak. Minyak ikan kod adalah salah satu jenis minyak ikan yang sering kita dengar. Minyak ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung Omega 3, DHA dan EPA. Kandungan yang penting ini membuat minyak ikan wajib dikonsumsi agar tubuh tetap sehat termasuk ibu hamil sekalipun.

Manfaat Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil

Minyak ikan yang bagus untuk ibu hamil banyak diburu karena memiliki manfaat yang baik baik ibu hamil maupun janinnya. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Meningkatkan sistem saraf janin

Beberapa penelitian mengatakan pada ibu hamil yang mengkonsumsi minyak ikan, bayi yang dilahirkan akan mengalami peningkatan kemampuan dan kekuatan otak serta memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Hal ini dikarenakan kandungan Omega 3 pada minyak ikan yang di konsumsi selama bayi dalam kandungan dapat meningkatkan sistem saraf pusat selama perkembangan janin.

  1. Meningkatkan kecerdasan bayi

Selain mengandung Omega 3, minyak ikan juga mengandung DHA (Docosahexaenoic Acid). DHA memiliki peran penting bagi pertumbuhan otak, mata dan syaraf pusat serta dapat meningkatkan kecerdasan bayi ketika lahir dikemudian hari.

  1. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi

Darah tinggi bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Bahkan ibu hamil memiliki kemungkinan yang cukup besar terkena resiko darah tinggi akibat faktor bawaan bayi dan stres. Oleh sebabnya ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh yang dapat menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga mencegah ibu hamil terkena resiko darah tinggi.

  1. Mencegah prematuritas

Resiko darah tinggi bisa berakibat buruk pada janin dan ibu bayi. Darah tinggi bisa mengakibatkan terjadinya prematuritas pada ibu hamil. Prematuritas adalah kondisi kelahiran bayi sebelum usia kehamilan yang matang. Selain darah tinggi masih banyak penyebab prematur yang dapat berbahaya bagi ibu dan janin. Jika ibu hamil mengkonsumsi minyak ikan secara tidak langsung mereka mencegah hipertensi yang dapat mengakibatkan permaturitas tersebut.

  1. Meningkatkan berat badan janin

Bayi normal lahir dengan berat normal tidak kurang dari 2.500 gram. Ketika bayi lahir dengan berat kurang dari angka tersebut, maka dapat mengakibatkan berbagai gangguan. Misalnya ketika bayi lahir kurang dari 2.500 gram maka terdapat organ tubuhnya yang tidak dapat bekerja dengan normal akibat lahir dengan ukuran yang tidak sesuai. Mengkonsumsi minyak ikan disinyalir dapat membantu meningkatkan berat badan janin.


  1. Mengatasi masalah kulit

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat berakibatkan kulit ibu lebih sensitif. Mengkonsumsi minyak ikan saat masa kehamilan dapat mengatasi masalah kulit yang ditimbulkan selama proses tersebut. Minyak ikan juga dapat membantu mencegah terjadinya eksema yaitu radang kulit yang mengakibatkan gatal, kulit kemerahan dan mengelupas. Minyak ikan yang bagus bagi ibu hamil juga dapat mencegah alegi pada kulit bayi yang baru lahir.

  1. Meningkatkan kualitas mata

Minyak ikan yang mengandung omega 3 memiliki peran penting dalam perkembangan mata pada janin. Omega 3 membantu pembentukan retina sejak janin dalam masa kandungan sampai dilahirkan. Ketika ibu mengkonsumsi minyak ikan, kualitas penglihatan bayi dapat terjaga dari gangguan dan penyakit mata.

  1. Menjaga sistem ketahanan tubuh

Seakan memiliki manfaat yang berkepanjangan, minyak ikan juga berfungsi membentuk antibodi yang dapat mencegah serangan virus dan bakteri sehingga ibu dan bayi akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Omega 3 pada minyak ikan yang bagus bagi ibu hamil dapat mengurangi resiko terjadinya aritmia dan penyakit jantung serta mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh ibu hamil. Selain itu dapat pula mengurangi trigliserida berlebihan. Mengkonsumsi minyak ikan yang bagus untuk ibu hamil dapat memelihara jantung ibu sekaligus janin.

