Informasi Pembentukan Asam Laktat

Tahukah anda bahwa penumpukan asam laktat dapat membuat anda merasa capek atau cepat lelah secara fisik. Ciri ciri adanya penumpukan asam laktat ini adalah otot yang lelah akan terasa kaku dan jika dipegang tidak elastis ataupn tidak terasa rileks. Tahumah anda bahwa adanya perasan tegang atau capek dibadan merupakan salah satu indikasi bahwa terjadinya pembuntukan asam laktatbyang menumpuk pada tubuh. Asam laktat timbul pada saat adanya proses pembakaran didalam otot yang aktif yang dimana pada prosea pembakaran tersebut terdapat sisa pembakaran yang disebut asam laktat.

Ketika anda melakukan aktivitas secara betlebihan maka semakin kecil energi yang akan dihasilkan sedangkan pada sisa pembakaran akan semakin menumpuk dan terjadinya penumpukan  asam laktat yang membuat badan menjadi leleah dan capek.

Selain menyebabkan kelelahan asam laktat yabg berlebih dapat menyebabkan terjadinya peredaran darah kurang lancar atau saraf menjadi kurang sensitif hal ini disebabkan karena otot yang tidak rileks menyebabkan alat alat tubuh menjadi terganggu. Hal ini menjadi salah satu faktor utama terjadinya peredaran darah yang kurang lancar.

Pembentukan asam laktat dikarenakan adanya aktivitas berlebih yang menyebabkan terjadinya pembakaran yang semakin menumpuk. Namun tahukah anda bahwa ternyata pembentukan asam laktat juga dapat dihindari oleh para olahragawan atau para atleat. Adapun beberapa cara yang dapat menghindarinterbentuknya asam laktat adalah melakukan pemanasan sebelum berolah raga, hal ini dilakukan agar tubuh dapan menyeauaikan diri terlebihbdahulu sebelum melakukan aktivitas yang berat. Selain itu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi soda bikarbonan hal ini bermanfaat untuk menunda timbulnya rasa caprk dan pegal akibat penumpukan asam laktat.

Selain cara diatas melakukan pemijatan juga dapat dimanfaatkan untyk mengurangi pembentukan asam laktat. Hal ino disebabkan dengan melakukan proses pemijatan akan mempermudah tubub dalam mengeluarkan sisa sisa pembakaran.

Itulah beberapa informasi tentang pembentukan asam laktat yang dapat anda ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang pembentukan asam laktat serta bagaimana cara mengurangi terjadinya pembentukan asam laktat pada tubuh.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kimia