Home Featured Perjalanan Jauh Saat Hamil 1 Bulan, Aman Tidak Sih?

Perjalanan Jauh Saat Hamil 1 Bulan, Aman Tidak Sih?

by Erlita

Hamil muda dengan usia kehamilan baru menginjak 1 bulan tapi ingin bepergian apalagi melakukan perjalanan jauh? Beberapa wanita yang suka traveling dan mudah bosan, bisa saja menginginkan aktivitas seperti ini, atau bisa jadi bepergian jauh adalah salah satu kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan?

Tunggu dulu, pikirkan dan pertimbangkan lagi untuk melakukan perjalanan jauh saat hamil 1 bulan yang tergolong masih sangat rawan. Di trimester pertama, beberapa kehamilan cukup rentan dan jika dipaksakan untuk tetap melakukan hal-hal berat, dikhawatirkan dapat terjadi risiko paling berbahaya, yakni keguguran.

Boleh dan amankah bepergian jauh saat usia kehamilan 1 bulan?

Menurut para dokter, bepergian jauh itu umumnya paling aman dilakukan saat usia kehamilan memasuki minggu ke-14 sampai ke-28. Tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh (apapun transportasi yang digunakan) saat kehamilan sebelum usia 12 minggu serta pasca usia 36 minggu. Risiko keguguran cukup tinggi untuk kedua kondisi kehamilan tersebut.

Terlebih usia 1 bulan kehamilan adalah masa awal kehamilan di mana ibu hamil biasanya kebanyakan bakal mengalami mual-mual serta tubuh yang cepat lelah sehingga makin tidak dianjurkan untuk bepergian. Itulah kenapa trimester kedua adalah masa kehamilan paling aman dan baik untuk melakukan perjalanan karena morning sickness pun tak lagi dirasakan.

Meski ada anjuran berapa usia kehamilan terbaik untuk melakukan perjalanan jauh, mengonsultasikannya lebih dulu dengan dokter kandungan jauh lebih baik. Kesehatan ibu maupun janin harus dipastikan dalam kondisi sehat oleh dokter dan tanpa adanya komplikasi pada kandungan agar bisa bepergian dengan tenang.

Selain perjalanan jauh menjadi pantangan para ibu hamil muda apalagi yang masih berusia 1 bulan, ada beberapa pantangan lain yang perlu diperhatikan agar kehamilan usia 1 bulan seperti:

  • Stres – Stres adalah kondisi mental yang berbahaya bagi siapapun, tak hanya bagi ibu hamil. Namun ibu hamil apalagi di usia kehamilan trimester pertama yang mengalami stres berlebihan mampu memicu kontraksi. Risiko kontraksi hebat hingga keguguran dapat terjadi jika gejala stres dan depresi yang muncul tak segera diatasi.
  • Kafein – Bila sebelum hamil suka mengonsumsi kopi atau minuman kafein lainnya, pada trimester pertama kehamilan sebaiknya hindari dulu. Walau dianjurkan untuk membatasi dosisnya, akan lebih aman apabila kafein menjadi pantangan para ibu hamil.
  • Makanan yang diawetkan – Makanan berpengawet pun tak baik untuk kesehatan para ibu hamil yang masih di usia 1 bulan. Makanan dan minuman kemasan, makanan dan minuman kaleng hingga makanan beku perlu dihindari karena membahayakan kesehatan janin.

Perjalanan jauh saat hamil 1 bulan memang cukup berbahaya, maka tunggulah sampai usia kehamilan agak tua agar lebih aman. Bila pun usia kehamilan sudah cukup untuk bisa bepergian jauh, jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, jangan terlalu capek, bawa makanan kecil sesuai keperluan, cukuplah makan dan istirahat, serta jauhi daerah endemis penyakit tertentu agar tak tertular.

You may also like