10. Mengurangi resiko depresi

Layaknya darah tinggi, depresi ternyata juga dapat menyerang ibu hamil. Depresi ini disebabkan oleh faktor mental dan fisik. Kandungan Omega 3, DHA dan EPA yang terkandung dalam minyak ikan dapat mengurangi resiko terjadinya depresi tersebut.

  1. Mencegah Inflamasi

Kasus ibu hamil yang mengalami inflamasi tidak jarang terjadi. Hal ini disebabkan oleh gangguan hormon yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. EPA dalam minyak ikan yang bagus untuk ibu hamil dapat berfungsi sebagai anti inflamasi alami dalam tubuh. Namun tetap dalam dosis yang sesuai.

Minyak Ikan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah daftar minyak ikan yang bagus untuk ibu hamil:

1. Blackmores Pregnancy

Blackmores adalah minyak ikan yang sangat mendukung kehamilan. Balckmores mengandung 20 vitamin dan mineral disertai dengan minyak ikan yang bagus untuk menunjang kehamilan yang sehat.

2. Prolacta with DHA For Mother

Prolacta with DHA For Mother adalah suplemen makanan untuk ibu hamil dan menyusui. Obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter. Suplemen ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan DHA bagi perkembangan otak janin. Prolacta for Mother juga dapat digunakan sebagai suplemen pemenuhan kebutuahn gizi ibu. Dilengkapi dengan minyak ikan alami yang mengandung 214 mg DHA, 20 mg EPA dan 10 mg vitamin E. Kandungan DHA dan EPA sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak saat ibu hamil dan menyusui.

3. Omega Squa Produk K-Link

Salah satu ektrak minyak ikan Salmon yang berkualitas sebagai suplemen paling lengkap untuk kebutuhan nutrisi & gizi bagi ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Omega Squa K-Link merupakan prokduk ikan Salmon yang diambil dari laut Norwegia sehingga kaya akan kandungan suplemen Omega 3, EPA dan DHA yang baik bagi pertumbuhan otak bayi dalam kandungan.

4. Nordic Natural Prenatal DHA + Vit. D

Produk yang memiliki manfaat untuk perkembangan otak bayi selama kehamilan dan menyusui. Kapsul minyak ikan yang mengandung 450 mg DHA tiap 2 kapsulnya tanpa campuran susu, gluten, pewarna dan perasa buatan. Mendukung otak dan fungsi visual perkembangan bayi. Membantu mendukung suasana hati dan syaraf untuk ibu serta tanpa rasa yang disesuaikan dengan kesensitifan indera perasa ibu.

5. Innolife Fish Oil

Memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat penyembuhan pasca operasi. Menurunkan hipertensi yang memiliki dampak berbahaya bagi ibu dan janin. Membantu meningkatkan kadar DHA pada ibu hamil dan menyusui serta pada janin.

6. Deep Sea Minyak Ikan Salmon Alaska

Ibu hamil sangat baik mengkonsumsi minyak ikan salmon setiap harinya, terutama minyak ikan salmon yang hidup di perairan yang mengandung omega 3 yang tinggi. Deep Sea Ikan Salmon mengandung Omega 3 yang berasal dari ikan Salmon Alaska yang bebas dari polusi. Jadi kandungan di dalamnya bebas dari bahan kimia yang merugikan sehingga sangat tepat dikonsumsi oleh ibu hamil.

7. Innolife Fish Oil

Mengandung 500 mg natural fish oil yang mengandung DHA dan EPA yang dapat mencukupi kebutuhan bagi perkembangan otak janin atau bayi saat kehamilan atau menyusui.

Minyak ikan yang bagus untuk ibu hamil adalah suplemen yang sangat penting bagi perkembangan ibu maupun janin sehingga mengkonsumsinya setiap hari dengan dosis yang tepat sangat dianjurkan agar memperoleh hasil yang sesuai.

, , ,
Oleh :
Kategori : Multi Vitamin