Diduga Karena Bleaching Rambut Dua Kali, Iko Uwais Sempat Dirawat di RS

184

Aktor Iko Uwais dikabarkan sempat masuk rumah sakit dan memperoleh perawatan medis di sana saat proses produksi film ‘Stuber’ dilaksanakan. Dikabarkan bahwa sang aktor suami dari Audy Item ini mengalami rasa sakit kepala yang serius dan begitu hebat. Ia sendiri mengatakan bahwa sakit kepala muncul usai proses bleaching rambut.

Karena tuntutan karakter dalam film terbarunya, ia harus mengganti warna rambut agar berbeda dari karakter-karakter yang pernah ia perankan sebelumnya. Demi memperoleh warna rambut tertentu, memang proses bleaching adalah hal yang diperlukan. Iko mengakui sampai dua kali harus dibleaching sebelum rambutnya diwarnai.

Ternyata proses bleaching tersebut malah membuat sang aktor migrain atau sakit kepala sebelah sampai dua hari. Menurutnya, bleaching tersebut agak keras sehingga kepalanya tak kuat. Bahkan ketika menyentuh rambutnya sedikit saja, rasa sakit yang dirasakan begitu hebat. Namun sebenarnya, apakah efek bleaching dapat separah dan membahayakan kesehatan kepala kita?

Bleaching diketahui menjadi suatu proses untuk menghilangkan zat warna pada rambut (pigmen) di mana hidrogen peroksida (H202) adalah senyawa kimia yang selama ini digunakan untuk prosedur tersebut. Banyak dari kita telah paham betul bagaimana proses bleaching mampu merusak rambut, berikut ini adalah bahaya bleaching untuk kesehatan rambut:

  • Warna kulit kepala berubah
  • Membuat rambut kering
  • Menjadikan rambut kasar
  • Merusak struktur rambut
  • Menjadi penyebab rambut rontok
  • Memicu rambut patah
  • Memicu rambut bercabang
  • Memicu perkembangan kanker
  • Menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal pada kulit kepala, kulit kepala panas seperti terbakar, perih di bagian kulit kepala, ruam, hingga sesak nafas jika sudah serius.

Peneliti menemukan bahwa konsentrasi hidrogen umumnya hanya 3-6% pada proses mewarnai rambut dan jika persentasenya melebihi angka tersebut apalagi sampai di atas 10%, hal inilah yang kemudian mampu memicu kulit kepala serasa terbakar dan panas. Tak hanya sensasi saja, bahkan kulit kepala berisiko melepuh karena konsentrasi hidrogen peroksida terlalu tinggi.

Namun, bagaimana dengan kepala yang pusing usai dibleaching? Rupanya menurut NHS (National Health Service) Inggris, proses bleaching mampu memicu reaksi alergi. Paraphenylenediamine adalah senyawa kimia yang berpotensi menyebabkan reaksi alergi. Tak hanya Iko Uwais saja yang dapat mengalami hal serupa sebab efek pusing berat usai dibleaching ternyata jadi kasus sebagian besar orang ketika rambut sedang diwarna kok.